Sakit karena Gigi Berlubang, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sakit karena Gigi Berlubang, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Memiliki gigi berlubang menjadi salah satu tanda jika kesehatan gigimu tidak terjaga dengan baik. Untuk mengatasi gigi berlubang, biasanya dokter akan melakukan penanganan sesuai dengan tingkat keparahan gigi. Penyebabnya sendiri adalah plak, yaitu zat sisa makanan yang menempel pada gigi. Ketika kuman dan bakteri menumpuk pada mulut, zat sisa makan akan berubah menjadi asam.

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Ketika telah berubah menjadi asam, zat ini dapat merusak enamel pelindung gigi, hingga membuat lubang pada gigi. Sebelum terjadi gigi berlubah, plak pada gigi biasanya akan menumpuk dan menjadi karang gigi, yang dapat mengganggu struktur dan kesehatan gigi. Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi berlubang?

1. Bawang Putih

Mengatasi gigi berlubang dapat menggunakan bahan alami seperti bawang putih. Kandungan antibakteri di dalamnya dapat mengurangi nyeri yang muncul, serta membuat gigi menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Sediakan 3-4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam.

  • Haluskan kedua bahan, lalu oleskan pada gigi yang berlubang. Biarkan sampai 10 menit.

  • Kemudian bilas dengan obat kumur.

Kamu dapat mengulangi langkah tersebut sebanyak dua kali sehari. Selain menghaluskannya, kamu dapat memakan bawang putih mentah.

2. Garam

Antiseptik dan antibakteri dalam garam mampu mengatasi gigi berlubang. Kamu dapat menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta rasa nyeri. Bukan hanya itu, rutin berkumur dengan air garam dapat mencegah perkembangan bakteri dalam mulut. Berikut langkah garam dalam mengatasi gigi berlubang:

  • Campur 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat.

  • Kumur-kumur dengan larutan tersebut selama satu menit.

  • Fokuskan pada area gigi berlubang.

Kamu dapat mengulangi langkah tersebut sebanyak tiga kali sehari sampai gejala mereda. Selain cara tersebut, kamu dapat mencampur garam seperlunya dengan air lemon. Kemudian oleskan pada bagian gigi berlubang, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

3. Cengkeh

Antiinflamasi, analgesik, dan antibakteri dalam cengkeh dapat mengatasi masalah gigi berlubang. Cengkeh juga mampu mengurangi rasa nyeri, serta mencegah penyebaran gigi berlubang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat melarutkan 2-3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen. Aplikasikan pada gigi berlubang dengan kapas atau cotton bud. Lakukan hal tersebut pada malam hari sebelum tidur.

4. Kunyit

Vitamin C dalam kunyit yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi mampu menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang akibat infeksi bakteri. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menumbuk kunyit menjadi bubuk, kemudian campurkan dengan sedikit minyak mustard. Lalu oleskan pada area gigi berlubang selama 10 menit. Kemudian bilas.

5. Fluoride

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dapat dilakukan jika lubang pada gigi masih sangat kecil. Fluoride juga dapat membantu memulihkan enamel gigi yang mengalami kerusakan. 

Baca juga: Anak Sakit Gigi, Ini Cara Alami Mengobatinya

Ketika sejumlah bahan alami tersebut tidak mampu mengatasi gigi berlubang yang kamu alami, dokter biasanya akan menambal gigi yang telah mengalami pembusukan tahap awal. Jika tidak berhasil, cabut gigi disarankan jika pembusukan gigi sudah sangat parah. Untuk serangkaian prosedur yang akan dijalani, silahkan diskusikan langsung dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan informasi, ya!

Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, penting untuk merawat kesehatan gigi secara menyeluruh. Kamu dapat menyikat gigi minimal dua kali sehari, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, serta melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala, yaitu setiap enam bulan sekali.

Referensi:

Medline Plus. Diakses pada 2020. Dental Cavities.

Medical News Today. Diakses pada 2020. Are There Natural Ways to Prevent Cavities?

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Preventing Tooth Decay.