Sakit Kepala Menyerang saat di Kantor? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Sakit Kepala Menyerang saat di Kantor? Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Terserang sakit kepala tidak pernah menyenangkan. Apalagi kalau kamu sudah beraktivitas, misalnya sedang bekerja di kantor dan tenggat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, kamu harus menyelesaikan semuanya hari itu juga. Ini pasti membuat suasana hati menjadi kacau dan pekerjaan bisa jadi berantakan dan tidak memuaskan. 

Biasanya, sakit kepala yang sering menyerang adalah sakit kepala sebelah atau migrain, bisa juga berupa tension headache yang terjadi karena otot di area kepala, leher, rahang, hingga pundak menegang. Jika terjadi, kamu mengalami sakit kepala antara 30 menit hingga beberapa jam. Apabila tidak segera dilakukan penanganan, sakit kepala bisa berlangsung selama beberapa hari. 

Baca juga: 3 Fakta Tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

Mengatasi Sakit Kepala ketika Sedang Berada di Kantor

Supaya pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya, tentu sakit kepala yang menyerang harus segera diberikan penanganan. Jangan menunda, karena rasa sakit yang dialami bisa jadi semakin buruk seiring waktu. Coba lakukan cara sederhana saat mengalami sakit kepala di kantor:

  • Mengonsumsi Jahe Hangat

Tidak ada salahnya menyimpan beberapa butir jahe di kantor jika kamu punya kulkas, atau kamu bisa menyimpan beberapa minuman saset jahe. Ketika kamu mengalami sakit kepala, kamu bisa menyeduh jahe dengan teh dan sedikit madu atau langsung menyeduh minuman saset jahe yang kamu simpan di meja. Ketika sakit kepala menyerang, kamu biasanya mengalami mual dan muntah. Jahe berperan lebih baik untuk mengatasi sakit kepala sekaligus mengurangi rasa mual dan muntah.

Baca juga: Sakit Kepala Mendadak, Obati dengan 5 Cara Ini

  • Melakukan Pijatan Ringan

Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memijat area pelipis yang terasa sakit selama kurang lebih 7 hingga 15 detik. Lepaskan dan ulangi kembali hingga kamu merasa rasa sakit di bagian kepala mulai berkurang. Jika memang diperlukan, kamu bisa meminta rekan kerja untuk membantu memijat area yang sulit digapai oleh tangan untuk membantu mengendurkan otot yang menegang.

  • Minum Air Putih

Dehidrasi menjadi penyebab kamu mengalami sakit kepala. Coba kamu konsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak, jika sakit kepala mereda, maka kamu mengalami dehidrasi. Apalagi kalau kamu mendapati mulut kering, haus, lelah yang berlebihan, dan jarang buang air kecil. 

Baca juga: Kenali Bedanya Jenis-Jenis Sakit Kepala

  • Relaksasi

Kalau kamu merasa sakit kepala sudah sangat mengganggu, coba pejamkan mata sejenak dan lakukan relaksasi. Sembari memejamkan mata, aturlah napas hingga kamu merasa nyaman. Bayangkan kamu berada di tempat yang menyenangkan bersama orang-orang yang disayangi sampai sakit kepala berkurang. 

  • Makan

Jangan buru-buru minum obat, karena bisa jadi sakit kepala yang kamu rasakan adalah dampak dari gula darah kamu yang turun karena kamu lupa makan. Coba ingat, apakah kamu sudah sarapan? Apakah kamu tidak terlambat makan siang? Atasi dengan konsumsi camilan atau minuman hangat dengan rasa manis dahulu batu mulailah makan berat setelahnya. 

Kalau kamu sudah melakukan cara mudah tadi dan sakit kepala masih juga tidak berkurang, sudah saatnya kamu bertanya pada dokter bagaimana cara tepat menanganinya. Tidak sempat ke dokter? Pakai saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter langsung sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kamu tidak perlu keluar kantor hanya untuk mendapatkan solusi mudah atasi sakit kepala. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Home Remedies for Headache.
Livestrong. Diakses pada 2019. How to Treat a Headache Without Medicine.
Medical News Today. Diakses pada 2019. How to Get Rid of a Headache Without Medication.