Sakit Perut saat Puasa, Atasi dengan 3 Cara Ini

Sakit Perut saat Puasa, Atasi dengan 3 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan yang mengharuskan setiap muslim untuk berpuasa. Seseorang yang menjalankan puasa harus menahan haus dan lapar sejak matahari belum terbit hingga matahari terbenam. Saat menjalankan ibadah puasa, sering terjadi masalah gangguan perut seperti kembung, sendawa, gangguan pencernaan, dan naiknya asam lambung.

Masalah-masalah ini mungkin tidak hanya terjadi pada seseorang yang memiliki masalah lambung, tetapi juga dapat terjadi pada orang yang tidak pernah memiliki masalah pada organ tersebut. Hal ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan selama jam-jam ketika diperbolehkan untuk makan dan minum.

Baca Juga : Perut Perih saat Puasa, Ini Sebabnya

Cara Mengatasi Sakit Perut saat Puasa

Sakit perut saat puasa dapat terjadi disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah pola makan yang berlebihan ketika berbuka puasa. Walau begitu, kamu dapat melakukan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut saat puasa, yaitu:

1. Hindari Makan Berlebihan

Salah satu cara untuk mengatasi sakit perut saat puasa adalah menghindari makan secara berlebihan. Ketika kamu memiliki terlalu banyak makanan di perut, tekanan di perut menjadi terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan asam lambung untuk kembali dan menyebabkan mulas.

Dikarenakan terbatasnya enzim pencernaan pada lambung, kelebihan makanan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat memperlambat proses pencernaan. Perut yang terlalu penuh akan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

2. Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga membantu kamu untuk makan lebih sedikit. Hal yang perlu diingat adalah perut seseorang memerlukan waktu 20 menit untuk memberi tahu otak apabila kamu kenyang. Cobalah untuk menaruh porsi kecil di piring kamu terlebih dahulu agar tidak berlebihan.

3. Batasi Makanan Berminyak, Gorengan, dan Pedas

Cara lain untuk mengatasi sakit perut saat puasa adalah membatasi konsumsi makanan yang berminyak, gorengan, dan pedas. Lemak yang kamu konsumsi dapat memperlambat pencernaan dan memicu refluks. Selain itu, makanan pedas juga bisa memicu sakit perut. Maka dari itu, penting untuk merencanakan terlebih dahulu makanan yang akan kamu konsumsi saat berbuka.

Baca Juga : Perut Terasa Melilit saat Puasa, Ini Penyebabnya

Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Puasa

Selain menjaga tubuh agar tidak mengalami sakit perut saat puasa. Beberapa hal ini juga dapat menjaga tubuh kamu untuk tetap sehat, sehingga berpuasa yang dilakukan dapat menyehatkan tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tetap sehat, yaitu:

1. Jangan Melewatkan Sahur

Kamu dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dengan tidak melewatkan makan ketika sahur. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan perlahan dapat memberi kamu energi untuk beraktivitas seharian penuh. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum atau ayam untuk konsumsi sahur.

2. Berolahraga Intensitas Ringan

Berolahraga ringan juga dianjurkan agar dapat membuat tubuh kamu tetap sehat dan bugar. Selama berpuasa, tubuh kamu akan mengira kekurangan air karena kelaparan, dan bisa menyebabkan kamu meminum lebih banyak daripada yang bisa ditangani tubuh kamu. Pastikan untuk minum banyak air saat berbuka puasa.

3. Membatasi Makanan dan Minuman

Berpuasa dapat meningkatkan kadar asam lambung, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa tidak nyaman pada perut. Hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, serta tidak mengonsumsi makanan yang digoreng, pedas, dan terlalu banyak gula. Selain itu, kamu juga harus mengurangi minum minuman yang tinggi kadar kafein.

Baca Juga : Perut Kram saat Puasa, Mungkin Ini Sebabnya

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sakit perut saat puasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal berpuasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!