• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang Bisa Diatasi dengan Fisioterapi, Ketahui Hal Ini

Sakit Pinggang Bisa Diatasi dengan Fisioterapi, Ketahui Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang adalah rasa sakit yang muncul pada punggung bagian bawah. Pengidap kondisi ini biasanya mengalami rasa sakit yang muncul dan hilang, pada satu sisi atau kedua sisi pinggang sekaligus. Sakit pinggang adalah kondisi yang disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area sekitar pinggang. Apakah kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan fisioterapi? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Apa Saja Komplikasi yang Bisa Disebabkan Sakit Pinggang?

Fisioterapi Guna Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah kondisi yang umum disebabkan oleh posisi tubuh yang salah, sering mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Bukan itu saja, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, seperti gangguan ginjal, infeksi, atau adanya masalah pada tulang belakang. Langkah mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan fisioterapi.

Fisioterapi sendiri merupakan proses rehabilitasi pengidap sakit pinggang agar ia terhindar dari cacat fisik akibat cedera atau penyakit tertentu. Langkah yang satu ini merupakan salah satu langkah pencegahan, diagnosis, dan penanganan guna mengatasi gangguan fisik. Berikut ini beberapa metode fisioterapi yang diterapkan pada pengidap sakit pinggang akibat cedera atau kecelakaan:

  • Menetapkan Program Latihan

Beberapa prosedur yang termasuk dalam program pelatihan, di antaranya memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, peregangan otot, serta senam dan olahraga.

  • Melakukan Teknik Elektroterapi

Teknik elektroterapi, atau terapi listrik dilakukan dengan menggunakan alat berdaya listrik. Berikut ini beberapa jenis terapi dengan teknik elektroterapi:

  1. Terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN).
  2. Terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS).
  3. Metode PENS memadukan teknik akupuntur dan terapi listrik.
  • Melakukan Fisioterapi Manual

Fisioterapi manual dilakukan dengan pijatan, peregangan, serta manipulasi. Teknik ini dilakukan untuk membantu meregangkan otot yang kaku, mengurangi nyeri sendi, serta meningkatkan fleksibilitas gerak anggota tubuh yang mengalami cedera.

  • Melakukan Terapi Okupasi

Terapi okupasi bertujuan untuk membantu pengidap masalah kesehatan tertentu guna hidup mandiri dengan kondisi kesehatan yang dialami. Tujuan terapi ini adalah membantu meningkatkan kualitas hidup pengidap dalam memaksimalkan kemandirian. 

Baca juga: Ini 4 Cara Mengatasi Sakit Pinggang di Rumah

Langkah Mengatasi Sakit Pinggang Secara Mandiri

Langkah mengatasi sakit pinggang akan tergantung pada penyebab yang mendasari. Jika intensitasnya ringan, sakit pinggang dapat diatasi secara mandiri di rumah. Berikut ini beberapa langkah mengatasi sakit pinggang secara mandiri:

  • Tetap melakukan aktivitas. Terlalu banyak beristirahat dapat memicu otot pinggang semakin melemah. Beraktivitas ringan disarankan untuk menjaga otot tetap lentur.
  • Kompres dingin. Lakukan kompres dingin dengan menempelkan es batu yang sudah dilapisi handuk pada area sakit untuk mengurangi bengkak. Untuk hasil yang maksimal, lakukan selama 2–3 hari.
  • Kompres hangat. Setelah melakukan kompres dingin selama 2–3 hari, ganti dengan kompres hangat guna mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, serta melemaskan otot. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap 2–3 jam sekali selama 20–30 menit.

Baca juga: Benarkah Kurang Berolahraga Bisa Sebabkan Sakit Pinggang?

Itulah sejumlah cara mengatasi sakit pinggang. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai prosedur psikoterapi yang dilakukan, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2020. Physiotherapy.
Emedicinehealth. Diakses pada 2020. Low Back Pain.
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Low Back Pain?