• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Pertanda Apa?

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Pertanda Apa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya mengalami rasa nyeri hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, nyeri yang muncul akibat sakit pinggang sebelah kanan bisa diatasi dan diredakan jika penyebabnya diketahui. Lantas, apa saja kondisi yang ditandai dengan sakit pinggang sebelah kanan?

Setelah mengetahui penyebab sakit pinggang di sebelah kanan, pengobatan dan perawatan bisa segera dilakukan untuk meredakan gejalanya. Sakit pinggang sebelah kanan bisa menjadi pertanda dari beberapa gangguan kesehatan atau akibat masalah pada salah satu organ tubuh. Biasanya, sakit pinggang sebelah kanan muncul akibat gangguan pada organ tubuh yang terletak di tubuh sebelah kanan.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Ditandai dengan Sakit Pinggang?

Penyakit yang Ditandai dengan Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh beberapa faktor atau penyakit, di antaranya: 

1.Penyempitan Tulang Belakang 

Sakit pinggang sebelah kanan bisa muncul sebagai tanda penyempitan tulang belakang. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, tapi umumnya disebabkan oleh radang sendi. Risiko peradangan pada sendi disebut berkaitan dengan pertambahan usia. Biasanya, sakit pinggang sebelah kanan akibat penyempitan tulang belakang akan terasa semakin buruk saat beraktivitas dan mereda saat tubuh diistirahatkan. 

2.Cedera 

Cedera juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Kondisi ini biasanya terjadi pada tulang belakang, termasuk bagian bantalan tulang. Saat bagian ini mengalami cedera, biasanya akan terjadi penekanan saraf yang ada di sekitar dan hal itu yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Biasanya, nyeri akan semakin terasa saat mengangkat beban berat atau berlebih. 

3.Masalah pada Otot 

Otot yang ada pada punggung juga bisa mengalami gangguan. Nah, masalah pada otot tersebut bisa menjadi pemicu munculnya sakit pinggang sebelah kanan. Area ini juga bisa mengalami cedera dan kekakuan otot. Kondisi ini bisa memicu gejala berupa kram pada otot atau kedutan otot. Biasanya, gejala akan muncul secara mendadak atau sulit dikendalikan.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

4.Gangguan Ginjal 

Gangguan pada ginjal sebelah kanan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit pinggang. Tentu saja, sakit pinggang akan terasa di sebelah kanan. Ada sejumlah gangguan ginjal yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, termasuk batu ginjal atau infeksi ginjal. 

5.Masalah Empedu 

Selain pada ginjal, masalah kesehatan juga bisa menyerang empedu. Nah, penyakit ini ternyata juga bisa ditandai dengan sakit pinggang sebelah kanan. Empedu merupakan bagian dari organ hati yang memiliki fungsi mencerna lemak dalam tubuh. Organ ini terletak di perut bagian kanan. Masalah pada empedu bisa memicu rasa sakit yang semakin lama bisa menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan. 

Pinggang merupakan bagian tubuh yang cukup penting dan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatannya dan segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gangguan pada bagian tubuh ini. Sakit pinggang sebelah kanan harus segera ditangani secara medis, terutama jika disertai dengan gejala kesulitan berkemih atau buang air besar, demam, mual, atau kelemahan dan kelumpuhan pada kaki atau tungkai. 

Baca juga: Cara Sederhana Meredakan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Cari tahu lebih lanjut seputar sakit pinggang sebelah kanan dan apa saja penyebabnya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips mengatasi sakit pinggang sebelah kanan dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Low Back Pain?
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Pain in the Right Side of the Lower Back?
MedicineNet. Diakses pada 2020. Kidney Pain (Location, Symptoms, Relief).
Everyday Health. Diakses pada 2020. Back Pain: Where Does it Hurt?