• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Tipes, Konsumsi Makanan Ini

Sakit Tipes, Konsumsi Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tipes atau demam tifoid terjadi karena infeksi bakteri jenis Salmonella typhi yang menyerang saluran pencernaan. Infeksi terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi bakteri. Sesaat setelah bakteri masuk ke dalam tubuh, ia akan melakukan pembelahan diri dan menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. 

Demam tifoid bisa terjadi secara mendadak atau berkembang dalam waktu beberapa minggu. Penyakit ini biasanya menyebabkan demam tinggi, sakit perut, tubuh pegal antara 1 hingga 2 minggu setelah terjadi paparan bakteri, tetapi bisa juga terjadi beberapa waktu kemudian. Apabila infeksi tidak segera diobati, akan terjadi penurunan berat badan, perut kembung, hingga ruam. Bahkan, tidak adanya pengobatan akan membuat tipes menjadi penyakit serius dan membahayakan nyawa. 

Makanan Apa yang Baik untuk Pengidap Tipes?

Pengobatan penyakit tipes tidak hanya berfokus pada menghilangkan bakterinya, tetapi juga menjalani diet ketat agar tubuh tetap bertenaga. Ini artinya, ada jenis makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan kamu. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk pengidap tipes? 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

  • Makanan Tinggi Kalori

Ketika mengidap tipes, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ini termasuk kentang rebus, pisang, pasta, nasi, atau roti putih. Dalam porsi yang cukup alias tidak berlebihan, makanan ini akan memberikan energi dan kekuatan untuk para pengidap penyakit tipes. 

  • Buah dan Air Putih

Jaga asupan cairan di dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi, caranya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air, seperti melon, semangka, tomat, anggur, atau aprikot. Tidak ketinggalan, asupan air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari. Dehidrasi tidak boleh diabaikan karena bisa memicu komplikasi yang lebih serius. 

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan semi padat seperti bubur, telur rebus, atau kentang panggang sangat baik dikonsumsi untuk pengidap tipes, karena memberikan sumbangan energi pada tubuh. Tidak hanya itu, makanan semi padat ini lebih mudah dicerna oleh tubuh, mengingat tipes menyerang bagian saluran pencernaan. 

Baca juga: Sering Jajan Sembarangan Bisa Bikin Sakit Tipes?

  • Produk Susu

Yogurt, susu, dan telur akan memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup asupan protein, sehingga baik dikonsumsi untuk pemulihan penyakit tipes. Dibandingkan dengan daging, jenis makanan ini lebih mudah dicerna. Sementara jika kamu menjalani diet vegan, kamu bisa memilih lentil, kacang-kacangan, dan keju jenis cottage untuk memenuhi kebutuhan asupan protein dalam tubuh. 

Lalu, Makanan Apa yang Tidak Disarankan untuk Dikonsumsi? 

Nah, sekarang kamu juga harus tahu jenis makanan apa saja yang tidak sebaiknya kamu konsumsi, yaitu:

  • Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti sereal, gandum, dan roti gandum karena dapat mengganggu sistem pencernaan karena sifatnya yang sulit dicerna. 

  • Makanan berminyak, digoreng, atau diolah menggunakan mentega sehingga menghasilkan minyak juga harus dihindari. 

  • Makanan mengandung rempah, bumbu, dan makanan dengan kandungan asam asetat dapat membuat peradangan pada usus menjadi lebih buruk. Jadi, hindari lada, cabai, cuka, saus (saus pedas maupun saus salad), dan sayuran atau buah yang dikemas dalam kaleng. 

  • Sayuran mentah, seperti kol atau lobak karena bisa berpotensi membuat perut menjadi kembung dan begah. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri saat Tipes

Sebaiknya, agar diet kamu lebih efektif dan membuat sakit tipes jadi lebih cepat sembuh, kamu bertanya dulu pada dokter ahli gizi. Kamu bisa lebih mudah tanya jawab dengan adanya aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja.

Referensi: 
Medlife. Diakses pada 2020. Foods for Typhoid: What to Eat and What to Avoid.
Doctor NDTV. Diakses pada 2020. Typhoid Diet: Here’s What You Should Eat and Avoid If You Have Typhoid.
PharmEasy. Diakses pada 2020. Foods for Typhoid - What to Eat and What to Avoid.