Sebabkan Nyeri Tumit, Ini Bedanya Bursitis dan Taji Tulang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sebabkan Nyeri Tumit, Ini Bedanya Bursitis dan Taji Tulang

Halodoc, Jakarta - Saat mengalami nyeri tumit, aktivitas bisa terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Beberapa hal bisa menyebabkan kondisi ini, misalnya akibat kecelakaan, cedera, atau beberapa masalah lainnya. Namun, masalah ini sebenarnya bisa terjadi akibat penyakit, misalnya penyakit taji tulang atau bursitis.

Baik itu penyakit taji tulang atau bursitis, keduanya sama-sama menyebabkan rasa nyeri di sekitar tumit. Namun, sebenarnya kedua penyakit ini memiliki perbedaan mendasar. Nah, simak ulasan mengenai perbedaan keduanya berikut ini!

Baca Juga: Awas, Kondisi Ini Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Apa itu Penyakit Bursitis?

Penyakit bursitis adalah sebutan untuk peradangan atau pembengkakan yang menyerang area bursa, yaitu kantong berisi cairan pelumas yang terletak di sekitar sendi. Tubuh memiliki banyak sendi, sehingga kondisi ini dapat menyerang area mana pun. Bursa berfungsi sebagai bantalan untuk mengurangi gesekan dan iritasi yang berpotensi terjadi di antara tulang dan tendon.

Saat terserang penyakit ini, muncul rasa sakit dan kemerahan di sekitar area yang meradang. Rasa sakit ini biasanya semakin terasa saat tubuh digerakkan atau ditekan. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan rasa kaku dan bengkak. 

Jangan menunggu hingga parah atau menunda pemeriksaan dengan dokter jika mengalami penyakit ini. Sebagaimana halnya penyakit pada umumnya, ia bisa berkembang makin parah dan menyebabkan komplikasi berbahaya. Saat gejala mulai kamu rasakan, kamu bisa segera buat janji dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc

Cedera, kecelakaan, infeksi bakteri, atau komplikasi penyakit menyebabkan kondisi ini. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa penyuntikan obat kortikosteroid, melakukan aspirasi (penyedotan cairan bursa), atau operasi pengangkatan bursa.

Baca Juga: Ini 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Lantas, Bagaimana dengan Penyakit Taji Tulang?

Sama halnya dengan bursitis, penyakit taji tulang bisa menyebabkan nyeri dan mati rasa. Namun, penyakit taji tulang ini juga memengaruhi postur tubuh pengidapnya. Taji tulang adalah kondisi ketika bagian tajam yang menonjol dari tulang dan kebanyakan taji tulang (atau osteofit) tidak menimbulkan gejala dan tidak disadari dari waktu ke waktu sampai terjadi suatu hal, misalnya kecelakaan. 

Penyebab utama taji tulang adalah peradangan, umumnya dari osteoarthritis atau tendinitis. Saat mengalami kondisi ini, tubuh mencoba untuk menyembuhkannya dengan mengarahkan kalsium ke daerah yang bermasalah. Akibatnya, taji tulang akan terbentuk. Oleh karena itu, lokasi peradangan yang berbeda juga menyebabkan daerah taji tulang yang berbeda. 

Untuk mengatasi kondisi ini, maka terdapat langkah pengobatan awal akan bertujuan untuk mengurangi daerah peradangan dengan menggunakan obat-obatan oral atau injeksi lokal. Namun, ini tergantung pada lokasi taji tulang. Pada kasus yang berat, taji tulang bisa menyebabkan masalah saraf, dan operasi diperlukan untuk mengangkat taji. 

Langkah Mencegah Nyeri Tumit Akibat Bursitis dan Taji Tulang 

Kondisi ini bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain:

  • Melakukan pemanasan setidaknya selama enam menit sebelum berolahraga.

  • Beristirahat secara teratur saat melakukan aktivitas fisik yang melibatkan gerakan berulang-ulang pada satu bagian otot.

  • Melakukan latihan-latihan yang melenturkan dan menguatkan otot.

Baca Juga: 6 Pengobatan Nyeri Tumit yang Perlu Diketahui

  • Memakai alat pelindung, misalnya pelindung lutut atau menggunakan sepatu yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari.

  • Mengurangi berat badan karena kelebihan berat badan juga membebani sendi.

  • Menjalani diet padat gizi untuk mengurangi peradangan dan menyokong tulang rawan.

  • Istirahat atau lakukan relaksasi yang cukup.