• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Memelihara Dogo Argentino, Perhatikan Hal Ini

Sebelum Memelihara Dogo Argentino, Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sebelum Memelihara Dogo Argentino, Perhatikan Hal Ini

“Anjing dogo argentino adalah jenis anjing besar dan kuat yang hanya cocok untuk pemilik yang sudah berpengalaman. Pasalnya, anjing jenis ini paling sering dijadikan anjing pemburu atau membantu pekerjaan polisi dan militer. Oleh karena itu, jika ingin memeliharanya di rumah, banyak hal yang mesti diperhatikan.”

Halodoc, Jakarta – Dogo Argentino atau yang kadang juga disebut sebagai Mastiff Argentina atau Dogo Argentina, adalah jenis anjing yang kuat, atletis, dan setia. Mereka bisa menjadi pemburu yang sangat ganas atau pelindung yang sangat penyayang bagi pemiliknya. Namun, mereka memiliki dorongan mangsa yang tinggi, kemauan yang kuat, dan kadang-kadang, ketidakpercayaan terhadap orang asing dan hewan lain. Oleh karena itu, mereka membutuhkan pemilik anjing yang berpengalaman untuk mampu menangani tingkah laku mereka. 

Anak anjing Dogo Argentino membutuhkan banyak aktivitas fisik dan stimulasi mental. Jika tidak, mereka bisa menjadi bosan dan destruktif. Anjing ini juga sering digunakan untuk membantu perburuan besar, meskipun mereka lebih sering dilatih untuk membantu pekerjaan polisi, pencarian dan penyelamatan, pekerjaan militer, dan sebagai anjing pelayan. Namun dengan pelatihan yang tepat, mereka bisa menjadi pendamping dan pengawas keluarga yang luar biasa.

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang? 

 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengadopsi Dogo Argentino

Dogo Argentino yang besar dan berotot umumnya dibiakkan untuk dimanfaatkan dalam perburuan besar, terutama untuk menyerang babi hutan. Terlepas dari kemampuannya untuk agresif dalam hal berburu, Dogo Argentino umumnya memiliki watak yang bahagia, dan sangat setia kepada keluarga manusianya. 

Ada beberapa fakta yang perlu kamu pahami mengenai anjing Dogo Argentino:

  • Meskipun dibiakkan dari anjing aduan, tetapi sifat agresifnya dikembangbiakkan agar bisa bekerja sama dengan anjing lain saat berburu. Namun bukan hal yang wajar bagi mereka untuk ingin bertarung, tetapi beberapa orang tetap melatih mereka untuk melakukannya karena kekuatan dan sifat beraninya.
  • Oleh karena digunakan dalam adu anjing, Dogo Argentino dianggap berbahaya dan dilarang di beberapa negara, termasuk Australia, Kepulauan Cayman, Denmark, Fiji, Islandia, Singapura, dan Ukraina. Di Inggris, memiliki anjing ini tanpa otoritas yang sah adalah tindakan ilegal.
  • Anjing ini kadang-kadang digunakan untuk bekerja dengan polisi, militer, dan upaya pencarian dan penyelamatan.
  • Ras anjing ini dicintai karena kesetiaan dan keberaniannya dan kualitas yang membuat mereka menjadi anjing penjaga yang sangat baik.
  • Sekitar 10 persen Dogo Argentino mengidap tuli terkait pigmen di satu atau kedua telinga, yang merupakan penyakit yang sering menyerang anjing yang berbulu putih.
  • Sosialisasi dan pelatihan awal penting untuk menjaga agar anjing ini tetap berperilaku baik. Mereka secara fisik kuat dan berkemauan keras, sehingga mereka membutuhkan pelatih yang tegas yang dapat menjaga mereka tetap sejalan tanpa menggunakan paksaan atau hukuman fisik. Mereka bukan jenis anjing untuk pemilik pemula.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras

Kebutuhan Makan, Perawatan Tubuh, dan Interaksi dengan Hewan Lain

Dalam hal makanan, Dogo Argentino akan membutuhkan pola makan yang diformulasikan untuk anjing ras besar dengan banyak air bersih dan segar. Mereka adalah jenis yang cukup berenergi tinggi, yang juga harus diperhitungkan.

Kebutuhan makan akan berubah dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Cara terbaik untuk membuat rencana pemberian makan yang tepat untuk Dogo Argentino adalah berbicara dengan dokter hewan atau ahli gizi profesional tentang kebutuhan mereka. Dokter hewan akan dapat memberi panduan khusus.

Selain itu, kamu juga bisa beli pakan anjing di Halodoc supaya lebih praktis. Sebab pesanan kamu bisa segera tiba kurang dari satu jam. 

Sementara itu dalam perawatan tubuh, bulu anjing ini pendek dan cukup mudah dirawat, tetapi ukuran Dogo Argentino membuat proses perawatannya sedikit lebih sulit. Dogo Argentino harus disikat setiap minggu dan dimandikan setiap tiga bulan atau lebih cepat jika kotor.

Mereka akan mengalami kerontokan bulu dalam jumlah yang cukup, tetapi panjang bulu mereka membuat kondisi ini sedikit kurang terlihat daripada ras anjing lainnya. Namun, kamu disarankan untuk memiliki rol serat. 

Baca juga: Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-Anak

Dogo Argentino sangat setia kepada keluarganya, termasuk anak-anak, asalkan mereka dikenalkan dan dibiasakan dengan kehadirannya. Namun, mengunjungi anak-anak mungkin menghadirkan sedikit lebih banyak tantangan, karena ras ini tidak secara alami dibawa ke orang asing.

Anak-anak harus selalu diawasi dengan anjing, bahkan ketika mereka adalah anggota keluarga, dan mereka harus dilatih tentang cara berinteraksi dengan hewan untuk menghindari insiden. Mensosialisasikan Dogo Argentino lebih awal dan melatih mereka untuk berinteraksi dengan orang dan hewan baru akan membantu, dan semakin awal pelatihan dimulai, semakin baik.

Anjing ini juga memiliki dorongan mangsa yang tinggi, yang dapat menyebabkan masalah jika menyangkut hewan peliharaan yang lebih kecil, termasuk kucing dan anjing lainnya. Mereka mungkin belajar berinteraksi dengan hewan-hewan ini jika mereka dilatih dan disosialisasikan dengan benar, tetapi jenis ini paling cocok untuk rumah yang tidak memiliki hewan peliharaan lain atau hanya memiliki anjing besar lainnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Dogo Argentino.
Dogtime. Diakses pada 2021. Dogo Argentino.
Royal Canin. Diakses pada 2021. Dogo Argentino.