• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Pakai, Kenali Dulu Plus Minus Menstrual Cup

Sebelum Pakai, Kenali Dulu Plus Minus Menstrual Cup

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sebelum Pakai, Kenali Dulu Plus Minus Menstrual Cup

“Belakangan ini menstrual cup menjadi pilihan banyak wanita sebagai pengganti pembalut. Terbuat dari silikon dengan bentuk seperti corong minyak berukuran kecil membuat alat ini lebih praktis dan mudah digunakan.”

Halodoc, Jakarta – Menstrual cup memiliki fungsi yang sama dengan pembalut, yaitu menampung darah selama menstruasi. Meski memiliki fungsi yang sama, tetapi menstrual cup terbilang lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali selama 5–10 tahun. Jika kamu memutuskan untuk mengganti pembalut dengan menstrual cup, sebaiknya cari tahu lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan menstrual cup berikut ini.

Baca juga: 7 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Kamu Waspadai

Kelebihan Menstrual Cup

Menstrual cup memang baru terkenal beberapa tahun belakangan ini, tetapi sebenarnya sudah ada sejak tahun 1930-an. lho. Ketimbang pembalut biasa, berikut ini beberapa kelebihan menstrual cup:

1. Daya Tampung yang Banyak

Dibandingkan dengan pembalut dan tampon, memiliki daya tampung yang banyak menjadi kelebihan menstrual cup. Menstrual cup dapat menampung darah haid hingga 40 mililiter. Alat yang satu ini dapat dipakai lebih lama ketimbang pembalut dan tampon, yaitu selama 6–12 jam.

2. Awet Tahan Lama

Jika pembalut dan tampon harus dibuang setelah pemakaian, menstrual cup dapat dipakai berkali-kali dalam jangka waktu yang lama, yaitu hingga 10 tahun. Jika dilihat dari jangka waktu pemakaiannya, menstrual cup menjadi produk pengganti yang ramah lingkungan, karena dapat dipakai setelah dicuci.

3. Tidak Berbau

Jika pembalut akan membuat darah haid berbau amis karena terpapar udara saat buang air kecil atau besar, tidak berbau menjadi kelebihan menstrual cup. Oleh karena alat terpasang di dalam, menstrual cup tidak akan terpapar udara, sehingga tidak perlu khawatir dengan bau darah yang muncul.

4. Lebih Aman Digunakan

Kelebihan menstrual cup selanjutnya adalah lebih aman digunakan. Benda ini bukan hanya menampung darah lebih banyak saja, tetapi juga mampu menurunkan risiko infeksi bakteri, juga mencegah lecet atau ruam.

5. Menjaga PH dalam Vagina

Alat ini tidak mengganggu keseimbangan pH dalam vagina, karena terbuat dari silikon, dan hanya bertugas untuk menampung darah. Berbeda dengan penggunaan tampon yang dapat menyerap darah sekaligus cairan dalam vagina. Penggunaan tampol dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik dalam vagina.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Keputihan Sebelum Haid

Kekurangan Menstrual Cup

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan menstrual cup yang perlu jadi pertimbangan:

1. Sulit Digunakan

Kekurangan menstrual cup yang pertama adalah sulit digunakan. Jika belum terbiasa, proses memasukkan dan mengeluarkan dari dalam vagina cukup menimbulkan rasa tidak nyaman. Terutama jika dipakai pada wanita yang belum pernah berhubungan intim sebelumnya.

2. Butuh Perawatan Lebih

Selain sulit digunakan, kekurangan menstrual cup selanjutnya adalah membutuhkan perawatan lebih. Jika pembalut dan tampon dibuang setelah pemakaian, menstrual cup harus selalu dicuci bersih setelah digunakan. Prosesnya pun cenderung tidak praktis, karena perlu disterilisasi dengan merebusnya sebelum digunakan. Jika sembarangan membersihkannya, maka risiko gangguan kesehatan pada vagina akan meningkat.

3. Perlu Mencocokkan Ukuran

Ukuran dalam vagina masing-masing orang akan berbeda. Jika memilih untuk menggunakan menstrual cup, kamu perlu mencoba beberapa ukuran terlebih dulu untuk menemukan yang paling cocok.

4. Risiko Berantakan Lebih Tinggi

Jika pembalut dan tampon akan menyerap darah menstruasi ke alat tersebut, tidak dengan penggunaan menstrual cup. Jika tidak dilakukan hati-hati, pencabutan menstrual cup akan membuat darah tercecer kemana-mana.

Baca juga: Penyebab Darah Menstruasi Hanya Sedikit

Rasa tidak nyaman atau mengganjal tidak akan timbul jika menstrual cup terpasang dengan benar. Benda ini juga tidak akan terjatuh, meski kamu melakukan aktivitas fisik berat. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan produk sudah terdaftar di BPOM, ya. Jika mengalami keluhan kesehatan setelah menggunakan benda ini, hentikan pemakaian segera dan periksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Tired of Tampons? Here Are Pros and Cons of Menstrual Cups.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Best Menstrual Cups and Alternatives to Tampons.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Using Menstrual Cup.
WebMD. Diakses pada 2021. What’s a Menstrual Cup?