• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Vaksinasi Corona Wajib Tidur Cukup, Ini Alasannya

Sebelum Vaksinasi Corona Wajib Tidur Cukup, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sebelum Vaksinasi Corona Wajib Tidur Cukup, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa syarat sebelum melakukan vaksin corona. Selain mencari informasi seputar vaksin dan kelompok orang tidak bisa melakukannya, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar tubuh mendapatkan respons imun yang kuat, dengan reaksi minimal setelah vaksin. Nah, salah satu hal yang harus dilakukan adalah mencukupi waktu tidur. Simak alasannya di bawah ini, ya!

Baca juga: Sinar Ultraviolet Bisa Membunuh Virus Corona, Benarkah?

Cukup Tidur Jadi Salah Satu Syarat Sebelum Melakukan Vaksin Corona

Memiliki waktu tidur yang cukup diperlukan, mengingat tidur menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang sistem kekebalan tubuh. Tidur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Memiliki tidur yang berkualitas dan dilakukan secara teratur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mengoptimalkan kinerja vaksin di dalam tubuh.

Mencukupi waktu tidur bukan hanya dibutuhkan sebelum melakukan vaksinasi saja, tetapi setelah vaksin. Hal tersebut dikarenakan, ada sejumlah efek samping ringan setelah vaksin yang mungkin saja dialami oleh peserta. Salah satu efek samping ringan yang mungkin saja muncul adalah demam. Demam menjadi salah satu tanda jika tubuh merespon vaksin yang diberikan.

Sama halnya dengan vaksin pertama, peserta yang ingin melakukan vaksin kedua pun disarankan untuk mencukupi waktu tidurnya. Bahkan, peserta harus memiliki waktu istirahat yang lebih banyak ketimbang saat melakukan dosis pertama vaksin. Pasalnya, pada beberapa orang, pemberian dosis vaksin kedua memiliki bukan hanya memicu demam saja, tetapi juga nyeri badan dan menggigil.

Selain memenuhi waktu tidur, kamu juga tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat sesaat sebelum dan setelah vaksin. Setidaknya, jangan melakukan olahraga berat dua jam sebelum dan setelah vaksin. Kamu juga disarankan untuk menghindari mandi air panas dua jam sebelum dan sesudah vaksin. Olahraga berat dan mandi air panas mampu memicu munculnya reaksi alergi pada beberapa orang.

Baca juga: Ini 6 Fakta Mutasi Virus Corona Terbaru dari Inggris

Kriteria Penerima Vaksinasi

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi syarat sebelum melakukan vaksin corona, kamu juga perlu mengetahui kriteria penerima vaksinasi. Selain memiliki kondisi tubuh yang sehat, penerima vaksin juga harus sudah mencapai usia yang mencukupi, yaitu 18–59 tahun. Peserta yang berhak menerima vaksin bukanlah orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. 

Vaksinasi corona sama halnya dengan vaksin lainnya, yaitu dilakukan dengan menggunakan jarum kecil pada area deltoid atau otot lengan atas bagian luar. Jika memakai baju yang menutupi area tersebut, pastikan baju disingsingkan terlebih dulu, ya. Sebelum suntikan menembus ke dalam kulit, tim medis akan membersihkan area tersebut dengan tisu alkohol.

Baca juga: Kacamata Bisa Cegah Virus Corona, Mitos atau Fakta?

Itulah beberapa syarat sebelum melakukan vaksin corona yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami sejumlah efek samping setelah melakukan vaksinasi, disarankan untuk segera menemui dokter di rumah sakit terdekat guna memeriksakan dan mengatasi kondisi yang kamu alami, ya.

Referensi:
Kompas.com. Diakses pada 2021. Sebelum Divaksin Covid-19 Perlu Tidur Cukup, Ini Kata Ahli.