• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Efektif Acne Patch untuk Meredakan Jerawat?

Seberapa Efektif Acne Patch untuk Meredakan Jerawat?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Seberapa Efektif Acne Patch untuk Meredakan Jerawat?

“Jerawat adalah masalah kecantikan yang kerap mengganggu banyak orang. Meski begitu, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan acne patch. Tidak hanya praktis, tempelan ini juga terlihat menggemaskan saat digunakan. Namun, seberapa efektif memakai acne patch?”

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kecantikan yang kerap dikeluhkan banyak orang. Tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, nyatanya jerawat juga bisa menyebabkan stres hingga berdampak pada kesehatan mental, lho. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa 45 persen orang berjerawat mengalami fobia sosial, dibandingkan dengan 18 persen orang tidak berjerawat.

Meski begitu, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga krim atau salep anti jerawat. Sekarang juga ada cara baru lagi untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan menggunakan acne patch. Tidak hanya praktis digunakan, sticker jerawat ini juga tersedia dalam berbagai bentuk yang lucu, sehingga bisa tetap gaya saat dikenakan. Namun, sebenarnya seberapa efektif acne patch untuk meredakan jerawat? Berikut ulasannya.

Baca juga: Bikin Ganggu, Ini 5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Bagaimana Cara Kerja Acne Patch?

Acne patch adalah produk penghilang jerawat berupa tempelan kecil yang dikenakan dengan cara ditempelkan langsung di atas jerawat yang muncul di wajah. Stiker anti-jerawat yang kecil ini ditujukan untuk mengobati jenis jerawat yang dangkal, seperti jerawat berisi nanah, komedo, dan komedo putih.

Acne patch terbuat dari hidrokoloid, yaitu pembalut penyerap kelembapan yang juga biasa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kronis. Jadi, bisa dianggap juga sebagai plester kecil untuk luka kecil alias jerawat di wajah kamu.

Dr. Lavanya Krishnan, dokter kulit bersertifikat, menjelaskan pembalut hidrokoloid bermanfaat untuk menyerap cairan untuk mengeringkan jerawat. Dengan menyerap racun yang terperangkap di bawah kulit, sekaligus melindungi jerawat dari bakteri eksternal dan sinar matahari, produk penghilang jerawat ini juga bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat kamu. 

Selain itu, Krishnan juga menambahkan bahwa acne patch juga bisa bertindak sebagai penutup yang mencegah kamu untuk menyentuh dan memencet jerawat. Menyentuh jerawat bisa membuat infeksinya bertambah parah, sedangkan memencet jerawat bisa menyebabkan jaringan parut yang membuat penampilan kulit kamu terlihat buruk.

Beberapa juga dilengkapi dengan obat-obatan, seperti asam salisilat dan niacinamide, bahkan ada juga yang mengandung jarum mikro larut yang dirancang untuk meningkatkan penetrasi obat-obatan tersebut.

Baca juga: Benarkah Tea Tree Oil Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Seberapa Efektif untuk Meredakan Jerawat?

Meskipun efek pada tiap orang mungkin bisa berbeda-beda, tapi acne patch nyatanya efektif dalam meredakan jerawat. Tempelan kecil ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat, bahkan dalam beberapa kasus, mencegah jerawat agar tidak muncul sama sekali. Hal itu karena acne patch membantu kulit menyerap bahan-bahan anti jerawat dan lesi akan merata, sehingga bisa sembuh dalam waktu yang lebih singkat.

Perlu diingat, patch ini tidak selalu bisa menyembuhkan jerawat dalam semalam, namun bila dikenakan dengan benar, tempelan ini biasanya bekerja dengan baik untuk meredakan jerawat. Acne patch harus dipakai setidaknya selama enam jam. Setelah itu, ketika kamu melepasnya, kamu akan melihat bahwa penampilan jerawat sudah berkurang. Mungkin tidak terlihat terlalu merah atau teriritasi lagi.

Perlu diketahui juga, patch hidrokoloid standar bekerja paling baik untuk jerawat yang sudah terbentuk, terutama komedo putih, karena akan menarik keluar dan menyerap nanah, minyak, dan lain-lain. Sedangkan patch hidrokoloid dengan bahan pelawan jerawat, seperti asam salisilat bekerja paling baik untuk jerawat yang baru muncul.

Namun, acne patch mungkin tidak efektif untuk mengatasi jerawat yang lebih parah, seperti jerawat batu.

Baca juga: Inilah 6 Skincare Cegah Jerawat untuk Remaja

Itulah penjelasan mengenai efektivitas acne patch untuk meredakan jerawat. Bila kamu mengalami masalah kulit wajah yang parah yang sudah tidak bisa lagi diobati dengan pengobatan biasa, sebaiknya kamu menemui dokter kulit untuk mendapatkan perawatan. Kamu bisa berobat ke dokter kulit dengan buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
CNN. Diakses pada 2021. What’s the real deal with zit stickers? We find out.
Healthline. Diakses pada 2021. Do Those Pimple Stickers Actually Work?