• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Cek Golongan Darah sebelum Menikah?

Seberapa Penting Cek Golongan Darah sebelum Menikah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Tentu banyak persiapan yang dilakukan oleh pasangan yang segera menikah. Tidak hanya persiapan untuk hari H pernikahan, jangan lewatkan untuk mempersiapkan kondisi kesehatan kamu dan pasangan dengan melakukan tes kesehatan sebelum menikah, salah satu tes yang perlu dilakukan adalah tes golongan darah.

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Penting untuk melakukan cek golongan darah sebelum menikah untuk mengetahui kondisi kesehatan pasangan. Tentunya, kondisi kesehatan kamu dan pasangan menentukan kehidupan keluarga di masa depan. Tes golongan darah yang kamu lakukan dapat membuat kamu mengetahui jenis golongan darah serta jenis rhesus kamu dan pasangan. 

Pentingnya Cek Golongan Darah Sebelum Menikah

Cek golongan darah penting dilakukan khususnya bagi pasangan yang baru menikah dan berencana memiliki keturunan. Cek golongan darah adalah tes yang cukup sederhana namun penting bagi calon bayi yang nanti kamu miliki. Jika kamu memiliki golongan darah yang kurang cocok dengan golongan darah pasangan, kondisi ini memengaruhi proses tumbuh kembang bayi dalam kandungan dan setelah proses persalinan.

Selain melakukan cek golongan darah, lakukan pemeriksaan darah juga penting dilakukan pasangan yang akan menikah. Menurut UK National Health Service, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan pemeriksaan darah sebelum pernikahan. Di antaranya adalah mengetahui keseluruhan kesehatan kamu dan pasangan, mengetahui ada atau tidak adanya infeksi dalam tubuh, dan memastikan kondisi genetik kamu dan pasangan.

Khususnya pada laki-laki, mengetahui kondisi genetik diperlukan jika kamu ingin segera memiliki keturunan setelah menikah. Menurut Cleveland Clinic, pemeriksaan genetik pada laki-laki dilakukan untuk menghindari gangguan infertilitas pada pria.

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan kesehatan dengan pasangan di rumah sakit terdekat sebelum menikah. Kamu juga bisa melakukan menentukan pemeriksaan lab melalui aplikasi Halodoc. Lebih praktis, bukan?

Baca juga: Ketahui Ini Pentingnya Cek Kesehatan Pranikah

Pentingnya Mengetahui Rhesus dari Golongan Darah

Tidak hanya mengetahui jenis golongan darah, tes golongan darah juga dapat dilakukan untuk mengetahui rhesus dari golongan darah. Rhesus memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu rhesus negatif dan positif. Rhesus yang terdapat pada golongan darah wanita memengaruhi kondisi kehamilan nantinya. Kondisi darah yang memiliki antigen membuat seseorang memiliki rhesus positif, sedangkan jika darah seseorang tidak memiliki antigen artinya rhesus negatif. 

Dilansir dari American Pregnancy Association, ketika wanita memiliki rhesus negatif dan pria memiliki rhesus positif, maka anak yang akan dilahirkan nanti kemungkinan memiliki rhesus positif mengikuti ayahnya. Nah, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh ibu memproduksi antibodi dan memberikan respon pada tubuh alergi terhadap kondisi darah bayi dalam janin. Antibodi ibu dapat menyerang plasenta dan membahayakan kesehatan bayi.

Baca juga: Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Lakukan Medical Check Up

Antibodi yang diproduksi oleh ibu dapat memecah sel darah merah janin dan menyebabkan bayi dalam kandungan alami anemia hemolitik. Jika tidak ditangani, kondisi ini meningkatkan risiko kerusakan otak, penyakit serius, bahkan kematian pada janin dan bayi yang baru dilahirkan. Untuk itu, penting sekali untuk melakukan cek golongan darah dengan pasangan sebelum menikah. Tujuannya agar kualitas kehidupan di rumah tangga mendatang akan lebih baik.

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Rh Factor
Healthline. Diakses pada 2020. Blood Typing
National Heart, Lung, and Blood Institute. Diakses pada 2020. Blood Tests
UK National Health Service. Diakses pada 2020. Blood Tests
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Genetic Testing and Male Factor Infertility