• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

“Kolagen bisa diproduksi tubuh secara alami. Selain itu, asupan makanan sehat dan konsumsi suplemen khusus juga baik untuk menjaga kadar protein alami yang satu ini. Lantas, bagaimana dengan minuman kolagen? Apakah efektif untuk menjaga kesehatan kulit?

Halodoc, Jakarta – Kolagen merupakan protein yang penting untuk kesehatan kulit. Bukan tanpa alasan, protein alami ini memang banyak ditemukan di dalam kulit. Selain itu, kolegen juga ada pada tulang, otot, tendon, dan ligamen. Sejak dulu, protein ini dikenal baik untuk kesehatan kulit, karena itu kandungannya banyak ditemukan pada produk perawatan kulit. 

Namun perlu diketahui, protein ini ternyata memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh, termasuk meredakan nyeri sendi dan menjaga kesehatan organ jantung. Meski ditemukan secara alami di dalam tubuh, tetapi kandungan kolagen akan menurun seiring berjalannya waktu. Karena itu, penting untuk membantu memenuhi kebutuhannya atau menghindari penurunan kadar kolagen sebelum waktunya. 

Baca juga: 7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam

Adakah Manfaat Minuman Kolagen? 

Sangat penting untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, menjaga kesehatan kulit, serta mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Lantas, bagaimana dengan konsumsi minuman kolagen? Apakah hal ini sangat penting dan bisa menjaga kesehatan kulit? 

Sayangnya, mengonsumsi minuman kolagen dikhawatirkan tidak efektif, jika tujuannya untuk kesehatan kulit. Saat minuman masuk ke dalam tubuh dan melewati saluran pencernaan, ada enzim-enzim tertentu yang akan memecah dan mengacaukan kandungan kolagen dalam minuman. Hal ini bisa menyebabkan protein tersebut tidak terserap tubuh dan dibuang begitu saja.

Daripada memaksakan konsumsi minuman kolagen yang belum tentu bermanfaat, kamu bisa mencoba cara lain untuk memastikan jumlah kolagen tetap terjaga. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan tertentu dan mengonumsi suplemen khusus jika dibutuhkan.

Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Makanan yang Baik untuk Kulit 

Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen adalah dengan konsumsi makanan tertentu. Jika ingin memiliki kulit yang lembut, kencang, kenyal, dan awet muda, kamu bisa coba mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, seperti: 

  • Vitamin A 

Makanan yang kaya akan vitamin A bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal dampak buruk dari paparan sinar UV. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin A dari tomat, wortel, sayuran hijau, ikan, hati sapi, dan produk susu serta telur. 

  • Vitamin C 

Asupan vitamin C juga baik untuk kulit, termasuk mencegah kulit kering dan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Vitamin C bisa didapat dari jeruk, brokoli, pepaya, dan sayuran berdaun hijau. 

  • Antosianin 

Zat ini bisa ditemukan pada buah atau sayur berwarna terang. Antosianin baik untuk kesehatan kulit dan bisa didapat dari buah delima, anggur, buah beri, tomat, dan kacang merah.

  • Protein 

Asupan protein pada tubuh akan diubah menjadi asam amino. Asam amino kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan kaya protein, seperti daging, seafood, susu, keju, yoghurt, dan telur. 

  • Alpha hydroxy acids (AHAs)

Alpha-hydroxy acids adalah asam alami yang ditemukan dalam makanan. Zat ini bisa membantu produksi kolagen serta menghancurkan kolagen lama dan menggantinya dengan yang baru. Makanan yang banyak mengandung zat ini adalah jeruk, apel, tomat, dan lemon.

Baca juga: 5 Makanan Kaya Vitamin D untuk Tingkatkan Kesehatan Tulang

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen kolagen jika dibutuhkan. Biar lebih mudah, beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Is Drinking Collagen the Key to Making Your Skin Forever Young?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Best Way You Can Get More Collagen.
Healthline. Diakses pada 202. 10 Anti-Aging Foods to Support Your 40s-and-Beyond Body.
WebMD. Diakses pada 2021. Alpha Hydroxy Acids.