• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Olahraga saat Masih Menjalani Diet Karbo?

Seberapa Penting Olahraga saat Masih Menjalani Diet Karbo?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Dari banyaknya metode diet yang ada, diet karbo adalah salah satu yang paling diminati banyak orang karena dianggap ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak hanya mengurangi makanan berkarbohidrat, pelaku diet karbo juga dianjurkan untuk rutin berolahraga agar dapat mencapai dan mempertahankan berat badan yang diinginkan.

Diet karbo adalah metode diet yang membatasi konsumsi makanan berkarbohidrat dan menggantikannya dengan konsumsi makanan tinggi protein dan lemak. 

Jadi, bila kamu ingin mencoba melakukan diet karbo, kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, biji-bijian olahan (seperti nasi, gandum, roti, dan pasta), lemak trans, produk diet dan rendah lemak, makanan yang diproses tinggi, dan sayuran bertepung. 

Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti daging, ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu tinggi lemak, lemak, minyak sehat, bahkan umbi-umbian.

Baca juga: Sedang Diet Karbo? Ini Makanan yang Bisa Menjadi Pilihan

Manfaat Diet Karbo untuk Menurunkan Berat Badan

Diet rendah karbohidrat, terutama yang sangat membatasi asupan karbohidrat, dapat mengurangi berat badan lebih banyak daripada diet rendah lemak. Hal itu karena diet rendah karbohidrat dapat menghilangkan kelebihan air dari tubuh kamu, menurunkan kadar insulin dan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat dalam satu atau dua minggu pertama.

Namun, mengurangi kalori dan karbohidrat bukan satu-satunya alasan berat badan kamu berkurang saat menjalani diet karbo. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memperbanyak asupan protein dan lemak dapat membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu makan lebih sedikit. 

Selain itu, diet karbo juga dapat mengurangi lemak di perut atau lemak visceral yang dikaitkan dengan peradangan dan resistensi insulin.

Baca juga: Berat Badan Cepat Turun, Cari Tahu Dulu Kekurangan Diet Karbo

Manfaat Olahraga saat Menjalani Diet Karbo

Salah satu penyebab beberapa orang tidak berhasil menurunkan berat badan mereka setelah menjalani diet karbo adalah karena tidak mengimbangi diet dengan olahraga secara teratur. 

Olahraga adalah elemen penting dalam menurunkan berat badan. Saat menjalani diet karbo, olahraga secara rutin sangat penting untuk membantu kamu mengurangi berat badan secara signifikan dan mempertahankannya. Kebanyakan orang yang menjalani diet karbo dapat menurunkan berat badan bila mereka membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan aktivitas fisik.

Olahraga membantu kamu mengurangi berat badan dengan berbagai cara:

  • Meningkatkan kesehatan metabolisme.
  • Meningkatkan massa otot.
  • Meningkatkan mood.

Penting untuk melakukan jenis olahraga yang benar. Gabungan latihan kardio dan pembentukan otot bisa menjadi kombinasi yang efektif untuk menurunkan berat badan:

  • Angkat Beban. Olahraga dengan menggunakan beban dapat meningkatkan kadar hormon dan massa otot, yang membantu menghilangkan lemak dan mempertahankannya dalam jangka panjang, bila kamu terus rutin berolahraga.
  • Interval Training. Yang dimaksud dengan interval training adalah latihan pendek dengan intensitas yang tinggi, yang diselingi dengan periode istirahat yang lebih panjang untuk memulihkan diri. Misalnya, kamu berlari sprint selama 20 detik, lalu dilanjutkan dengan berjalan selama 60 detik. Olahraga ini adalah bentuk latihan kardio yang sangat baik yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan manusia (HGH).
  • Olahraga dengan Intensitas Rendah. Bila kamu belum terbiasa melakukan latihan kardio yang menguras tenaga, menjadi aktif secara konsisten dan melakukan latihan intensitas rendah setiap hari, seperti berjalan kaki, juga dapat memberikan perubahan pada berat badan kamu.

Baca juga: Jalani Diet Intermittent Fasting, Ini Olahraga yang Cocok untuk Dilakukan

Jadi, usahakan untuk tetap berolahraga secara rutin saat menjalani diet karbo. Selain itu, tetap imbangi dengan kualitas tidur yang cukup. Nah, kamu dapat mendiskusikan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan selama menjalani diet karbo pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Low-carb diet: Can it help you lose weight?
Healthline. Diakses pada 2020. A Low-Carb Meal Plan and Menu to Improve Your Health.
Healthline. Diakses pada 2020. Top 15 Reasons You’re Not Losing Weight on a Low-Carb Diet