• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Perlu Melakukan Double Cleansing pada Wajah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Perlu Melakukan Double Cleansing pada Wajah?

Seberapa Perlu Melakukan Double Cleansing pada Wajah?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Double cleansing adalah cara membersihkan wajah dengan melakukan dua tahap berbeda. Pertama, menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Selanjutnya, mencuci muka dengan facial wash.”

Seberapa Perlu Melakukan Double Cleansing pada Wajah?Seberapa Perlu Melakukan Double Cleansing pada Wajah?

Halodoc, Jakarta – Double cleansing adalah metode membersihkan wajah yang dilakukan dalam dua tahap dengan produk berbeda. Sebelum dimulai, kamu perlu mencuci tangan terlebih dulu dengan sabun dan air mengalir.

Tujuannya agar tangan berada dalam keadaan bersih atau steril. Langkah ini juga berguna untuk meminimalisir perpindahan bakteri atau kotoran dari kedua tangan ke wajah.

Kemudian, proses double cleansing dilanjutkan dengan:

Tahap Pertama

Di tahap ini, kamu bisa menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Kandungan minyak efektif mengangkat kotoran dan sisa kulit mati yang menempel di permukaan kulit serta pori-pori.

Langkah pertama, siapkan produk pembersih seperti make up remover, oil cleanser, milk cleanser, cleansing balm dan micellar water. Kamu juga bisa memakai minyak zaitun, minyak jojoba, minyak almond atau minyak biji bunga matahari.

Tuangkan produk pembersih di kapas, kemudian usapkan pada wajah hingga kotoran terangkat. Kamu bisa mengulangi tahap ini jika merasa masih ada kotoran dan sisa make up yang menempel.

Khusus untuk milk cleanser dan cleansing balm, kamu bisa langsung mengaplikasikannya di kulit wajah. Kemudian, pijat dengan gerakan memutar. Setelah kotoran terangkat, lap kulit wajah dengan kapas atau handuk.

Tahap Kedua

Setelah melakukan tahap pertama, selanjutnya, kamu bisa mencuci muka dengan sabun yang cocok sesuai dengan jenis kulit. Tujuannya adalah membersihkan kotoran di permukaan kulit yang belum hilang.

Penggunaan sabun cuci muka juga berguna untuk mengangkat sisa bahan kimia dari produk yang dipakai di tahap satu. Sebaiknya pilih yang tidak membuat kulit terasa kencang, tertarik, perih dan kering setelah menggunakannya. 

Manfaat Teknik Double Cleansing

Berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan teknik double cleasing:

1. Membersihkan Wajah secara Menyeluruh

Menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak dapat melarutkan kotoran dan sisa make up yang menempel. Jika kamu melewati tahap pertama dan langsung menggunakan sabun pencuci wajah, hasil pembersihan jadi kurang maksimal.

Sebab, sabun cuci muka berbahan dasar air, sehingga tidak mampu mengangkat kotoran di permukaan kulit secara menyeluruh. Teknik double cleansing dapat membantu melenyapkan seluruh kotoran di permukaan wajah.

2. Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Kandungan minyak pada pembersih wajah memberikan kelembapan alami pada kulit. Apalagi, jika kamu menggunakan beberapa jenis minyak alami yang telah disebutkan di atas.

Untuk memilih produk sabun yang tepat, pastikan mengandung tinggi air agar tidak membuat kulit jadi kering. Ini juga bertujuan agar kulit tidak kehilangan minyak alami (sebum) sehingga tetap terjaga kelembapannya.

3. Memaksimalkan Penggunaan Skincare

Kulit bersih dapat memaksimalkan penyerapan produk perawatan kulit. Dengan begitu, skincare dapat bekerja dengan maksimal dan manfaatnya bisa dirasakan dengan baik di kulit wajah.

4. Mencegah Masalah Kulit

Teknik double cleansing efektif membersihkan kulit wajah dengan sempurna. Ini bisa mencegah penyumbatan pori-pori seperti jerawat dan komedo akibat penggunaan make up berlebihan.

Menumpuknya kotoran dan debu di permukaan wajah juga bisa mempercepat proses penuaan kulit. Keduanya bisa merusak kolagen alami di kulit dan meningkatkan risiko munculnya keriput dan kerutan.

Itulah penjelasan mengenai teknik double cleansing untuk membersihkan wajah. Pastikan kamu melakukannya setiap hari dan tidak melewatkan salah satu dari kedua langkah di atas, agar kesehatan kulit bisa terjaga dengan baik.

Jika kamu mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh penggunaan make up berlebihan, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kecantikan dan perawatan kulit dengan mendownload Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. A Beginner’s Guide to Double Cleansing.
Beauty Crew. Diakses pada 2022. Why you need to start double cleansing.