• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Sering Gigi Anjing Peliharaan Harus Disikat?

Seberapa Sering Gigi Anjing Peliharaan Harus Disikat?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Seberapa Sering Gigi Anjing Peliharaan Harus Disikat?

Halodoc, Jakarta – Sama halnya dengan gigi manusia, gigi anjing juga harus dibersihkan secara teratur. Tidak menyikat gigi anjing secara teratur bisa menyebabkan penumpukan plak, sakit gigi, dan sakit gusi. Hal ini tidak hanya membuat anjing tidak nyaman, bakteri yang tidak diobati bisa memasuki aliran darah dan memengaruhi fungsi jantung, ginjal, atau hati anjing. 

Anjing yang berusia empat tahun kerap mengalami masalah kesehatan gigi yang memicu gigi tanggal dan infeksi. Itulah sebabnya, kebersihan mulut anjing perlu dijaga dengan baik. Lantas, seberapa sering gigi anjing harus disikat? Informasi selengkapnya baca di sini!

Menyikat Gigi Setiap Hari

Gigi anjing harus disikat setiap hari dan minimal dua kali seminggu. Untuk kebersihan yang lebih maksimal, setidaknya kamu harus membawa hewan peliharaanmu memeriksakan kesehatan giginya di dokter hewan setahun sekali. Jika kamu belum pernah menggosok gigi anjing, kamu sebaiknya lebih waspada dalam memperhatikan tanda-tanda kalau anjingmu mengalami gangguan kesehatan mulut ketika anjingmu lebih kalem dari biasanya. 

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Kemungkinan anjing tidak akan suka saat kamu menyikat sesuatu ke giginya. Anjing mungkin berpikir kamu sedang mencoba untuk bermain dan kemungkinan besar itu akan sangat tidak nyaman bagi anjing peliharaan. 

Sebaiknya mulailah rutin menyikat gigi saat anjing masih anak-anak jika memungkin. Sama Pada akhirnya ini akan menjadi kebiasaan dan anjing tidak menganggap sebagai ajakan bermain ketika kamu menyikat giginya. 

Butuh saran mengenai cara menjaga kesehatan mulut dan gigi anjing, tanyakan saja langsung ke Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apa pun ke Halodoc dan dokter hewan terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Perlu diketahui, sikat gigi yang diformulasikan untuk anjing lebih miring daripada sikat manusia. Jika anjing tidak mau kamu menyikat giginya dengan sikat gigi coba gunakan sikat yang dimasukkan ke jarimu untuk memudahkan akses masuk ke mulut dan gigi anjing. 

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Mudah Dilatih

Kalau anjingmu masih tidak mau, tingkatkan frekuensi pemeriksaan ke dokter hewan. Penting untuk diingat bahwa anjing tidak meludah seperti manusia saat digosok gigi, jadi pasta gigi apa pun yang kamu gunakan harus aman untuk ditelannya. Pasta gigi manusia bisa menyebabkan sakit perut pada anjing dan biasanya mengandung fluoride dan/atau xylitol yang beracun bagi anjing.  

Tips Menyikat Gigi Anjing

Sikat gigi anjing saat dia tenang dan rileks dan jadikan momen tersebut sebagai rutinitas. Tadi sudah disinggung kamu sebaiknya menggunakan sikat gigi yang dibuat untuk anjing. Bulunya lebih lembut dan bersudut khusus. 

Sikat jari dapat bekerja dengan baik untuk anjing dengan berat di bawah 13 kg. Untuk anjing yang lebih besar, pegangan yang lebih panjang dapat memberikan jangkauan yang lebih baik. Pastikan untuk menggunakan pasta gigi anjing dengan rasa yang familiar buatnya dan membuat anjing merasa nyaman dengan aktivitas menyikat.

Baca juga: Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

Pastikan posisimu menyikat aman untuk anjing. Jangan berdiri di atas anjing, menahannya, atau mengambil sikap mengancam. Sebaliknya, cobalah berlutut atau duduk di depan atau di samping mereka. Selain itu, ukur tingkat kecemasan anjing. 

Jika anjing tampak kesal, hentikan, dan coba lagi nanti. Kamu mungkin perlu berusaha ekstra supaya kamu dan anjing menemukan ritme yang pas sehingga anjing bisa merasa nyaman. Nah, selamat mencoba dan jaga selalu kebersihan anjing kesayanganmu, ya!

Referensi:
Reader Digest. Diakses pada 2020. How Often Should You Be Brushing Your Dog’s Teeth?
WebMD. Diakses pada 2020. Tips for Brushing a Dog’s Teeth