• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing?

Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing?

Halodoc, Jakarta – Mandi dibutuhkan anjing untuk membantu menjaga kebersihan tubuh. Tidak hanya untuk membuat nyaman, hal ini juga penting dilakukan agar kesehatan kulit, bulu, dan tubuh anjing peliharaan selalu terjaga.

Memandikan anjing peliharaan mungkin menjadi hal yang susah-susah gampang dilakukan. Namun, anjing tetap harus dimandikan dan dibersihkan secara rutin. Berapa kali anjing peliharaan harus dimandikan? Jawabannya bisa beragam, tergantung pada beberapa faktor, seperti ras atau jenis anjing, aktivitas anjing, kondisi kulit, faktor kesehatan, serta gaya hidup yang diterapkan pada anjing peliharaan. 

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Tips Memandikan Anjing Peliharaan 

Sebenarnya, kamu tidak perlu terlalu sering memandikan anjing. Namun, sebaiknya anjing dimandikan minimal tiga bulan sekali dan tidak lebih dari seminggu sekali, kecuali direkomendasikan oleh dokter hewan. Meski begitu, sebenarnya mandi atau berendam di air bisa memberikan manfaat yang baik untuk anjing. Namun, tetap saja hal ini harus dibatasi dan anjing sebaiknya tidak terlalu sering dimandikan. 

Membiasakan anjing untuk mandi dan mencintai air adalah hal yang penting dilakukan. Dengan begitu, hewan peliharaan ini menjadi lebih mudah untuk dimandikan saat dibutuhkan, dan mandi menjadi rutinitas untuk anjing peliharaan. Namun, penting bagi pemilik untuk mengetahui kapan sebaiknya memandikan anjing, sebab terlalu sering memandikan peliharaan malah bisa menyebabkan anjing kehilangan minyak alami pada kulit. 

Lantas, kapan waktu terbaik untuk memandikan anjing? Kamu bisa menemukan jawabannya saat memperhatikan tanda-tanda serta penampilan anjing. Hewan peliharaan mungkin butuh mandi saat tubuhnya mulai kotor dan tercium aroma tidak sedap atau bau, mulai sering menggaruk tubuhnya, atau saat ada bulu yang terlihat kusut. 

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

Anjing juga perlu dimandikan setelah bermain di tempat yang kotor, setelah berenang, atau setelah berada di dekat semprotan beracun atau berminyak. Selain mengetahui waktu memandikan anjing, kamu juga perlu mengetahui hal lain yang dibutuhkan, seperti sampo terbaik untuk menghindari alergi, serta tempat mandi yang sesuai. Berikut beberapa tips memandikan anjing peliharaan yang bisa dicoba: 

  • Siapkan tempat untuk memandikan anjing, misalnya ember plastik. 
  • Isi ember dengan air untuk memandikan. Kamu bisa menggunakan air hangat dan secara perlahan masukkan anjing ke dalam ember berisi air. 
  • Basahi tubuh anjing dengan air kemudian basuh dengan sampo khusus anjing. Usahakan untuk menghindari sampo terkena mata dan telinga. 
  • Biasakan untuk membasuh dan memandikan seluruh tubuh anjing, termasuk ekor, perut, dan leher anjing. 
  • Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa membilas anjing dengan air menggunakan pancuran atau gayung. Sekali lagi, pastikan menghindari air bilasan terkena bagian mata dan telinga. 
  • Setelah bersih, keluarkan anjing dan keringkan. 

Pada beberapa anjing, mandi mungkin menjadi hal yang menakutkan dan membuat stres. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dan waspadai gigitan anjing. Kalau anjing cukup agresif atau sering menggigit saat takut, kamu bisa mencoba menggunakan alat bantu berupa penutup moncong saat memandikan anjing. Biar anjing terbiasa, cobalah untuk rutin memandikan anjing peliharaan pada waktu yang sama, misalnya pada pagi hari, agar bisa dikeringkan atau dijemur. 

Baca juga: Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Itulah tips memandikan anjing yang bisa coba diterapkan agar kebersihan dan kesehatan peliharaan senantiasa terjaga. Kalau anjing menunjukkan gejala sakit atau mengalami gangguan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter hewan dan mencari tahu kemungkinan penyebabnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How Often Should You Bathe Your Dog? Groomers Weigh In.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Tips Memandikan Anjing.