Seberapa Sering Pantyliner Boleh Dipakai?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Seberapa Sering Pantyliner Boleh Dipakai?

Halodoc, Jakarta - Pantyliner adalah salah satu benda yang umumnya dibawa oleh wanita. Hal ini umumnya digunakan ketika wanita mengalami menstruasi ringan. Benda tersebut juga digunakan untuk mencegah noda pada pakaian dalam.

Walau begitu, pemakaian pantyliner yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit bagian luar kelamin wanita. Alasannya adalah karena pantyliner mengandung zat yang dapat sebabkan iritasi. Alat bantu pada wanita tersebut harus sering diganti supaya tidak menyebabkan gangguan.

Gangguan yang mungkin terjadi adalah kelembapan pada kelamin wanita dan kulit akan menahan iritasi. Umumnya, gangguan tersebut dikarenakan penggunaan sepanjang hari setiap hari. Akhirnya, daerah kewanitaan akan mengalami ruam, timbul rasa gatal, dan sakit.

Gangguan Keputihan Ketika Hamil

Seseorang yang sedang hamil dapat mengalami gangguan keputihan. Salah satu cara untuk menahan hal tersebut adalah dengan menggunakan pantyliner. Keputihan yang terjadi harus segera diatasi, agar tidak menginfeksi janin dan menyebabkan masalah lain.

Seseorang yang mengalami keputihan ketika hamil harus senantiasa menjaga kebersihan alat kelamin dengan sering mengganti pakaian dalam. Hal tersebut dikarenakan keputihan yang terjadi dapat melembapkan vagina kamu.

Kebanyakan orang malas mengganti pakaian dalam, sehingga memilih pantyliner. Ternyata, pantyliner tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, benda tersebut mengandung zat tertentu yang dapat menimbulkan alergi dan reaksi lainnya.

Alasan lainnya adalah karena keputihan yang terjadi tidak dapat diprediksi terjadi berapa lama. Kandungan bahan kimia dari pantyliner dapat berdampak buruk bagi pemakaiannya. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga kebersihan dan memastikan area tersebut tetap kering.

Baca juga: Ketahui 6 Tanda Keputihan yang Tidak Normal

Berapa Lama Pantyliner Dapat Digunakan?

Disebutkan bahwa pantyliner dapat digunakan untuk satu hari penuh, dan tidak boleh lebih dari itu. Selain itu, jika kamu ingin menggunakannya pada malam hari, cobalah untuk mengganti dengan yang baru.

Walau begitu, kebanyakan wanita mungkin perlu mengganti benda tersebut sebelum digunakan seharian. Setiap kamu merasakan area vagina kamu lembap, maka itulah saatnya untuk mengganti benda tersebut. Apabila tidak dilakukan, gangguan lainnya dapat terjadi.

Disebutkan bahwa seseorang yang jarang mengganti pantyliner yang digunakan dapat mengalami infeksi disebabkan jamur. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa terbakar yang menyakitkan dan gatal yang parah pada vagina. Maka dari itu, kamu harus selalu mengganti benda tersebut.

Disarankan pada setiap wanita supaya mengganti pantyliner setiap 3-4 jam sekali. Hal tersebut dilakukan ketika keputihan yang keluar banyak atau sedang aktif. Poin yang paling penting adalah menjaga kelembapan, sehingga tidak menimbulkan gangguan lainnya.

Baca juga: Begini Ciri Keputihan yang Normal

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menggunakan Pantyliner

Pantyliner mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan wanita. Hal tersebut untuk mencegah bercak atau keputihan menempel pada celana dalam. Walau begitu, beberapa hal harus dilakukan sebelum mengenakan pantyliner, antara lain:

  1. Sebelum menggunakan benda tersebut, pastikan mencuci tangan agar menghindari bakteri berbahaya yang menempel. Setelah selesai menggunakannya, kamu harus mencuci tangan lagi.

  2. Pilihlah pantyliner yang tidak menggunakan pewangi. Hal tersebut untuk meminimalisir gatal atau peradangan vagina.

  3. Gantilah benda tersebut paling tidak setelah 4 jam. Setiap wanita harus menjaga kebersihan vaginya supaya terhindar dari infeksi.

  4. Jangan gunakan benda tersebut saat tidur, agar kulit kamu dapat bernapas di malam hari.

Selain itu, kamu dapat menggunakan pantyliner sebelum atau setelah menstruasi terjadi. Hal tersebut agar dapat menyerap cairan yang keluar. Pilihlah pantyliner yang sesuai dengan kulit kamu agar tetap nyaman seharian.

Baca juga: Atasi Keputihan Abnormal dengan 6 Cara Berikut

Punya pertanyaan lain soal kesehatan wanita? Kamu bisa menanyakannya pada dokter terpercaya di Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa antre, pesananmu akan diantarkan dalam waktu kurang dari satu jam. Ayo, segera download aplikasinya di App Store dan Google Play!