• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Sering Sebaiknya Memberi Makan pada Anak Anjing?

Seberapa Sering Sebaiknya Memberi Makan pada Anak Anjing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Siapa sih yang tidak senang melihat tingkah polah anak anjing? Gayanya yang menggemaskan tentu membuat pecinta anjing tertarik untuk memeliharanya. Namun, sebaiknya jangan sembarangan dalam memelihara anak anjing. Selain memastikan kesehatannya terjaga, kamu juga perlu mengetahui perawatan dan cara memberi makan yang tepat pada anak anjing.

Baca juga: Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Pada perkembangannya, anak anjing membutuhkan jenis hingga jumlah makanan yang tepat. Makanan yang dikonsumsi tentunya dapat memengaruhi kondisi kesehatannya. Meskipun cukup sulit untuk menentukan waktu makan pada anak anjing, tetapi tidak ada salahnya kamu simak ulasan mengenai pola makan pada anak anjing, agar kamu tidak salah dalam merawat anak anjing.

Ketahui Waktu Makan pada Anak Anjing

Memberi makan anak anjing dengan tepat menjadi awalan yang baik untuk merawatnya. Pola dan jenis makan yang tepat pada anak anjing merupakan hal terpenting untuk membuatnya tetap sehat dalam proses tumbuh kembang. 

Nyatanya, waktu makan pada anak anjing merupakan hal yang berbeda-beda. Seberapa sering memberi makan pada anak anjing ditentukan oleh kondisi dan juga usia anak anjing. Berikut ini adalah pola makan yang tepat bagi anak anjing sesuai dengan usianya.

1.Anak Anjing Kurang dari 6 Bulan

Umumnya, anjing akan disapih oleh induknya saat mereka berusia 6–8 minggu. Namun, dari usia 4 minggu anak anjing sudah memerlukan tambahan makanan. Saat anak anjing masih berusia 4–8 minggu, pastikan mereka mengonsumsi makanan dengan tekstur yang empuk dan lembut. 

Setelah anak anjing memasuki usia disapih, kamu perlu memberikan jadwal makan sebanyak 3–4 kali per hari dalam porsi yang kecil. Porsi makan ini terus diberikan hingga anjing memasuki usia 6 bulan. Kamu bisa memilih untuk memberikan jenis makanan khusus anak anjing.

Baca juga: Anjing Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

2.Anak Anjing Usia 6 Bulan–1 Tahun

Saat anak anjing memasuki usia 6 bulan, kamu bisa mengubah jadwal makannya. Berikan jadwal makan sebanyak 3–2 kali per hari. Saat anak anjing memiliki usia antara 6–8 bulan, sebaiknya mereka masih diberikan jenis makanan untuk anak anjing. Sedangkan, saat anak anjing memasuki usia 9 bulan ke atas, kamu bisa perlahan mengganti makanannya dengan makanan anjing dewasa.

3.Usia Anjing Memasuki 1 Tahun Ke Atas

Sebagian besar anak anjing akan semakin dewasa dan mandiri setelah mereka memasuki usia 1 tahun. Namun, beberapa ras anak anjing akan mengalami kedewasaan setelah mereka memasuki usia 2 tahun. Saat memasuki usia di atas 1 tahun, kamu bisa memberikan jadwal makan sebanyak 2 kali sehari.

Jika kamu masih ragu untuk memberikan jenis makanan anjing dewasa atau puppy, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan. Dengan begitu, anak anjing akan lebih mudah mengonsumsi makanannya serta kebutuhan nutrisi dan gizinya dapat terpenuhi dengan baik.

Ketahui Ini Sebelum Mengganti Jenis Makanan Anjing

Lalu, mengapa jenis makanan perlu disesuaikan dengan usia anjing? Kandungan makanan yang disiapkan untuk anak anjing biasanya lebih kaya nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh anak anjing untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Ketika anjing sudah memasuki usia dewasa, sebaiknya hindari memberikan makanan khusus untuk anak anjing. Jika kamu terus memberikan makanan anak anjing pada anjing yang sudah dewasa, kondisi ini berisiko menyebabkan kelebihan berat badan pada anjing. Tentunya hal ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anjing.

Baca juga: Memilih Makanan yang Tepat saat Anjing Mengalami Obesitas

Bukan hanya jenis makanan dan waktu makan, kamu juga perlu perhatikan porsi makan yang diberikan. Carilah informasi mengenai porsi makan untuk anjing sesuai dengan usianya dari dokter hewan terpercaya. Gunakan Halodoc sekarang juga untuk mempermudah perawatan hewan kesayangan kamu. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. How Often Should I Feed My Puppy?
Purina. Diakses pada 2021. When To Stop Feeding Puppy Food?
Pet Finder. Diakses pada 2021. How Much To Feed A Puppy?
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Puppy Food - Types, Feeding Schedule, and Nutrition.