• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Secara Medis, Inilah 9 Bentuk Miss V yang Perlu Diketahui

Secara Medis, Inilah 9 Bentuk Miss V yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Tidak semua wanita punya bentuk, ukuran, dan warna Miss V atau vagina yang sama. Bahkan, setiap wanita punya bau vagina yang berbeda-beda. Terkadang kondisi ini membuat sebagian wanita khawatir karena menganggap alat kelamin berbeda dengan yang lainnya.

Padahal selama tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, semuanya baik-baik saja. Namun, tidak sedikit wanita yang tidak yakin bahwa setiap vagina memang unik. Kalau kamu masih tidak yakin, berikut ini berbagai bentuk vagina wanita perlu diketahui.  

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

Bentuk-Bentuk Vagina yang Perlu Wanita Ketahui

Salah satu perbedaan mencolok dari vagina adalah bentuk labia atau “bibir vagina”. Ada dua bagian labia, labia major vagina disebut sebagai labia major sedangkan bibir dalam vagina yang biasanya membuka jalan menuju lubang vagina disebut labia minor. Nah, setiap wanita memiliki karakteristik labia yang berbeda-beda. Melansir dari Healthline, berikut ini bentuk-bentuk labia pada wanita, yaitu:

  1. Labia Minor Asimetris

Jika labia bagian dalam lebih panjang, lebih tebal, atau lebih besar, maka labia tersebut dianggap asimetris. Hal ini sangat umum dialami wanita. Bahkan beberapa wanita sedikit atau tidak memiliki labia minor sama sekali.

  1. Labia Major Melengkung

Labia major yang melengkung mungkin bisa digambarkan seperti tapal kuda terbalik, yakni kurva bundar yang bertemu secara merata di ujungnya. Wanita yang memiliki bentuk labia ini biasanya labia minornya terbuka. Labia minor mungkin tidak menonjol di bawah labia major.

  1. Labia Minor Menonjol

Labia minor yang menonjol biasanya berukuran lebih panjang dari dan menonjol keluar dari labia major. Perbedaan panjang ini mungkin lebih halus dengan labia minor hanya mengintip keluar, atau lebih jelas.

  1. Labia Major Menonjol

Labia major yang menonjol biasanya terlihat lebih menjulur ke bawah. Kulit mungkin tebal dan bengkak atau tipis dan agak longgar - atau di suatu tempat di antaranya.

  1. Labia Minor Panjang dan Menjuntai

Ini adalah bentuk yang mirip dengan labia minor yang menonjol. Bedanya, bentuk yang satu ini dapat menjuntai hingga satu inci atau lebih bahkan sampai melebihi labia major. Kalau kamu memiliki bentuk ini, kamu menyadari kalau labia sampai menggantung di luar pakaian dalam dan melihat sedikit kulit yang memanjang atau lipatan tambahan.

Baca juga: Cara Tepat Menjaga Kebersihan Miss V

  1. Labia Major yang Panjang dan Menjuntai

Bentuk ini mirip dengan labia major yang menonjol. Bentuk ini ditandai dengan kulit tipis dan longgar. Seperti halnya labia minor yang menjuntai, lipatan bisa sampai menggantung keluar pakaian dalam. Hal ini dapat membuat labia minor sedikit lebih terbuka.

  1. Labia Kecil dan Terbuka

Bentuk ini ditandai dengan labia major yang rata dan bersandar pada tulang kemaluan serta memperlihatkan sedikit labia minor.

  1. Labia Kecil dan Tertutup

Bentuk ini ditandai dengan labia minor yang tertutup sepenuhnya. Ini merupakan jenis vagina yang paling umum dimiliki wanita.

  1. Terlihat Bibir Dalamnya

Bentuk ini ditandai dengan labia major dan labia minor yang berukuran sama. Labia minor  tidak terlihat karena menggantung di luar lipatan luar. Namun, labia minor akan terlihat ketika seorang wanita duduk atau menarik ke dua sisi labia major. 

Baca juga: Kenali Aroma Miss V Tanda Gangguan Kesehatan

Itulah bentuk-bentuk vagian yang perlu kamu ketahui, kalau kamu ingin bertanya seputar kesehatan Miss V, kamu bisa bicara langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Lopsided Vagina: Are My Labia Normal?.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the types of vagina?