Sedang Tren, Mengenal Olahraga Freeletics

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Olahraga freeletics, mengenal freeletics, gerakan dalam freeletics, manfaat olahraga freeletics

Halodoc, Jakarta – Kini banyak olahraga yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar. Salah satunya adalah olahraga freeletics. Apa itu olahraga freeletics? Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai olahraga ini!

Baca juga: Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut

Apa itu Olahraga Freeletics?

Olahraga freeletics mulai ramai di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Padahal, freeletics sendiri sudah ada di Jerman sejak tahun 2003. Olahraga freeletics adalah olahraga yang mengandalkan tubuh kamu sendiri, karena kebanyakan gerakan dari freeletics tidak menggunakan alat bantu apa pun.

Freeletics juga bisa kamu lakukan di mana saja, bisa di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Biasanya, olahraga ini dilakukan dalam waktu 15 hingga 60 menit. Meskipun waktu yang digunakan sedikit, hasil yang dirasakan akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

Gerakan-gerakan dalam Olahraga Freeletics

Meskipun olahraga ini tidak menggunakan alat apa pun, kamu tidak perlu khawatir akan bosan saat melakukan olahraga ini. Olahraga freeletics memiliki banyak gerakan yang sangat bervariasi, sehingga membuat kegiatan berolahraga kamu semakin menyenangkan.

Ada 3 bagian dalam olahraga freeletics. Pertama, high intention workout atau yang dikenal juga dengan istilah gerakan latihan dengan intensitas yang cukup tinggi. Kemudian, ada training plans dan bagian yang terakhir ada gerakan kombinasi.

Gerakannya pun beragam, seperti push up, sit up, plank, leg lever, squat, jumping jack, dan burpees. Gerakan yang tepat nyatanya bisa membantu kamu menghilangkan kalori lebih cepat. Biasanya, tiap gerakan pun ada hitungannya. Bukan berupa berapa banyak gerakan dapat dilakukan, tapi berdasarkan waktu.

Misalnya gerakan push up dalam satu menit. Dalam satu menit, kamu bisa lakukan push up semampu yang kamu bisa asal gerakannya tepat. Dengan berlatih terus menerus, kamu tentu akan terbiasa dengan gerakan ini. Jika sudah terlatih, bisa saja dalam satu menit kamu menyelesaikan push up sebanyak 20 kali. Maka dari itu, gerakan freeletics ini tersedia berbeda bagi pemula dan tingkat yang sudah mahir.

Manfaat Olahraga Freeletics

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari olahraga freeletics. Selain membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bugar, berikut manfaat yang bisa kamu rasakan:

1. Membentuk Tubuh

Dengan rutin melakukan olahraga freeletics, kamu dapat membentuk tubuh kamu menjadi seperti yang kamu inginkan. Olahraga freeletics dapat menurunkan berat badan kamu melalui pembakaran kalori. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengencangkan otot kamu dengan melakukan beberapa gerakan freeletics.

2. Menguatkan Stamina

Gerakan olahraga freeletics terdiri dari gerakan yang melatih beberapa otot tubuh dan juga gerakan kardiovaskular. Oleh karena itu, olahraga ini bisa membuat stamina kamu tetap terjaga. Selain itu, freeletics dapat meningkatkan persediaan oksigen yang akan disalurkan ke otot tubuh.

3. Badan Semakin Segar dan Bugar

Apa pun jenis olahraganya, tentu akan meningkatkan kerja jantung dan paru-paru. Dengan begitu, aliran darah dan oksigen yang mengalir dalam tubuh akan lancar, sehingga meningkatkan kesegaran dan kebugaran tubuh kamu.

Baca juga: 3 Gerakan Freelatic untuk Melatih Otot Tubuh Bagian Atas

Mau tahu lebih banyak mengenai gerakan-gerakan olahraga freeletics dan manfaatnya? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai olahraga yang baik untuk kesehatan kamuYuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!