Sedikit yang Tahu, Goji Beri Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat goji beri

Halodoc, Jakarta – Apakah pernah mendengar buah goji beri? Buah berwarna jingga dari negeri Tiongkok yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak lebih dari 2000 tahun lalu dan sering dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional Tiongkok. Buah goji beri memiliki rasa yang manis dan bisa  dimakan langsung atau diolah menjadi jus atau teh herbal. Goji beri juga bisa diambil sarinya untuk diolah menjadi serbuk dan tablet.

Buah goji beri memiliki banyak kandungan nutrisi, yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Buah ini juga banyak mengandung antioksidan, khususnya antioksidan yang disebut dengan Lycium barbarum polysaccharides. Zat tersebut mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, terdapat berbagai macam manfaat goji beri, baik untuk kesehatan maupun diet. Berikut ini beberapa manfaat buah goji beri yang perlu diketahui:

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Buah goji beri bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan oleh kemampuan goji beri dalam meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar peradangan sitokin (senyawa organik yang berfungsi sebagai sinyal komunikasi) dalam darah.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Meningkat

Buah goji beri mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bisa melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit. Ini karena buah goji beri bisa meningkatkan limfosit, yaitu sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Buah ini juga bisa meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan berat badan, dan memperbaiki performa fisik. Selain itu, goji beri juga dipercaya bisa membangun sistem kekebalan tubuh, membantu memerangi sel-sel kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat goji beri yang lain, yakni bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel yang membantu produksi insulin. Manfaat terhadap gula darah ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada goji beri.

4. Menghambat Penuaan Dini

Goji beri dipercaya mampu menghambat penuaan. Ini karena kandungan antioksidan yang ada pada goji beri (terutama zeaxanthin) mampu mencegah kerusakan sel kolagen di kulit yang disebabkan oleh polusi, seperti radiasi dan asap buangan kendaraan bermotor. Kandungan antioksidan dalam buah goji beri juga mampu menjaga kesehatan mata, serta melindunginya dari kerusakan.

5. Menurunkan Berat Badan

Goji beri bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Ini karena goji beri mengandung serat yang tinggi sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Goji beri juga bisa dikonsumsi saat diet karena buah ini bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan nafsu makan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Untuk keperluan diet, buah goji beri disarankan untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian. Yakni dengan mencampurkan buah goji beri dengan kacang rebus, sereal oatmeal, dan yogurt. Kamu juga bisa mengonsumsi buah ini dalam bentuk makanan kering, mentah, ataupun dimasak terlebih dahulu. Atau, kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau teh herbal agar lebih menarik untuk dikonsumsi.

Selain mengonsumsi buah goji beri, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin. Untuk memudahkan pembelian vitamin, kamu bisa memesannya di aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal memesan vitamin yang dibutuhkan melalui layanan Pharmacy Delivery, lalu tunggu kurang dari 1 jam hingga pesanan datang. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.