• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Segudang Manfaat Ginseng Jawa bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Segudang Manfaat Ginseng Jawa bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Ginseng Jawa bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Ginseng jawa atau waterleaf punya banyak sebutan lain. Namun, terlepas dari berbagai nama yang disematkan, tanaman ini punya banyak manfaat, mulai dari menjaga mengatasi masalah paru-paru hingga masalah psikologis.”

Segudang Manfaat Ginseng Jawa bagi KesehatanSegudang Manfaat Ginseng Jawa bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tanicum paniculatum dikenal dengan banyak nama, termasuk ginseng Jawa, daun air atau waterleaf (Limon), cariri, bayam Filipina, bunga potherb fame, sweetheart, permata opar, dan som Java. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk makanan, kesehatan, dan hiasan. 

Ginseng jawa dapat tumbuh baik pada tanah yang keras dan cocok ditanam pada negara dengan iklim panas. Secara botani, tanaman yang berasa dari Afrika ini memiliki tinggi 50 sentimeter dengan daun melingkar berwarna hijau cerah.

Manfaat Ginseng Jawa untuk Kesehatan

Manfaat ginseng jawa banyak ditemui dalam pengobatan sejumlah penyakit dan kondisi termasuk diare, enuresis (mengompol), menstruasi tidak teratur, meningkatkan energi, dan membersihkan paru-paru. Bahkan, efektivitas tanaman ini yang paling terkenal adalah membantu mengobati penyakit paru-paru. 

Selain itu, manfaat ginseng jawa lainnya yaitu dijadikan sebagai ramuan obat untuk pengobatan infeksi kulit, gangguan reproduksi, serta meningkatkan daya tahan terhadap stres dan kelelahan. Tanaman dengan rasa manis ini juga baik untuk pencernaan, memperlancar ASI, mengobati sakit kepala, radang paru-paru, haid tidak teratur, dan keputihan. 

Sementara itu, jus yang didapat dari daun ginseng Jawa digunakan untuk mengobati bisul dan menambah nafsu makan. Pemanfaatan daun ginseng Jawa secara topikal dimanfaatkan untuk mengobati edema dan luka goresan pada kulit. 

Akar dari tanaman ini dapat diberikan untuk meningkatkan energi setelah sakit, mengobati batuk, mengatur menstruasi, dan aliran urine. Selain itu, rebusan akarnya digunakan untuk mengobati penyakit kudis, radang sendi, lambung, dan paru-paru.

Popularitas dan manfaat ginseng jawa sebagai tanaman herbal diyakini dapat membantu meningkatkan vitalitas, mengobati diabetes, masalah kulit inflamasi, herpes, gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit dan mual. Tak ketinggalan, tanaman ini juga digunakan untuk menginduksi laktasi dan mengembalikan fungsi rahim pascapersalinan. Lalu, 

Potensi berbagai manfaat ginseng jawa ini mungkin disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan dan senyawa yang terkandung di dalamnya. Ini termasuk ginsenosides, asam fenol, flavonoid, saponin dan tanin. 

Selain itu, ginseng jawa juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, zat besi, mangan, dan seng yang dapat bertindak sebagai antioksidan eksogen, dan memainkan peran penting dalam mengurangi stres oksidatif serta kerusakan sel.

Manfaat Ginseng Jawa Lainnya

Tak hanya baik untuk kesehatan, manfaat ginseng Jawa juga bisa menjadi bahan pangan. Hampir semua bagian dari ginseng jawa dapat digunakan sebagai sayuran, tetapi bagian yang paling disukai adalah akar dan daunnya. Daunnya bisa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk sandwich. Bagian bijinya kecil tapi bergizi dan merupakan sumber minyak Omega-3 yang baik. 

Talinum paniculatum dikemas dengan Vitamin A, C dan tinggi kalsium. Daunnya dimasak dengan cara yang mirip dengan bayam, bisa menjadi bahan tambahan untuk sayur sup atau semur. Daun yang lebih tua memberikan rasa asam pada masakan. Seluruh bagian dari tanaman ginseng Jawa juga dapat digunakan sebagai tanaman hias.

Itu tadi segudang manfaat ginseng Jawa yang masih belum banyak diketahui. Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat ginseng Jawa bagi kesehatan. Selain itu, kamu juga tidak disarankan bila hanya menggunakan tanaman ini sebagai satu-satunya obat. 

Karena itu, tetap lakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit jika kamu merasakan gejala aneh pada tubuh. Gunakan Layanan Janji Medis di Halodoc, caranya cukup download Halodoc di ponselmu. 

Referensi:
SouthWorld. Diakses pada 2022. Herbs & Plant. Talinum paniculatum. A vital medicinal plant.
Herbpathy. Diakses pada 2022. Talinum Paniculatum Herb Uses, Benefits, Cures, Side Effects, Nutrients.