26 February 2018

Sehat dalam 10 Menit dengan Cara Ini

Sehat dalam 10 Menit dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Sering merasa lemas saat beraktivitas di kantor? Bisa jadi kamu kurang aktif secara fisik, alias kurang olahraga. Biasanya, super sibuk adalah alasan klasik yang sering digunakan banyak orang untuk melewatkan olahraga. Nah, kini buanglah alasan klasik itu, sebab ada lho cara menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap aktif hanya dalam 10 menit. Kok bisa?

  1. Berjalan

Kalau kamu enggak ada waktu 30-60 menit untuk berolahraga, bukan berarti kamu enggak bisa buat tubuh bergerak sama sekali. Seperti dikutip laman Prevention, berjalan kaki 10 menit tiap hari bisa mencegah risiko penyakit arteri, serangan jantung, dan stroke. Sebab duduk selama enam jam perhari (seperti yang kamu lakukan di kantor) bisa membatasi aliran darah ke kaki.

Enggak hanya itu, jalan kaki dua menit tiap jam rupanya juga bisa membuat kamu pajang umur, lho. Enggak percaya? Menurut studi dalam Clinical Journal of The American Society of Nephrology, seseorang yang berjalan kaki dua menit perjamnya, risiko mati muda akan turun hingga 33 persen. Mengagumkan, bukan? Menariknya lagi, kamu bisa melakukan aktivitas ini di mana saja kok, termasuk kantor.

  1. Bangun Lebih Awal

Bagi kamu yang harus terburu-buru ke kantor di pagi hari, setidaknya ada cara menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan dengan waktu singkat. Cobalah untuk bangun lebih awal untuk melakukan meditasi atau yoga. Kedua cara ini bisa kamu lakukan dalam waktu 10 menit saja kok. Yoga atau meditasi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan.

  1. Menyiapkan Sarapan Bergizi

Cobalah untuk mencari di berbagai buku, majalah, atau internet mengenai menu sarapan sehat. Di malam harinya kamu bisa mengumpulkan dan menyiapkan segala bahannya untuk dimasak pagi hari. Mau yang lebih praktis? Cobalah untuk memilih buah dan sayuran. Kamu bisa memotong dan menyajikannya pada malam hari dan simpan dalam kulkas. Enggak butuh waktu 10 menit kok untuk menyiapkannya sebagai bekal sarapan kamu di pagi hari.

  1. Latihan Kardio

Nah, yang satu ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan dan membakar kalori dengan praktis. Karena waktunya cukup singkat, ada sedikit aturan yang perlu kamu ketahui. Nah, berikut tipsnya:

  • Satu menit,  jalan cepat atau berbaris di tempat.
  • Satu menit setelahnya gerakan lengan ke atas dan ke bawah.
  • Kemudian jumping jack selama satu menit.
  • Selanjutnya lakukan tiap gerakan ini selama 30 detik: lari di tempat, lompat jauh, jalan di tempat, burpess (push up, berdiri, lalu melompat dan kembali ke pasisi push up), menaiki tangga, jalan di tempat, burpess, jalan di tempat, dan lari di tempat.
  • Nah, dua menit terakhir kamu bisa melakukan squat (satu menit) dan jalan santai di tempat untuk pendinginan (satu menit).
  1. Lari Cepat

Sama halnya dengan latihan kardio, lari cepat selama 10 menit ini juga ada hal yang mesti kamu perhatikan.

  • Satu menit pertama jalan cepat.
  • Satu menit kemudian lari ringan di tempat.
  • Selanjutnya lari di tempat dengan batasan lutut sejajar dengan tinggi pinggang.
  • Setelah itu, lakukan tiap gerakan berikut selama 30  detik. Llari di tempat dengan tingkat kecepatan dan gerakan yang sama dengan sebelumnya, lari di tempat atau jalan di tempat, (masih dengan gerakan yang sama) tingkatkan kecepatan lebih dari sebelumnya, lari di tempat atau jalan di tempat, (masih gerakan yang sama) tingkatkan kecepatan lebih dari sebelumnya, dan terakhir lari di tempat atau jalan di tempat.
  • Selanjutnya, tiga menit terakhir kamu bisa melakukan lari sprint secepat mungkin, jalan lari di tempat tapi melambat, dan jalan santai.

 

Bagi kamu yang ingin tahu tentang cara menjaga kesehatan tubuh dalam waktu singkat, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.