• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehat di Malam Pertama, Lakukan Cara Ini

Sehat di Malam Pertama, Lakukan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Ketika mendengar kata malam pertama, apa yang terlintas di benakmu? Apakah hubungan intim yang menyenangkan? Apakah pengalaman pertama yang tidak terlupakan? Atau, saat paling tepat untuk mengenal pasangan lebih dalam lagi? Memang terdengar sangat intim, ya!

Namun, ternyata, tidak semua pasangan memiliki dan menganggap malam pertama sebagai satu momen yang menyenangkan. Bahkan, beberapa pasangan menganggap aktivitas ini tidak ubahnya seperti hal yang biasa saja, sama seperti hari-hari lainnya. Melansir dari Psychology Today, penyebabnya beragam, karena pengalaman kurang menyenangkan ketika berhubungan intim, atau komunikasi yang tidak terjalin sebelumnya. 

Tetap Sehat ketika Malam Pertama

Mungkin juga, kelelahan menjadi penyebab malam pertama yang tidak sempurna dan seindah yang ada di benak. Selepas akad dan pesta resepsi, sudah pasti kamu atau pasangan merasa lelah dan butuh istirahat. Namun, tidak jarang salah satu dari pasangan memaksa untuk tetap melakukan hubungan intim, dan inilah yang menjadikan malam pertama berlangsung buruk. 

Baca juga: Biar Malam Pertama “Tidak Sakit”, Ini Tipsnya

Malam pertama sudah seharusnya berlangsung menyenangkan dan menjadi momen tidak terlupakan bagi kamu dan pasangan. Jadi, jangan sampai kamu tidak mendapatkannya karena kesalahpahaman. Jaga tubuh tetap sehat, lakukan cara ini agar malam pertama dengan pasangan sempurna, yaitu:

  • Tetap Berolahraga

Aktivitas satu ini pasti akan lebih menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama dengan pasangan. Terlebih, jika kamu sudah membiasakannya bahkan sejak sebelum menikah. Olahraga ini berhubungan dengan stamina, jadi kapan saja kamu ingin melakukan hubungan intim, energi tidak cepat terkuras dan tubuh pun tidak mudah lelah.

  • Jaga Pola Makan

Jangan lupa, pola makan dan asupan makanannya pun tetap harus terjaga. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak dan hidangan cepat saji karena bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuhmu, termasuk rentan terjadinya kelebihan berat badan. Ini, tentu saja sangat memengaruhi stamina dan kualitas sperma yang berujung pada kehamilan yang menjadi lebih sulit terjadi. 

Baca juga: Trik Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas

  • Awali dengan Foreplay

Ketika malam pertama, waktu sepenuhnya adalah milikmu dan pasangan, jadi sebaiknya nikmati momen ini dengan baik. Sebelum berhubungan intim, mulailah dengan foreplay, dan rasakan setiap sensasinya. Jangan lupa komunikasi, beritahukan pada pasangan jika kamu merasakan sensasi tidak nyaman. 

  • Bersihkan Organ Intim Setelah Berhubungan

Setelah melakukan hubungan intim, jangan pernah lupa untuk segera membersihkan organ seksual. Terlebih pada wanita, karena lebih rentan terserang infeksi saluran kemih. Tidak perlu membersihkan dengan produk tertentu, cukup pastikan area luar organ kelamin bersih menggunakan air dingin. Menggunakan produk tertentu justru meningkatkan risiko kerusakan pH alami organ kelamin.

  • Siapkan Air Minum

Jangan salah, berhubungan intim juga menguras tenaga, lho! Pasalnya, hubungan intim menyumbang setidaknya 100 kalori tubuh. Jika dilakukan lebih lama, pria mengeluarkan 4,2 kalori dan wanita 3,1 kalori setiap menitnya. Jadi, wajar adanya apabila kamu merasa haus setelah berhubungan intim. Jadi, agar tubuh tetap terhidrasi, selalu siapkan air minum, ya!

Baca juga: 4 Fakta Medis di Balik Malam Pertama

Kalau kamu mengalami kendala seksual, sebaiknya langsung tanyakan pada dokter bagaimana solusi terbaik yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Jangan malu, karena kamu butuh pertolongan agar malam pertama tetap maksimal. Pakai aplikasi Halodoc, karena sekarang chat dengan dokter bisa lebih mudah, kapan saja dan di mana saja. 



Referensi:
The Health. Diakses pada 2020. A Step by Step Guide on How to have Sex.
Psychology Today. Diakses pada 2020. When Sex Hurts: Tips and Tricks to Overcome Discomfort.
Women's Health. Diakses pada 2020. 7 Happy Things to Do After Sex to Keep Your Vagina Happy.