Sehat Seperti Atlet, Ini 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Makanan untuk atlet

Halodoc, Jakarta - Makanan untuk atlet merupakan contoh jenis asupan utama yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari oleh semua orang. Hal ini disebabkan karena kesehatan tubuh sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan seperti yang dikonsumsi oleh para atlet sangat disarankan.

Bagi seorang atlet, tuntutan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi. Kondisi ini bisa diperoleh melalui berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, serta yang paling penting adalah dengan konsumsi makanan sehat.

Asupan Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Sama halnya atlet, kita juga membutuhkan makanan-makanan sehat dan bergizi agar dapat beraktivitas dengan lancar sehari-hari. Jika bingung mengenai asupan apa saja yang sebaiknya didapatkan, di bawah ini ada beberapa contoh makanan untuk atlet yang bisa kamu tiru. Yuk, simak lima daftarnya di bawah ini:

1. Karbohidrat sebagai Sumber Energi Terbesar

Bagi setiap orang, konsumsi akan karbohidrat menjadi sangat penting. Pasalnya, zat ini merupakan sumber energi terbesar. Sementara bagi seorang atlet, hal ini menjadi tenaga utama saat latihan. Ketika kebutuhan karbohidrat tubuh tercukupi, zat ini akan disimpan di otot untuk diubah menjadi glikogen. Apabila konsumsi asupan ini tidak tercukupi, seluruh otot tubuh akan mudah lelah sehingga memengaruhi kinerjanya. Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat antara lain nasi, umbi-umbian, roti, sereal, hingga pasta.

2. Protein untuk Aktivitas Otot

Kemampuan otot untuk beraktivitas juga ditentukan oleh asupan protein yang masuk ke dalam tubuh. Protein berguna untuk membantu memperbaiki serta membangun kembali otot-otot setelah berlatih atau berolahraga. Tidak hanya itu, otot juga akan membantu fungsi tubuh saat karbohidrat menurun. Contoh makanan yang mengandung protein yakni telur, ikan, daging ayam, daging sapi, susu, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

3. Lemak sebagai Sumber Energi Jangka Panjang

Lemak berkhasiat sebagai sumber energi dalam jangka panjang. Namun bagaimanapun, memilih lemak tidak boleh sembarangan. Hindari untuk mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi karena memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh. Makanan dengan kandungan lemak yang baik bisa diperoleh dari susu rendah lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak.

4. Air Putih untuk Mencegah Dehidrasi

Konsumsi air putih bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta mencegah tubuh dari dehidrasi (kekurangan cairan). Dehidrasi bukan hanya membuat tubuh haus, melainkan juga bisa menyebabkan kelelahan serta menurunkan fokus dan konsentrasi saat beraktivitas. Idealnya, konsumsi cairan per hari sebanyak 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

5. Sayur dan Buah untuk Asupan Vitamin

Kamu juga harus melengkapi asupan makanan dengan berbagai vitamin, seperti yang dilakukan oleh para atlet. Asupan vitamin bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan, seperti wortel, selada, kentang, jagung, tomat, belimbing, mangga, melon, pepaya, dan masih banyak lagi. Jika bosan, kamu bisa kombinasikan sayur dan buah dalam segelas jus.

Apabila tidak punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk membeli vitamin atau suplemen lainnya di Halodoc, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: