• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sejak Usia Berapa Baiknya Anak Pasang Kawat Gigi?

Sejak Usia Berapa Baiknya Anak Pasang Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sejak Usia Berapa Baiknya Anak Pasang Kawat Gigi?

Halodoc, Jakarta - Beberapa orangtua melihat gigi anaknya tidak rata dan merasa segera memasangkannya kawat gigi agar dapat memberikan manfaat yang baik di masa depan. Meski begitu, ibu atau ayah harus tahu momen yang tepat untuk memasangkan kawat gigi pada anak, terutama usia yang sesuai. Untuk mengetahui lebih tepatnya, baca ulasan berikut ini!

Usia yang Tepat untuk Anak Pasang Kawat Gigi

Tidak semua anak berani untuk melakukan pemeriksaan gigi, seperti halnya penggunaan kawat gigi secara dini. Ortodontik berkaitan dengan banyak masalah pada gigi anak yang berhubungan dengan citra diri. Setiap orangtua sangat peduli terhadap keindahan senyum anaknya, sehingga kesehatan dan kerapihan gigi anak benar-benar diperhatikan dengan cara memasangkan kawat gigi, meskipun tidak murah.

Baca juga: Pakai Behel Gigi, Ini Perawatan yang Dapat Dilakukan

Selain itu, masalah gigi yang bengkok juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada perkembangan bagian mulut anak. Hal ini mampu memengaruhi pernapasan, postur tubuh, dan kebiasaan tidurnya. Memang umumnya penanganan yang dilakukan ada pemasangan kawat gigi, tetapi ada juga beberapa penanganan lainnya untuk memperbaiki kebiasaan yang berpotensi mencegah penggunaan alat tersebut sama sekali.

Namun, pada usia berapakah idealnya anak menggunakan kawat gigi agar hasilnya maksimal?

Sebaiknya anak melakukan evaluasi kesehatan gigi saat usianya mencapai 7 tahun. Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter gigi dengan pelatihan tambahan yang spesialisasinya menyelaraskan dan merapikan gigi, atau ortodontis. Namun, terkait pemasangan kawat gigi pada anak tergantung dari tingkat keparahan dan penyebab ketidaksejajaran gigi anak. Dengan begitu, tindakan yang tepat bisa ditentukan setelahnya.

Sederhananya, perawatan gigi menggunakan kawat dimulai ketika anak sudah kehilangan sebagian besar gigi bayinya dan mayoritas gigi dewasanya sudah tumbuh. Usia untuk hal ini terjadi biasanya antara 8 hingga 14 tahun. Selama waktu ini, perawatan interseptif dan preventif dapat dimanfaatkan guna memastikan pertumbuhan gigi anak sesuai dengan perkembangan yang diinginkan.

Baca juga: 6 Masalah Gigi dan Mulut yang Bisa Diatasi dengan Kawat Gigi

Hingga saat ini, terdapat kesepakatan umum jika seorang anak dengan masalah lengkungan di gigi harus menunggu hingga usianya sekitar 12 tahun. Hal ini untuk memastikan semua gigi bayinya sudah tanggal sebelum dipasangkan kawat gigi. Poin utamanya adalah proses perawatan jauh lebih dapat diprediksi saat gigi dewasa telah tumbuh sepenuhnya agar menghindari perlunya perawatan berulang.

Lalu, apa pertanda anak membutuhkan pemasangan kawat gigi?

Anak hingga usianya mencapai 10 tahun, fase pertumbuhan yang penting untuk membentuk banyak struktur penting di wajah dan kepala terus terjadi. Saat lahir, tengkorak yang terbuat dari bahan yang lebih lembut akan membentuk tulang rawan di persendian tubuh. Saat terus tumbuh, tulang rawan yang ada dapat diubah menjadi tulang yang akan membentuk tengkorak dewasa di bagian kepala.

Gigi atas berhubungan dengan perkembangan tulang di rahang atas. Jika lengkung gigi bagian atas bengkok, hal ini memungkinkan saluran udara bagian atas (sinus) mengalami kram yang menyebabkan anak bernapas melalui mulut. Pernapasan melalui mulut bersamaan dengan beberapa gejala lainnya menandakan anak membutuhkan pemasangan kawat gigi, seperti mendengkur di malam hari, postur tubuh menurun, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata.

Semua gejala tersebut telah dilakukan pengamatan jika seorang anak mengalaminya dapat menunjukkan adanya berisiko gangguan tidur di masa depan, dan potensi kesehatan yang buruk. Maka dari itu, ibu atau ayah diharapkan untuk memeriksakan kesehatan mulut dan gigi anak secara rutin. Dengan begitu, saat ada masalah di area tersebut, penanganan segera dapat dilakukan.

Baca juga: 4 Tips Merawat Kawat Gigi

Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait waktu yang tepat untuk anak memasang kawat gigi, dokter spesialis anak dari Halodoc siap memberikan jawaban sesuai pengalamannya. Caranya mudah sekali, cukup download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan dengan interaksi langsung bersama ahli medis berpengalaman. Jangan ragu lagi, unduh segera aplikasinya!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. What Age Your Child Should Have Orthodontic Braces.
Kids Health. Diakses pada 2021. The Basics of Braces.