• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman Tajam

Selain Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman Tajam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa perbedaan yang dapat terlihat pada manusia dengan hewan, terutama pada tubuhnya. Salah satu yang dapat membedakan adalah hidung, karena tidak semua hewan memiliki bagian tubuh tersebut. Meski tidak punya hidung, beberapa hewan tetap memiliki penciuman yang tajam untuk mendapatkan makanan atau menghindari pemangsanya. Jika ingin tahu lebih jauh, baca ulasan berikut ini!

Hewan Tanpa Hidung Tetapi Memiliki Penciuman Tajam

Seperti yang diketahui, beberapa hewan melakukan evolusi pada bagian tubuhnya dan salah satunya untuk indra penciuman. Ada hewan yang dapat mencium bau dari jarak yang sangat jauh agar dapat mengintai mangsanya untuk dimakan. Selain itu, penciuman yang tajam juga baik agar mampu bertahan hidup. Lalu, hewan apa saja sih yang memiliki penciuman sangat baik? Berikut ini daftarnya:

1. Gajah

Salah satu hewan yang memiliki penciuman tajam adalah gajah. Memang indra penglihatannya lemah, tetapi untuk indra penciuman tidak perlu diragukan lagi. Gajah dapat memanfaatkan kemampuan terbaiknya untuk mencium agar dapat mendeteksi keberadaan air, meski jaraknya sangat jauh. Saat mencium bau, salah satu bagian tubuhnya ini mempunyai jutaan sel reseptor yang dihantarkan ke jaringan lunak pada atap mulut. Dengan cara ini, gajah dapat bertahan hidup.

Baca juga: Inilah 4 Hewan yang Bisa Mendeteksi Datangnya Bencana Alam

2. Ular

Sama seperti gajah, ular memiliki penglihatan yang lemah sehingga lebih mengandalkan indra penciumannya. Faktanya, cara ular untuk mencium bau adalah melalui lidahnya yang biasa dijulurkannya. Lidah ini digunakan untuk mengumpulkan senyawa kimia dari udara dan ditransfer ke organ sensor di dalam tubuhnya. Maka dari itu, saat ular sudah mencium bau, sulit untuk bersembunyi karena ia tidak melihat dengan visual.

3. Hiu

Memang hiu hidup di laut, tetapi penciumannya juga termasuk salah satu yang paling tajam. Hewan laut ini memang dapat mencium aroma darah dalam jarak yang lumayan jauh. Meski begitu, hiu tidak selalu langsung menyergap asal bau darah tersebut seperti yang ditampilkan di film. Jika dibandingkan dengan manusia, indra penciuman dari hewan ini ratusan kali lebih kuat dan memang cara hiu agar dapat bertahan hidup.

Baca juga: Benarkah Anjing dapat Mendeteksi Dini Virus Corona pada Manusia?

4. Beruang

Hewan lainnya yang memiliki penciuman tajam adalah beruang. Beruang dapat menjadi hewan dengan kemampuan yang terbilang lengkap, karena memiliki indra penglihatan dan pendengaran juga untuk melakukan berbagai hal. Indra penciumannya diketahui dapat mendeteksi bau, bahkan jaraknya masih dalam radius 30 kilometer. Maka dari itu, saat berada di hutan ada baiknya untuk berhati-hati terhadap hewan ini.



5. Burung Kiwi

Hewan terakhir yang juga memiliki penciuman tajam adalah burung kiwi. Burung yang berukuran kecil ini memiliki lubang hidung di ujung paruhnya. Fungsi dari penciumannya adalah untuk mendapatkan makanan yang berada di dalam tanam, terutama cacing. Perbedaan dengan burung pada umumnya mungkin terjadi karena hewan ini tidak dapat terbang. Evolusi membuat paruhnya lebih peka terhadap bau agar dapat memakan cacing untuk dimangsa.

Itulah beberapa hewan yang memiliki penciuman tajam. Memang, semua hewan memiliki kemampuan unggulannya tersendiri pada tubuhnya. Saat kamu menemui atau melihatnya dari jarak jauh, ada baiknya untuk berhati-hati. Bukan tidak mungkin secara tiba-tiba hewan tersebut berlari ke arah kamu dengan tujuan yang tidak terduga.

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang hewan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu untuk menjelaskannya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas hanya dengan menggunakan smartphone di tangan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Bali Safari. Diakses pada 2021. Animals with an Exceptional Sense of Smell.
National Geographic. Diakses pada 2021. Four Weird Ways Animals Sense the World.