• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Emping, 4 Makanan Ini Bisa Picu Asam Urat

Selain Emping, 4 Makanan Ini Bisa Picu Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Asam urat adalah salah satu penyakit terbilang umum terjadi di masyarakat Indonesia. Kebiasaan buruk dalam memilih makanan menjadi pemicu terjadinya asam urat. Gangguan ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada sendi hingga sangat sakit saat digerakkan. Hal ini dapat membuat seluruh aktivitas menjadi terganggu.

Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh secara berlebihan. Hal tersebut terjadi karena tubuh juga memproduksinya sendiri. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu asam urat agar dapat menghindarinya. Cara ini juga dapat membuat kamu menghindari kekambuhan jika sudah mengidap penyakit tersebut sebelumnya!

Baca juga: Hindari 5 Makanan Pemicu Asam Urat

Makanan Pemicu Asam Urat yang Harus Dihindari

Penyakit asam urat atau gout adalah bentuk radang sendi yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Gangguan ini terjadi akibat terlalu banyak kandungan asam urat di dalam tubuh dan dapat membentuk kristal pada persendian. Tubuh dapat memproduksi asam urat setelah memecah zat yang disebut dengan purin dan banyak terkandung di dalam beberapa makanan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola asam urat pada tubuh adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dikonsumsi. Fakta yang harus diketahui adalah segala sesuatu yang dikonsumsi dapat memengaruhi seberapa banyak asam urat yang dihasilkan oleh tubuh. Maka dari itu, kamu harus mengetahui makanan apa saja yang dapat menjadi pemicu asam urat sehingga sebaiknya dihindari. Berikut beberapa makanan tersebut:

1. Kerang

Makanan pertama yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat pada tubuh adalah kerang. Jenis makanan laut ini memang memiliki rasa yang khas dan nikmat. Meski begitu, kandungan purin dari kerang benar-benar harus dihindari oleh seseorang dengan gangguan asam urat. Selain kerang, makanan laut lain juga mengandung purin yang tinggi. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi kerang seminimal mungkin jika tidak ingin penyakit pada sendi tersebut kambuh.

2. Daging Merah

Makanan lainnya yang harus dihindari agar tidak menjadi pemicu gangguan asam urat adalah daging merah. Sebenarnya, semua jenis daging mengandung purin, tetapi daging putih umumnya lebih baik daripada daging merah. Beberapa jenis daging merah adalah daging sapi dan daging domba. Alangkah baiknya untuk benar-benar membatasi konsumsi daging merah, terutama jika kamu pernah mengidap penyakit ini sebelumnya. 

Baca juga: Kerang Jadi Makanan Pantang Asam Urat, Ini Sebabnya

3. Makanan Manis

Makanan manis juga termasuk salah satu pemicu terjadinya penyakit asam urat. Kandungan fruktosa yang berasal dari gula untuk menimbulkan rasa manis tersebut dapat merangsang produksi asam urat berlebih di dalam tubuh. Hal ini patut diperhatikan pada seseorang yang memiliki bobot tubuh yang berlebih atau obesitas. Dengan membatasi atau menghindari konsumsi makanan manis, kamu dapat menjaga tubuh untuk terhindar dari gout.

4. Makanan Berlemak

Kamu juga harus membatasi konsumsi makanan berlemak agar kekambuhan dari penyakit asam urat dapat dihindari. Makanan jenis ini dapat membuat seseorang mengalami obesitas yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Hal tersebut membuat fungsi ginjal untuk membuang asam urat terganggu. Akhirnya, zat tersebut menumpuk di dalam tubuh yang mengendap di persendian, sehingga menyebabkan penyakit asam urat kambuh.

Itulah beberapa makanan yang wajib kamu hindari atau hentikan konsumsinya agar penyakit asam urat tidak kambuh. Makanan adalah penyebab utama dari penyakit tersebut sehingga perhatian lebih harus tertuju pada masalah ini.

Baca juga: Ini Alasan Pengidap Asam Urat Harus Hindari Seafood

Lalu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan lainnya yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan akses kesehatan hanya dalam genggaman!

Referensi:
WebMD. DIakses pada 2020. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.
Health. Diakses pada 2020. What Causes Gout? 8 Foods That Trigger Attacks.