Selain Melawan Radikal Bebas, Ini 6 Manfaat Wortel Lainnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain Melawan Radikal Bebas, Ini 6 Manfaat Wortel Lainnya

Halodoc, Jakarta – Wortel masuk dalam jenis sayuran yang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi wortel disebut bisa membantu menjaga kesehatan mata dan mampu melawan serangan radikal bebas, karena memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah peradangan serta kerusakan sel terjadi. 

Rutin mengonsumsi segelas jus wortel akan menjaga tubuh kamu dari serangan penyakit flu. Lantas, selain membantu melawan radikal bebas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari konsumsi wortel? Berikut jawabannya! 

1. Mata Lebih Sehat 

Makanan yang satu ini sudah kesohor dengan manfaat kesehatan untuk mata. Wortel disebut bisa membantu meningkatkan kemampuan mata sekaligus mencegah terjadinya kerusakan. Hal itu berkat kandungan beta karoten pada wortel, yaitu jenis vitamin A yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi retina serta bagian mata lainnya. 

Baca jugaEnggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

2. Bermanfaat untuk Otak 

Belum banyak yang mengetahui manfaat sehat wortel yang satu ini. Rutin mengonsumsi wortel ternyata bisa memberi dampak baik untuk kesehatan otak. Senyawa yang terkandung dalam wortel bisa membantu meningkatkan fungsi otak dengan membuat daya ingat menjadi lebih tajam. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dalam wortel juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit demensia akibat bertambahnya usia. Konsumsi wortel juga bisa membantu menghindari dampak stres oksidatif yang bisa dipicu polusi udara, dan bisa menyebabkan kerusakan sel saraf serta otak.

3. Menjaga Kadar Kolesterol 

Wortel juga memiliki kandungan kalium, yaitu zat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Rutin mengonsumsi wortel berarti baik untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi, dan bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap seimbang. 

Menjaga kadar kolesterol bisa membantu menghindari risiko penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke. Wortel juga dapat meningkatkan sekresi asam empedu, sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Menurunkan Berat Badan

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi wortel, dimakan langsung, dicampur rebusan, salad, hingga dijadikan jus. Nyatanya, mengonsumsi jus wortel sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena memiliki kalori yang rendah. Rutin mengonsumsi jus wortel akan membantu meningkatkan sekresi pada empedu, sehingga metabolisme dalam tubuh pun meningkat. Peningkatan metabolisme ini akan berdampak pada penurunan berat badan. 

Baca juga5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dengan angka kematian yang cukup tinggi. Dan penyakit ini ternyata bisa dicegah dengan konsumsi wortel.  Sel kanker mulai berkembang ketika terdapat sel tidak normal dalam tubuh yang berkembang secara luas dan tidak terkontrol. Kandungan karotenoid yang tinggi pada wortel berperan untuk mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara.

6. Kulit Cerah dan Sehat

Mau punya kulit yang cerah dan sehat? Pastikan untuk selalu memasukkan wortel dalam menu harian kamu. Kandungan nutrisi yang ada pada wortel bisa membantu membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah, serta membantu mengatasi riwayat penyakit kulit, seperti psoriasis atau ruam. Tidak hanya itu, wortel juga memiliki kemampuan untuk merawat kulit akibat paparan sinar matahari sekaligus mempercepat proses penyembuhannya.

Baca juga: 7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Selain dari wortel, kamu juga bisa melengkapi asupan vitamin A untuk menjaga kebugaran tubuh dengan konsumsi suplemen khusus. Biar lebih mudah, beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!