• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Menambah Nafsu Makan, Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Selain Menambah Nafsu Makan, Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sering kali, kencur dan jahe memang sulit dibedakan, karena memang bentuknya yang sangat mirip. Tidak heran, karena keduanya memang merupakan tanaman yang berasal dari famili yang sama, yaitu Zingiberaceae. Namun, kamu tentu bisa membedakannya setelah mencium aromanya, karena baik jahe maupun kencur memiliki aroma khas yang berbeda. 

Manfaat kencur sebagai obat alami memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, sekali lagi, belum banyak orang yang mengetahuinya, lebih banyak yang mengetahui bahwa kencur biasanya digunakan sebagai penyedap rasa masakan dan diolah dengan tambahan beberapa bahan menjadi jamu yang kerap dikenal dengan nama beras kencur. 

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Lalu, apa saja manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari kencur? Berikut di antaranya:

  • Meringankan Diare

Berulang kali ke toilet karena diare tentu sangat tidak menyenangkan. Apalagi, diare yang berkepanjangan bisa membuat kamu dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Selain larutan gula garam, kamu juga bisa mengatasi diare dengan kencur. Kandungan zat sitotoksik pada ekstrak kencur diyakini efektif untuk mengobati diare.

Baca juga: Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur

  • Mencegah Munculnya Karies Gigi

Karies gigi terjadi karena bakteri jenis Lactobacillus acidophilus dalam tubuh. Jika dibiarkan, bakteri ini akan memicu timbulnya kerusakan gigi serius, seperti gigi berlubang dan infeksi yang menyakitkan. Namun, kencur bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri tersebut pada tubuh karena memiliki sifat antimikroba. 

  • Mengobati Batuk Secara Alami

Kamu mengalami batuk yang mengganggu kenyamanan? Coba ringankan dengan mengonsumsi ramuan kencur. Sudah bukan rahasia baru lagi kalau kencur memang digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak dan membuat pernapasan kamu menjadi lebih lega. Bahkan, kabarnya, jamu beras kencur biasa dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum tampil agar kondisi pita suara selalu terjaga. 

Baca juga: Tips Mengolah Kencur untuk Atasi Penyakit

  • Mengurangi Stres

Ini nih, manfaat kencur yang belum banyak orang tahu, yaitu membantu mengurangi stres. Kamu pasti tahu, sebagian besar penyakit terjadi karena stres yang berlebihan dan tidak kunjung mendapatkan penanganan. Bahkan, bukan hanya kesehatan fisik, stres pun bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Namun, sekarang bukan lagi hal sulit untuk mengatasi stres, karena kencur bisa membantu kamu. 

Studi yang dilakukan oleh Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil membuktikan bahwa kencur memiliki sifat antidepresan pada bagian akar dan daunnya. Sifat antidepresan ini disinyalir memberikan efek menenangkan bagi orang yang mengonsumsinya, sehingga banyak dimanfaatkan untuk meringankan perasaan cemas, stres dan gelisah, serta depresi. 

Baca juga: Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?

Namun, jika ternyata masalah kesehatan yang kamu alami tidak kunjung membaik meski sudah mengonsumsi kencur, saatnya kamu bertanya pada dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan memilih fitur Tanya Dokter untuk bertanya pada dokter asli di mana dan kapan saja, atau langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. Jangan menunda, karena masalah kesehatan yang tidak segera mendapatkan penanganan bisa berujung pada komplikasi serius yang mungkin tidak kamu rasakan hingga nanti efeknya terasa pada fase yang lebih lanjut. Yuk, pakai Halodoc sekarang!

Referensi: 
NCBI. Diakses pada 2019. Study of Sedative Activity of Different Extract of Kaempferia Galanga in Swiss Albino Mice.
NCBI. Diakses pada 2019. Toxicity of Crude Rhizome Extract of Kaempferia Galanga L.
IJPPS Journal. Diakses pada 2019. Comparative Evaluation of Antimicrobial and Antioxidant Activites of Kaempferia Galanga for Natural and Micropropagated Plant.