• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Menghibur, Ini 6 Manfaat Menyaksikan Konser Musik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Menghibur, Ini 6 Manfaat Menyaksikan Konser Musik

Selain Menghibur, Ini 6 Manfaat Menyaksikan Konser Musik

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 September 2022

“Menyaksikan konser musik penyanyi atau band kesayangan memang menyenangkan. Selain itu, ada berbagai manfaat konser musik untuk kesehatan fisik dan mental, salah satunya membantu menurunkan stres.”

Selain Menghibur, Ini 6 Manfaat Menyaksikan Konser MusikSelain Menghibur, Ini 6 Manfaat Menyaksikan Konser Musik

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini sudah ada banyak konser musik yang bisa disaksikan oleh masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia. Mulai dari konser musik lokal hingga beberapa artis mancanegara hadir menyajikan hiburan menarik untuk dinikmati. 

Selain menyenangkan karena dapat melihat idola secara langsung, menyaksikan konser musik juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental. Nah, tidak ada salahnya menyimak ulasan mengenai manfaat menyaksikan konser musik berikut ini!

Manfaat Menyaksikan Konser Musik

Minggu lalu ada banyak sekali pilihan konser musik yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari konser musik yang menawarkan penampilan penyanyi atau band lokal hingga beberapa penyanyi atau band dari luar negeri.

Tentunya menyaksikan konser musik penyanyi atau band kesayangan membuat kamu akan menjadi lebih bahagia. Namun bukan hanya menyenangkan, ternyata menyaksikan konser musik juga memicu berbagai manfaat positif untuk kesehatan fisik maupun mental.

Berikut ini manfaat menyaksikan konser musik yang bisa kamu rasakan:

  1. Membantu Membakar Kalori dalam Tubuh

Banyak konser yang menyediakan area penonton tanpa kursi sehingga kamu wajib untuk berdiri. Selain itu, saat menyaksikan konser tentunya kamu akan melakukan berbagai gerakan fisik, seperti melompat dan menari sesuai dengan irama musik yang sedang kamu dengarkan. 

Nah, berbagai gerakan tersebut ternyata bisa membantu kamu membakar kalori dalam tubuh. Meskipun bukan bentuk olahraga secara langsung, tetapi kegiatan ini bisa membantu kamu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan.

  1. Menurunkan Tingkat Stres

Jika kamu merasa penat atau stres karena aktivitas sehari-hari yang cukup padat, tidak ada salahnya untuk mengunjungi konser musik. Menurut penelitian yang ditulis oleh Imperial College London dalam jurnal Public Health, mengunjungi konser musik penyanyi atau band favorit dapat menurunkan produksi hormon kortisol dan berbagai jenis hormon yang bisa memicu stres. Bahkan, menyaksikan konser musik membantu kamu untuk memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Menurunkan Rasa Nyeri

Menyaksikan konser musik bisa membantu kamu meredakan rasa nyeri yang kamu alami. Saat menyaksikan konser otak akan menghasilkan endorfin, neurotransmitter yang bisa meredakan rasa nyeri dan sakit pada tubuh.

  1. Meningkatkan Hubungan Sosial

Menyaksikan konser musik juga membuat kamu terkoneksi dengan sosial dan orang lain. Hal ini membuat hubungan sosial kamu menjadi lebih baik. Tentunya hubungan sosial yang baik juga akan memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan Kemampuan Memori

Mengunjungi konser musik memiliki manfaat yang baik untuk kemampuan memori. Hal ini bisa membantu kamu untuk terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang memengaruhi ingatan, seperti demensia dan alzheimer. 

Menurut penelitian pada jurnal Translational Neurodegeneration, mendengarkan musik bisa dilakukan sebagai salah satu terapi bagi pengidap alzheimer dan demensia. Musik dianggap bisa memperlambat penurunan kognitif akibat penyakit tersebut.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Berenergi

Menyaksikan konser musik bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Saat menikmati musik kesukaan, hal ini dapat membantu kamu untuk menurunkan rasa lelah sehingga tubuh menjadi lebih bersemangat dan berenergi.

Itulah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menyaksikan konser musik. Sebelum menyaksikan konser musik, lakukan berbagai persiapan agar kesehatan tubuh tetap optimal. 

Mulai dari beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi, hingga memenuhi kebutuhan vitamin dengan suplemen. Kamu bisa cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga. Kebutuhan medis yang kamu perlukan akan langsung diantarkan ke lokasi kamu.

Referensi:
Lifehack. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Attending a Concert.
U.S. News Health. Diakses pada 2022. 6 Reasons Going to Concerts Is Good for Your Health.
Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Listening to Music.
Translational Neurodegeneration. Diakses pada 2022. Music Therapy Is a Potential Intervention for Cognition of Alzheimer’s Disease: A Mini-Review.
Science Alert. Diakses pada 2022. Seeing Live Music Could Reduce Your Stress Hormone Levels, Study Finds.