19 March 2019

Selain Obat, Bisakah Edema Paru Diatasi dengan Perubahan Pola Makan?

Selain Obat, Bisakah Edema Paru Diatasi dengan Perubahan Pola Makan?

Halodoc, Jakarta –  Edema paru adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kelebihan cairan di paru-paru. Cairan ini terkumpul di banyak kantong udara di paru-paru, sehingga sulit bernapas. Dalam kebanyakan kasus, masalah jantung menyebabkan edema paru. Tapi, cairan dapat menumpuk karena alasan lain, termasuk pneumonia, paparan racun dan obat-obatan tertentu, trauma pada dinding dada, dan mengunjungi atau berolahraga di tempat tinggi.

Edema paru yang terjadi tiba-tiba (edema paru akut) adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera. Edema paru terkadang bisa berakibat fatal, namun prospeknya membaik jika dirawat dengan cepat. Perawatan untuk edema paru bervariasi tergantung pada penyebabnya, namun umumnya, termasuk tambahan oksigen dan obat-obatan.

Baca juga: Apakah Edema Paru Menular?

Mencegah kondisi dan situasi yang menyebabkan edema paru dapat membantu menjaga agar penyakit ini tidak berkembang. Ini juga termasuk mengganti pola hidup menjadi lebih sehat, termasuk pola makan. Berikut perubahan yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ataupun membantu mengurangi risiko edema paru.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama edema paru. Kamu dapat mengurangi risiko berbagai jenis masalah jantung dengan mengikuti saran berikut:

1. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan kondisi serius, seperti stroke, penyakit kardiovaskular, dan gagal ginjal. Dalam banyak kasus, kamu dapat menurunkan tekanan darah atau mempertahankan tingkat kesehatan dengan berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, makan-makanan kaya buah-buahan segar, sayuran, produk susu rendah lemak, serta membatasi garam dan alkohol.

2. Awasi Kolesterol Darah

Kolesterol adalah salah satu dari beberapa jenis lemak yang penting untuk kesehatan yang baik. Tapi, terlalu banyak kolesterol bisa menjadi hal yang terlalu baik. Kadar kolesterol yang lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan terbentuknya timbunan lemak di arteri, menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah.

Tapi, perubahan gaya hidup seringkali dapat menjaga kadar kolesterol rendah. Perubahan gaya hidup dapat termasuk membatasi lemak (terutama lemak jenuh), makan lebih banyak serat, ikan, dan buah-buahan dan sayuran segar, berolahraga secara teratur, berhenti merokok; dan menghindari konsumsi alkohol terlalu banyak.

Baca juga: Kenali Kondisi Kesehatan Melalui Warna Dahak

3. Makan-Makanan yang Menyehatkan Jantung

Makan makanan sehat yang rendah garam, gula, serta lemak padat dan kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Batasi Garam

Sangat penting untuk menggunakan lebih sedikit garam (natrium) jika kamu memiliki penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Pada beberapa orang dengan fungsi ventrikel kiri yang rusak parah, kelebihan garam mungkin cukup untuk memicu gagal jantung kongestif.

Jika kamu kesulitan mengurangi garam, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi. Ia dapat membantu menunjukkan makanan rendah sodium dan juga menawarkan tips untuk membuat diet rendah garam menarik dan enak.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga sangat penting untuk jantung yang sehat. Olahraga aerobik yang teratur sekitar 30 menit sehari membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol serta mempertahankan berat badan yang sehat. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah perlahan dan bangun secara bertahap. Pastikan kamu mendapat persetujuan dokter sebelum memulai program olahraga.

Baca juga: 3 Komplikasi Akibat Edema Paru

6. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Di sisi lain, bahkan kehilangan sedikit saja berat badan dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol dan mengurangi risiko diabetes.

7. Kelola Stres

Untuk mengurangi risiko masalah jantung, cobalah untuk mengurangi tingkat stres. Temukan cara sehat untuk meminimalkan atau menangani peristiwa yang membuat stres dalam hidup.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai edema paru bisa diatasi dengan perubahan pola makan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.