• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

Selain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Juli 2022

“Selain menggunakan obat, ada beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak cairan.”

Selain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak di TenggorokanSelain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Dahak merupakan cairan lengket dan kental yang menumpuk pada tenggorokan. Cairan ini umumnya muncul ketika seseorang mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem respirasi. Misalnya seperti alergi, pilek, flu atau batuk kronis yang tak kunjung reda. Munculnya dahak dapat menimbulkan ketidaknyamanan sehingga perlu segera diatasi. 

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dahak adalah dengan menggunakan obat. Namun, tak hanya itu, selain obat nyatanya ada beberapa perawatan rumahan yang juga dapat menghilangkannya.  Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Ini Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan 

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan selain minum obat: 

1. Konsumsi Lebih Banyak Cairan

Cairan, khususnya yang hangat dapat membantu mengencerkan lendir dan membantu membersihkan lendir di dada dan hidung. Alhasil, lebih banyak mengonsumsi cairan, terutama minuman hangat dapat meredakan penumpukan dahak yang menumpuk. 

2. Menggunakan Humidifier 

Pelembap udara atau humidifier juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Sebab, melembapkan udara di sekitar menggunakan humidifier dapat membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, serta mengurangi produksi dahak berlebih. 

3. Konsumsi Asupan yang Baik untuk Pernapasan

Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang baik untuk pernapasan. Misalnya seperti asupan yang mengandung lemon, jahe, atau bawang putih. Sebab, menurut survei tahun 2018 silam, beberapa asupan tersebut dikabarkan dapat membantu mengobati pilek, batuk, dan lendir berlebihan pada tenggorokan. Meski begitu, penelitian lebih mendalam masih dibutuhkan guna mengetahui efektivitasnya. 

4. Menggunakan Minyak Esensial 

Beberapa jenis aroma minyak esensial dapat membantu mengencerkan lendir di dada. Misalnya seperti minyak peppermint dan minyak kayu putih yang juga biasa digunakan sebagai dekongestan alami. Untuk menggunakannya, kamu bisa menyebarkan aroma minyak ke udara menggunakan perangkat diffuser untuk dihirup.

5. Berkumur dengan Air Garam 

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak di bagian belakang tenggorokan. Menariknya lagi, hal ini juga dipercaya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Jika kamu ingin mencoba, sebaiknya gunakan air hangat karena lebih cepat melarutkan air garam. Nah, kamu bisa mencampurkan secangkir air dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. 

Itulah beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan selain menggunakan obat. Mulai dari mengonsumsi lebih banyak cairan, menggunakan humidifier, hingga berkumur dengan air garam. Selain beberapa cara itu, ada juga cara lain yang juga dapat dicoba. Salah satunya adalah mandi menggunakan air hangat. 

Namun, jika cara tersebut tak kunjung meredakan dahak, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter. Nah, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan diri melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 8 Ways to Get Rid of Mucus in Your Chest. 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try. 
JPBS. Diakses pada 2022. Worldwide Preferences for Natural Remedies for “Nervousness” and Common Colds