• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Operasi, Bagaimana Cara Mengobati Hernia?

Selain Operasi, Bagaimana Cara Mengobati Hernia?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Selain Operasi, Bagaimana Cara Mengobati Hernia?

Halodoc, Jakarta - Hernia merupakan kondisi saat organ dalam tubuh menonjol ke permukaan kulit akibat lemahnya dinding otot yang melapisinya. Kondisi tersebut dapat berkembang semakin parah, dan menimbulkan keluhan seperti rasa tidak nyaman, bahkan kesulitan buang air besar. Meski terlihat parah, di awal munculnya gejala, penyakit dapat diatasi tanpa melakukan prosedur operasi. Berikut ini tips mengatasi hernia tanpa operasi:

Baca juga: Dokter Spesialis Apakah yang Menangani Hernia?

1. Mengubah Pola Makan

Mengatasi hernia tidak melulu dilakukan dengan operasi. Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah mengubah pola makan. Hal tersebut dikarenakan, beberapa gejala hernia dapat dipicu oleh makanan, seperti asam lambung dan sembelit. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat juga mampu meringankan gejala yang muncul. Berikut ini pola makan sehat yang disarankan:

  • Memenuhi kebutuhan serat dan air untuk mengatasi sembelit.
  • Memenuhi asupan yoghurt, susu nabati, dan gandum utuh.
  • Makan dalam porsi kecil, tetapi sering. Kamu bisa membagi porsi makan menjadi 5–6 kali sehari.
  • Jangan langsung tidur atau rebahan setelah makan.
  • Jangan konsumsi makanan yang mampu memicu asam lambung, seperti makanan asam, berlemak, dan makanan siap saji.

2. Rutin Berolahraga

Saat hernia muncul, rutin berolahraga dapat membuat otot-otot di sekitar hernia menjadi lebih kuat. Berolahraga juga mampu menurunkan berat badan, sehingga gejala hernia yang dialami dapat berkurang. Hal yang perlu diketahui adalah, tidak semua olahraga dapat meredakan hernia. Kamu harus menghindari olahraga angkat beban atau sejenisnya agar perut tidak menerima tekanan berlebihan.

Olahraga yang cocok untuk pengidap kondisi ini adalah yoga. Namun sebelum melakukannya, kamu bisa diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk memastikan jika hal tersebut aman dilakukan.

3. Mengonsumsi Obat yang Diresepkan Dokter

Langkah mengatasi hernia yang satu ini dilakukan pada pengidap hernia hiatus. Kondisi tersebut ditandai dengan menonjolnya bagian lambung ke arah atas dekat dada. Obat yang dikonsumsi bertujuan untuk meredakan gejala asam lambung, sehingga rasa nyeri pun berkurang.

4. Lakukan Diet Sehat

Mengatasi hernia selanjutnya dapat dilakukan dengan diet sehat dengan mengurangi porsi makan, juga mengonsumsi makanan yang disarankan seperti pada poin 1. Hal tersebut dikarenakan, obesitas menjadi salah satu faktor risiko hernia yang utama, sekaligus menjadi kondisi yang dapat memperlambat proses penyembuhan. Mengurangi porsi makan dilakukan bersamaan dengan menambah frekuensi makan. Artinya, makan dalam porsi sedikit tetapi sering. 

5. Menggunakan Kompres Es

Hernia akan memicu munculnya sejumlah gejala, seperti kemerahan akibat peradangan, dan rasa nyeri pada area tersebut. Jika kamu mengalami sejumlah gejalanya, disarankan untuk mengompres area tersebut dengan kompres dingin. Kompres dingin dipercaya mampu membantu otot yang kendur kembali berkontraksi, sehingga peradangan di jaringan yang sakit pun akan berkurang.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Hernia

Hernia Dapat Kembali Muncul, Cegah dengan Langkah Ini

Tidak semua hernia dapat dicegah. Namun, beberapa langkah berikut ini dapat dilakukan untuk menurunkan risiko munculnya hernia untuk kedua kalinya:

  • Berhenti merokok.
  • Periksakan diri jika mengidap batuk yang tak kunjung sembuh. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko jebolnya organ dalam ke permukaan kulit.
  • Menjaga berat badan ideal dengan diet sehat.
  • Jangan mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Perbanyak konsumsi serat untuk mencegah sembelit.
  • Perkuat otot perut dengan berolahraga secara teratur.
  • Jangan mengangkat barang terlalu berat.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Gejala Hernia pada Bayi

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila gejala hernia sudah mulai muncul. Semakin cepat hernia diatasi, maka semakin cepat juga kondisi kamu bisa membaik.

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2021. Hernia.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Hernia.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Want to Know About a Hernia.
WebMD. Diakses pada 2021. Understanding Hernia -- the Basics.