• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Rokok, Ini 4 Penyebab Infertilitas Pria yang Sering Diabaikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Rokok, Ini 4 Penyebab Infertilitas Pria yang Sering Diabaikan

Selain Rokok, Ini 4 Penyebab Infertilitas Pria yang Sering Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 November 2022

“Bukan hanya merokok, kebiasaan lain, seperti mengonsumsi alkohol, jarang berolahraga, atau menggunakan obat terlarang bisa menjadi penyebab infertilitas pria. Sebaiknya, hentikan kebiasaan tersebut sesegera mungkin.”

Selain Rokok, Ini 4 Penyebab Infertilitas Pria yang Sering DiabaikanSelain Rokok, Ini 4 Penyebab Infertilitas Pria yang Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Gangguan kesuburan atau infertilitas pria menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan pasangan suami istri kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Ada berbagai hal yang meningkatkan risiko pria mengalami gangguan ini, salah satunya kebiasaan merokok.

Bukan hanya merokok, nyatanya masih ada kebiasaan lainnya yang menjadi penyebab gangguan kesuburan pada pria. Sebaiknya ketahui berbagai pemicunya agar kamu dapat menghentikan kebiasan ini sehingga kesuburan meningkat.

Apa Itu Gangguan Kesuburan pada Pria?

Infertilitas pria adalah gangguan reproduksi yang menyebabkan pasangan sulit untuk mendapatkan kehamilan. Tanda utama dari infertilitas pada pria adalah ketidakmampuan seorang pria untuk melakukan proses pembuahan.

Selain itu, ada beberapa tanda lain, seperti:

  • Adanya ketidakseimbangan hormon.
  • Pembuluh darah yang melebar di sekitar testis.
  • Kesulitan ejakulasi.
  • Menurunnya gairah seksual.
  • Kesulitan mempertahankan ereksi.
  • Nyeri dan pembengkakan pada benjolan di area testis.
  • Infeksi pernapasan berulang.
  • Pertumbuhan payudara yang tidak normal.
  • Jumlah sperma yang lebih rendah dari normal.

Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit pilihan menggunakan aplikasi Halodoc jika kamu mengalami keluhan terkait dengan infertilitas. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Penyebab Infertilitas pada Pria

Saat kondisi normal, pria akan menghasilkan sperma yang sehat dengan motilitas yang baik sehingga bisa bertemu dengan sel telur dan melakukan proses pembuahan. Gangguan kesuburan yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah biologis hingga lingkungan.

Penyakit seperti varikokel, infeksi, hingga gangguan keseimbangan hormon bisa menyebabkan seorang pria mengalami infertilitas. Namun, selain penyakit, nyatanya ada kebiasaan yang menjadi penyebab infertilitas pria, salah satunya merokok.

Pria yang memiliki kebiasaan merokok berisiko besar mengalami penurunan konsentrasi sperma, penurunan motilitas, kelainan bentuk sperma, hingga risiko peningkatan kerusakan DNA sperma. Untuk itu, segera hentikan kebiasaan merokok jika kamu sedang merencanakan kehamilan bersama pasangan.

Bukan hanya merokok, kebiasaan ini juga perlu dihindari karena dapat menjadi penyebab infertilitas pada pria, yaitu:

1. Mengonsumsi Alkohol 

Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan ini karena dapat menyebabkan gangguan kesuburan. 

Pria yang mengonsumsi alkohol berlebihan dapat mengalami penurunan kadar testosteron, mengurangi produksi sperma, ejakulasi dini, hingga menurunkan kualitas sperma.

2. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga dapat menyebabkan pria mengalami obesitas. Sedangkan, obesitas menjadi salah satu pemicu yang membuat pria mengalami gangguan kesuburan. 

Jadi, pastikan kamu rutin berolahraga agar terhindar dari kondisi obesitas sehingga kesehatan reproduksi menjadi semakin sehat.

3. Menggunakan Obat Terlarang

Hindari penggunaan obat-obatan terlarang. Selain dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh, kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Penggunaan kokain dan ganja dapat menurunkan kualitas sperma.

4. Terlalu Lama Berendam dalam Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat menjadi salah satu hal yang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama ketika berendam di air hangat.

Kebiasaan ini dapat meningkat suhu testis menjadi lebih panas. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada kualitas sperma yang memicu gangguan kesuburan. Jadi, perhatikan suhu air yang akan kamu gunakan untuk berendam.

Itulah beberapa kebiasaan yang perlu kamu hentikan atau hindari untuk meningkatkan kualitas kesehatan reproduksi. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan yang bernutrisi agar kesehatan tubuh dapat optimal secara menyeluruh.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Male Infertility.
Very Well Family. Diakses pada 2022. What Impact Does Male Smoking Have on Sperm and Fertility?
Healthline. Diakses pada 2022. Does Alcohol Kill Sperm? And Other Fertility Facts.