• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain untuk Istirahat, Ini Manfaat Sehat Mengambil Cuti

Selain untuk Istirahat, Ini Manfaat Sehat Mengambil Cuti

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Selain untuk Istirahat, Ini Manfaat Sehat Mengambil Cuti

Halodoc, Jakarta – Di tengah banyaknya pekerjaan, kamu mungkin berpikir mengambil cuti untuk beristirahat sejenak. Memang, salah satu manfaat dari mengambil cuti adalah beristirahat dari pekerjaan dan aktivitas harian. Namun, selain untuk istirahat, ternyata ada sederet manfaat sehat cuti bekerja. Cuti disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental secara keseluruhan. 

Saat cuti bekerja, tubuh dan pikiran akan sama-sama beristirahat dan “terbebas” dari rutinitas. Nah, hal itulah yang disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Kamu bisa mengambil cuti satu hari- atau lebih lama, untuk membantu menghindari stres kerja hingga menurunkan risiko penyakit. Biar lebih jelas, cari tahu apa saja manfaat sehat mengambil cuti di artikel berikut! 

Baca juga: Pentingnya Istirahat Sebelum Kembali Bekerja Pasca Libur Panjang

Manfaat Cuti Kerja untuk Kesehatan 

Cuti kerja nyatanya bisa memberi manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Ada beberapa manfaat sehat mengambil cuti, di antaranya: 

  • Kestabilan Mental 

Salah satu manfaat mengambil cuti kerja adalah menjaga kesehatan dan kestabilan mental. Tumpukan pekerjaan dan rutinitas bisa meningkatkan risiko stres. Ada penelitian juga yang menyebut bahwa orang yang jarang mengambil cuti memiliki risiko lebih tinggi mengalami depresi. Nah, cuti bekerja bisa membantu menurunkan risiko tersebut.

Baca juga: 5 Tips Efektif untuk Mengatasi Jenuh dalam Bekerja

  • Tidur Lebih Berkualitas 

Stres karena bekerja nyatanya bisa memengaruhi kondisi fisik, salah satunya menyebabkan kualitas tidur buruk. Semakin lama, hal ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengambil cuti, kamu bisa memperbaiki pola tidur agar lebih teratur dan sehat. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat fokus dan produktivitas saat bekerja. 

  • Menurunkan Risiko Penyakit 

Saat ini, banyak pekerja yang menghabiskan waktu menjalani gaya hidup sedentary. Artinya, lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau kurang bergerak. Kabar buruknya, hal itu ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit, termasuk gangguan pada jantung. Dengan mengambil cuti kerja, kamu bisa melakukan hal-hal yang berbeda, seperti berolahraga atau pergi berlibur sehingga risiko penyakit akibat terlalu banyak duduk diam saat bekerja bisa dikurangi. 

  • Meningkatkan Imunitas 

Penurunan risiko penyakit juga bisa didapat jika imunitas tubuh terjaga dengan baik. Nah, cuti kerja bisa menjadi salah satu cara meningkatkan imunitas alias sistem kekebalan tubuh. Sebagai contoh, saat sibuk bekerja dan mengalami stres, kamu akan mengalami perasaan tertekan dan hal itu bisa memengaruhi imunitas. Semakin lama, hal ini bisa membuat sistem imun semakin menurun dan tubuh menjadi lebih mudah sakit. 

  • Lebih Kreatif dan Memulihkan Energi 

Mengambil waktu jeda atau cuti kerja bisa meningkatkan kreativitas. Sebab, cuti dan berlibur bisa mengistirahatkan otak dan membuat pikiran menjadi lebih jernih. Selain itu, cuti kerja juga bisa membantu memulihkan energi dan kondisi mental sehingga bisa bekerja dengan baik. 

  • Lebih Menerima 

Mau tahu manfaat lain dari cuti kerja? Kamu bisa lebih menerima dan mencintai pekerjaan, serta memperbaiki hubungan dengan orang sekitar. Cuti satu hari bisa mengubah sudut pandang dan membuat semuanya terlihat lebih jernih. Hubungan dengan rekan kerja pun akan membaik saat diberi jeda. Sebaliknya, memaksakan diri untuk terus bekerja saat stres malah bisa membuat pikiran memburuk dan berdampak pada penurunan produktivitas, bahkan bisa membenci pekerjaan. 

Baca juga: 4 Tanda Harus Cuti Kerja Sekarang Juga

Kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan menerapkan pola hidup sehat, makan bergizi, dan berolahraga. Lengkapi juga dengan konsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Pesanan obat akan dikirim ke rumah dalam waktu singkat. Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. When You Should Take a Mental Health Day. 
Psychology Today. Diakses pada 2021. Give Yourself The Day Off!
Thrive Global. Diakses pada 2021. 5 Reasons Why Taking Time Off Work is Good for You. 
Inc.com. Diakses pada 2021. A Day of Rest: 12 Scientific Reasons It Works.