• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain untuk Kesuburan, Inilah Manfaat Konsumsi Tauge

Selain untuk Kesuburan, Inilah Manfaat Konsumsi Tauge

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mendambakan kehadiran sang buah hati. Ketika pasangan berencana memiliki anak, maka kesuburan adalah hal yang diutamakan. Nah, tauge adalah jenis kecambah yang mampu meningkatkan kesuburan. Anggapan ini bukan cuma mitos belaka. Tauge mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, B1, B6, K, dan A. Selain itu, tauge juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3.

Jika dikonsumsi secara teratur, tauga dinilai meningkatkan kualitas sperma. Dikutip dari Health Benefits, kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha mampu meningkatkan kesuburan pria. Vitamin E juga termasuk antioksidan untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sehingga, sel telur dan sperma terlindungi dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Selain meningkatkan kesuburan, ada berbagai manfaat lain yang bisa diperoleh dari tauge, di antaranya:

Baca Juga: 7 Buah untuk Melancarkan Pencernaan

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Dilansir dari Live Strong, tauge bersifat basa, sehingga baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung yang otomatis meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada tauge juga mampu meningkatkan kontraksi saluran usus, sehingga buang air besar akan tetap lancar. 

  1. Menyehatkan Kulit

Tauge mampu memberikan manfaat kecantikan melalui kandungan vitamin E nya. Kandungan vitamin E di dalam tauge yang cukup tinggi dapat menyegarkan dan melembutkan kulit. Seperti yang telah disebut sebelumnya, vitamin E merupakan antioksidan untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas. Antioksidan ini juga mampu membuat kulit tampak lebih muda. Selain itu, tauge mengandung protein yang diperlukan untuk kesehatan kulit.

  1. Mencegah Penyakit Jantung 

Stroke dan serangan jantung adalah jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh peningkatan kadar lemak darah. Tauge memiliki manfaat yang luar biasa untuk menangani masalah ini. Saponin yang terkandung dalam tauge mampu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) memengaruhi kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Jaga Jantung agar Tetap Sehat dengan 8 Makanan Ini

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tauge adalah kecambah yang mengandung lemak yang sangat rendah. Secangkir tauge mengandung  0,11 gram lemak. Itulah alasan mengapa tauge baik dikonsumsi ketika kamu sedang menjalani diet. Selain membantu menurunkan berat badan, tauge mampu mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2. 

Kalau kamu sedang menjalani diet namun kesulitan untuk menurunkan berat badan, kamu bisa berdiskusi dengan ahli gizi melalui aplikasi Halodoc terkait cara-cara diet sehat yang efektif untuk dilakukan. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

  1. Mencegah Anemia

Tauge kaya akan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh. Hemoglobin adalah protein yang terkandung dalam sel darah merah. Oleh karena itu, konsumsi tauge mampu mengurangi risiko alami anemia. Tauge juga dikemas dengan vitamin C yang mendorong penyerapan zat besi melalui usus. Sebagai hasilnya, vitamin C membantu untuk mengobati atau bahkan menghentikan anemia yang disebabkan karena kurangnya zat besi.

Baca Juga: Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

  1. Mencegah Gangguan Menstruasi

Kandungan de-oksidasi dalam tauge mampu meningkatkan aliran darah dan menetralisir faktor-faktor yang membantu munculnya penyakit. Wanita yang sering mengonsumsi kecambah sebelum mengalami menstruasi bulanan kemungkinan terhindar dari masalah selama menstruasi. Vitamin E yang terkandung dalam tauge juga dapat mencegah gangguan panas yang dirasakan selama masa pra menopause.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tauge. Jangan lupa untuk menyeimbangkan nutrisi lainnya dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Referensi :

Live Strong. Diakses pada 2020. Bean Sprouts Are Healthy, but You Might Not Want to Eat Them Raw.

Health Benefits. Diakses pada 2020. Health benefits of Bean Sprouts.