Sembelit Bisa Jadi Gejala Kanker Langka, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
 sembelit ternyata kanker,  TUmor Sel Germinal

Halodoc, Jakarta - Tumor sel germinal merupakan salah satu penyebab kanker langka yang terjadi. Mungkin kamu belum mengenal tentang penyakit yang satu ini, dan apa yang terjadi ketika seseorang mengidap kondisi ini. Ada banyak jenis tumor sel germinal, dan beberapa dapat berubah menjadi kanker. Nah, apakah sembelit dapat dikaitkan dengan kehadiran kanker langka tersebut?

Baca juga: Kanker Langka, Ketahui Penyebab Terkena Neuroblastoma

Pada sebagian besar kasus tumor sel germinal, tidak selalu diketahui apa yang menjadi penyebabnya.  Hal ini dipengaruhi oleh sekelompok sel germ yang tumbuh dengan tidak normal. Sel germ ini kemudian membentuk tumor pada bagian tubuh yang terkena, biasanya terjadi pada testis dan ovarium. Namun, pada kasus yang jarang, sel tumor yang satu ini juga bisa menyerang bagian dada, otak, perut, punggung bagian bawah, dan juga panggul.

Sembelit Bisa Jadi Gejala Kanker Langka, Benarkah?

Gejala yang muncul pada pengidap tumor sel germinal akan tergantung pada lokasi tumbuhnya tumor. Jika tumor tumbuh pada bagian dekat panggul, gejala meliputi sembelit dan susah buang air kecil. Selain itu, gejala dapat ditunjukkan dengan:

  • Jika tumor tumbuh di testis, akan ditandai dengan gejala pembengkakan pada testis yang disertai dengan rasa nyeri parah.

  • Jika tumor tumbuh di ovarium, akan ditandai dengan gejala nyeri panggul, perut kembung, mual, pendarahan pada vagina, dan merasa kenyang lebih cepat.

  • Jika tumor tumbuh di area perut, akan ditandai dengan gejala pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri yang hebat.

  • Jika tumor tumbuh di payudara, akan ditandai dengan gejala demam tinggi, ruam kemerahan, serta keluarnya di cairan dari dalam puting karena adanya infeksi.

  • Jika tumor tumbuh di area punggung bawah, akan ditandai dengan gejala kelemahan pada kaki.

  • Jika tumor tumbuh di area paru-paru, akan ditandai dengan gejala napas pendek, susah bernapas, serta mengi.

Jadi berhati hatilah bisa jadi yang kamu pikir hanya sembelit, ternyata gejala kanker. Maka jika sejumlah gejala di atas kamu temui, segera temui dokter di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc, ya. Jangan sampai terlambat mendiagnosis, karena tumor langka ini dapat sembuh total jika kamu melakukan penanganan dengan tepat.

Baca juga: Ini Langkah-Langkah Pengobatan untuk Atasi Kanker Testis 

Apa yang Jadi Penyebabnya?

Tumor sel germinal yang langka ini dapat terjadi karena perubahan gem sel yang tumbuh dan menyebar di luar kendari. Akhirnya, sel-sel ini berubah menjadi kanker, dan dalam kasus yang jarang terjadi, tumor ini akan berkembang menjadi kanker langka. Sampai saat ini, belum diketahui apa yang menjadi pemicu terjadinya perubahan tersebut. Namun, seseorang akan mengidap tumor yang satu ini jika memiliki sejumlah kondisi, seperti:

  • Testis yang tidak turun. Kondisi ini merupakan penyakit di mana salah satu atau kedua testis tidak turun ke skrotum sebelum dilahirkan.

  • Mengidap kelainan bawaan lahir pada sistem saraf pusat, alat kelamin, tulang belakang bagian bawah, dan saluran kemih.

  • Mengidap penyakit genetik di mana kromosom seks bertambah atau hilang. Penyakit tersebut, termasuk sindrom Klinefelter atau sindrom Turner.

Baca juga: Mengidap Neuroblastoma, Tubuh Akan Mengalami Ini 

Penanganan yang dilakukan akan tergantung pada jenis tumor serta lokasi tumbuhnya tumor. Jika penanganan telat dilakukan dan tumor sudah menyebar, penanganan akan didasari pada usia dan seberapa parah kondisi yang dialami. Jika dirasa sudah parah, pengidap akan memerlukan lebih satu penanganan. Untuk itu, jangan sampai telat untuk mendiagnosis jika kamu menemukan sejumlah gejalanya, ya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. What Are Germ Cell Tumors?
Kids Health. Diakses pada 2019. Germ Cell Tumors.