• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sembelit saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan 8 Makanan Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sembelit saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan 8 Makanan Ini

Sembelit saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan 8 Makanan Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 April 2022

“Ada beberapa jenis makanan penyebab sembelit yang perlu dihindari saat sedang berpuasa. Beberapa makanan tersebut yaitu keripik, pisang, nasi, makanan berminyak, kue kering, daging merah, dan produk susu.”

Sembelit saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan 8 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Sembelit dan perut kembung menjadi jenis gangguan pencernaan yang umum dialami saat berpuasa. Sembelit bukanlah hal sepele yang bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kondisi tersebut dapat berdampak fatal pada tubuh, sehingga mengganggu kelancaran berpuasa.

Sembelit atau konstipasi akan menimbulkan rasa sakit yang membuat pengidapnya merasa tidak nyaman melakukan aktivitas. Untuk mencegahnya, kamu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab sembelit:

1. Keripik

Makanan penyebab sembelit yang pertama adalah keripik. Jenis makanan ringan ini umumnya dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Siapa yang tidak ketagihan dengan rasa gurih yang dimiliki. Namun, keripik tidak mengandung serat, sehingga kamu akan mengalami sembelit jika terlalu banyak mengonsumsinya.

2. Pisang Mentah

Pisang menjadi makanan penyebab sembelit selanjutnya. Pisang mentah memiliki kandungan pati yang tinggi, sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Di dalamnya juga terkandung pektin yang dapat menarik air dari usus, sehingga memperburuk gejala sembelit yang kamu alami.

3. Nasi

Di Indonesia, nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti nasi goreng, nasi uduk, dan lain-lain. Namun, kandungan tinggi pati di dalamnya bertindak sebagai pengikat feses. Apabila mengonsumsinya secara berlebihan saat buka puasa atau sahur, maka kamu berisiko tinggi terserang sembelit.

4. Makanan Berminyak

Makanan penyebab sembelit selanjutnya adalah makanan berminyak. Makanan ini cenderung dijadikan sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Padahal, minyak dapat menghancurkan serat dalam makanan. Jika terlalu sering dikonsumsi, gerak usus akan terhambat, sehingga kamu rentan terkena sembelit. 

5. Kue Kering

Kue kering memiliki kandungan serat dan cairan yang sangat rendah. Sedangkan cairan dan serat adalah dua zat penting yang diperlukan tubuh untuk melancarkan BAB. Kandungan gula dalam kue kering pun biasanya sangat tinggi, sehingga risiko terserang konstipasi atau sembelit menjadi semakin tinggi.

6. Daging Merah

Makanan penyebab sembelit selanjutnya adalah daging merah. Di dalamnya mengandung tinggi lemah, sehingga saluran pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk memprosesnya. Selain itu, daging merah mengandung serat protein keras dan zat besi yang dapat meningkatkan risiko sembelit.

7. Produk Susu

Produk susu dalam jumlah besar seperti susu, keju, yoghurt, dan es krim dapat meningkatkan risiko sembelit. Sejumlah kondisi tersebut dikaitkan dengan tingginya kadar protein dan laktosa di dalam susu. Alih-alih mengonsumsi susu, sebaiknya kamu minum teh herbal dengan kandungan yang lebih sehat.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab sembelit yang terakhir adalah makanan cepat saji. Di dalamnya mengandung rendah serat dan tinggi lemak, yang berkontribusi terhadap sembelit. Alih-alih mengonsumsi makanan cepat saji, kamu bisa menggantinya dengan ubi jalar dengan kandungan tinggi serat larut yang dapat mencegah sembelit.

Itulah beberapa makanan penyebab sembelit yang perlu kamu hindari saat sahur dan berbuka. Jika mengalami kendala saat berpuasa, segera diskusikan dengan dokter agar masalah lebih cepat diatasi. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 7 Foods That Can Cause Constipation.
MedicineNet. Diakses pada 2022. 15 Foods That Cause Constipation.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 7 Foods to Avoid for Constipation Relief.