• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sembelit Tak Kunjung Membaik? Atasi dengan 7 Makanan Ini

Sembelit Tak Kunjung Membaik? Atasi dengan 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Sembelit Tak Kunjung Membaik? Atasi dengan 7 Makanan Ini

“Sembelit dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti misalnya perut kembung, sakit perut, hingga mengejan terlalu keras saat buang air besar. Gangguan kesehatan yang satu ini tentunya dapat menghambat aktivitas bila tidak segera ditangani.  Sembelit sebenarnya tidak harus diatasi dengan obat-obatan pencahar saja. Sebab ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi sebagai obat sembelit alami.”

Halodoc, Jakarta – Sembelit adalah gangguan kesehatan yang terjadi Ketika feses bergerak terlalu lambat dalam sistem pencernaan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan feses menjadi keras dan kering, sehingga sulit dikeluarkan dari rektum. Penyebabnya pun beragam, mulai dari perubahan pola makan, kurangnya aktivitas fisik, gangguan psikis, hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.

Namun, seseorang yang mengalami sembelit atau konstipasi pasti menjadi kewalahan akibat keluhan yang mereka rasakan. Misalnya seperti sakit perut, perut kembung, hingga perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman tersebut, sebenarnya tidak harus selalu diatasi dengan obat-obatan pencahar. Sebab beberapa cara alami dapat dilakukan guna mengatasi perut yang sembelit. Salah satunya melalui mengonsumsi beberapa jenis makanan. Penasaran apa saja makanan tersebut? Simak informasinya di sini!

Baca juga: Ternyata, Konstipasi Dapat Menjadi Gejala dari 2 Penyakit Ini

Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit

Berikut ini adalah berbagai makanan yang dapat mengatasi ketidaknyamanan sembelit, antara lain:

  1. Apel

Buah yang satu ini kaya akan serat sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan sembelit. Melansir dari Healthline, satu buah apel kecil (149 gram) mengandung sekitar 3,6 gram serat. Kandungan serat pada apel tersebut berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan, membantu pembentukan tinja, hingga meningkatkan kualitas buang air besar agar lebih teratur.

  1. Pepaya

Buah pepaya adalah dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sembelit dan dapat melancarkan pencernaan. Sebab, buah ini mengandung enzim papain yang tinggi, terutama saat buah tersebut matang dan ranum. Enzim papain sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna protein. Selain itu, papaya juga kaya akan serat dan kandungan air, sehingga dapat mencegah sembelit. Kandungan serat dan air yang tinggi tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

  1. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Di dalam satu buah kiwi berukuran sedang (69 gram) dapat mengandung setidaknya dua gram serat. Buah yang satu ini pun cocok dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi sembelit. Selain kandungan serat yang tinggi, kiwi juga dapat merangsang pergerakan di saluran pencernaan, dan membantu mendorong pergerakan usus.

  1. Kacang-kacangan

Ada berbagai jenis kacang yang kaya akan kandungan serat. Misalnya seperti kacang hitam (black beans) yang dimasak, mengandung 7,5 serat untuk ukuran setengah cangkir (86 gram). Kacang dapat mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang baik. Kedua jenis serat tersebut dapat membantu meredakan sembelit. 

Pada serat larut misalnya, serat akan menyerap air dan membentuk konsistensi seperti gel, sehingga membuat feses mudah dikeluarkan karena menjadi lebih lunak. Melansir dari Healthline, memasukan campuran serat larut dan tidak larut pada makanan dapat mengurangi perut kembung dan juga sembelit.

Baca juga: Sulit BAB saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

  1. Ubi Jalar

Umbi-umbian yang satu ini dapat bermanfaat untuk mengatasi perut yang sembelit. Satu ubi jalar yang dipanggang dengan ukuran sedang, dapat mengandung 3,8 gram serat. Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar dapat membantu mencegah dan meredakan sembelit.

  1. Buah Pir

Buah pir  dapat menjadi obat pencahar alami untuk melancarkan buang air besar ketika sembelit. Sebab buah pir  mengandung sorbitol (senyawa alkohol gula yang bersifat organik) yang berfungsi sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus. Proses tersebut dapat merangsang sistem pencernaan untuk buang air besar. Selain itu, pir juga memiliki kandungan fruktosa yang dapat merangsang pergerakan usus.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan manfaat dan nutrisi penting. Salah satu manfaatnya adalah membantu meredakan sembelit. Brokoli yang dimasak dalam ukuran cangkir saja dapat mengandung 2,8 gram serat. Selain itu, brokoli juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehingga mengonsumsi brokoli juga dapat menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Baca juga: Faktor Penyebab Sembelit Saat Berpuasa

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Namun, bila  sembelit tidak kunjung membaik dalam waktu lebih dari tiga hari, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 15 Healthy Foods That Help You Poop
Medicine Net. Diakses pada 2021. 12 Foods to Eat for Constipation Relief