• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sembuhkan Luka di Hati dengan 7 Cara Berikut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sembuhkan Luka di Hati dengan 7 Cara Berikut

Sembuhkan Luka di Hati dengan 7 Cara Berikut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Setiap orang pasti pernah memiliki luka di hati akibat berakhirnya hubungan atau kehilangan orang terdekat. Untuk mengobatinya, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti meluangkan waktu bersedih, menemukan kebahagiaan baru, melakukan aktivitas yang disuka, dan lain-lain.”

Sembuhkan Luka di Hati dengan 7 Cara Berikut

Halodoc, Jakarta – Menyembuhkan luka di hati menjadi perkara yang sulit dilakukan bagi beberapa orang. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat trauma mendalam dari kehilangan yang dialami. Beberapa orang bahkan bisa saja mengalami depresi akibat gagal move on atau sulitnya melupakan.

Lakukan Langkah Ini untuk Sembuhkan Luka di Hati

Untuk sembuhkan luka di hati, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan. Kebanyakan orang berbahagia dengan mengonsumsi makanan apa pun yang mereka sukai. Namun, hal tersebut juga salah dilakukan, karena akan berdampak pada terganggunya kesehatan diri.

Lantas, apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk sembuhkan luka di hati?

1.  Meluangkan Waktu Bersedih

Kebanyakan orang lupa dan tidak melakukan langkah ini. Akibatnya, sakit hati terus-menerus berlanjut dalam waktu yang lama, dan memicu gangguan kesehatan mental, seperti stres bahkan depresi. Cobalah untuk menganggap bahwa kehilangan adalah bagian dari proses berduka.

Beri dirimu jeda dan jangan langsung mencari orang baru. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mencoba menghormati emosi yang dirasakan saat itu. Coba untuk memvalidasi emosi, kemudian berpikir jika mengalami rasa sedih adalah hal yang wajar dan tidak mengapa jika sesekali dirasakan.

2. Temukan Sumber Kegembiraan Baru

Sumber kebahagiaan baru memang tidak melulu berasal dari pasangan. Kamu bisa menemukan support system dari orang terdekat yang bisa memberikan kedamaian, kegembiraan, atau inspirasi. Sibukkan diri melakukan aktivitas, bahkan kegiatan yang tidak kamu sukai sekalipun.

3.  Membangun Karakter Diri

Tips sembuhkan luka di hati selanjutnya dilakukan dengan membangun karakter diri. Hubungan percintaan yang sudah kamu lalui dibangun dari karakter dirimu dan pasangan, sehingga mungkin saja karakter asli pada dirimu sudah berubah seutuhnya. Saat hubungan berakhir, ini saatnya kamu membangun karakter diri.

4.  Hindari Aktivitas yang Mengingatkan Masa Lalu

Jika merasa kewalahan oleh pikiran dan emosi yang tidak diinginkan, pertimbangkan untuk menjauh dari situasi yang mengingatkan kamu tentang masa lalu. Cobalah pergi traveling atau menyambangi tempat yang membuat kamu merasa nyaman dan lupa akan masa lalu.

5.  Self Compassion

Self compassion dilakukan dengan mencintai dan hormat pada diri sendiri tanpa menghakimi. Coba katakan pada diri sendiri jika sudah memberikan yang terbaik dalam hubungan. Selalu tanamkan pada pikiran jika berakhirnya hubungan adalah takdir dan bukan kesalahan diri sendiri.

6.  Tidak Mengapa Jika Tak Baik-Baik Saja

Rasa sedih yang dialami saat kehilangan mendalam atas kepergian orang tersayang akan terasa berbeda. Sangat penting untuk membiarkan diri merasakan apa yang dirasakan saat ini, dan ingatlah bahwa tidak mengapa jika tak baik-baik saja. Ini adalah fase yang harus dilewati oleh semua orang dalam hidupnya.

7. Cari Bantuan Profesional

Tips sembuhkan luka di hati yang terakhir adalah mencari bantuan profesional. Jika rasa sedih dan berduka tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa poin di atas, ini saatnya kamu mencari bantuan profesional untuk membantu mengolah perasaan tersebut. 

Kamu juga bisa tanya psikiater atau psikolog jika merasa bahwa kesedihan tidak bisa ditanggung seorang diri. Dokter akan membantumu untuk mengatasi emosi yang menyakitkan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

GLAMOUR. Diakses pada 2022. How to Get Over a Broken Heart, According to Psychologists.
Healthline. Diakses pada 2022. The Practical Guide to Healing a Broken Heart.
Psych Central. Diakses pada 2022. 10 Tips for Healing a Broken Heart.