• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Senam Aerobik Mampu Menjaga Daya Tahan Paru-Paru

Senam Aerobik Mampu Menjaga Daya Tahan Paru-Paru

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Senam Aerobik Mampu Menjaga Daya Tahan Paru-Paru

“Rutin berolahraga memberi manfaat bagi kesehatan paru-paru. Sama seperti olahraga bisa membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kuat, aktivitas fisik tersebut juga bisa melatih paru-paru sehingga membuat organ tersebut menjadi lebih kuat dan meningkatkan kapasitasnya. Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk melatih paru-paru dan bisa menjaga daya tahan organ tersebut.” 

Halodoc, Jakarta – Kamu tentunya sudah tahu bahwa olahraga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat olahraga yang paling dikenal, antara lain meningkatkan kebugaran tubuh, membantu menurunkan berat badan, memperkuat jantung, dan meningkatkan suasana hati.

Namun, tahukah kamu bahwa olahraga juga bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru, lho. Ketika kamu aktif secara fisik, jantung dan paru-paru kamu akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot. Sama seperti olahraga teratur bisa membuat otot kamu lebih kuat, hal ini bisa membuat paru-paru dan jantung lebih kuat. Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa menjaga daya tahan paru-paru adalah aerobik. Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Jenis Latihan Aerobik untuk Melatih Paru-paru

Aerobik adalah jenis latihan yang baik untuk jantung dan paru-paru agar bisa berfungsi secara efisien. Olahraga ini bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dengan cara membuat kelompok otot besar bergerak dengan kecepatan berirama.

Hal itu memperkuat jantung dan paru-paru yang juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan bisa menggunakan oksigen lebih efisien dan juga meningkatkan pernapasan. Berikut ini jenis aerobik yang bermanfaat untuk melatih paru-paru:

  • Jalan Kaki 

Menurut National Heart Lung and Blood Institute, jalan cepat selama 30 menit secara teratur bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan juga memperkuat organ tersebut.

Jalan Kaki
  • Jogging 

Jogging merupakan jenis aerobik yang juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru.

Jogging
  • Bersepeda

Saat bersepeda, paru-paru terus menerima oksigen segar dan peningkatan laju pernapasan akan memperkuat otot-otot di sekitarnya.

Baca juga: Kembalinya Tren Sepeda Lipat, Ini 5 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh

Bersepeda
  • Berenang 

Tidak hanya bisa menyegarkan pikiran, latihan aerobik ini bisa memperkuat otot paru-paru dan menyehatkan sistem pernapasan.

Berenang
  • Lompat tali 

Lompat tali juga merupakan latihan aerobik yang baik untuk paru-paru karena bisa meningkatkan kapasitas organ tersebut.

Lompat Tali

Baca juga: Inilah 4 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Paru Obstruktif Kronis

Itulah jenis aerobik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan paru-paru. Bila kamu ingin memeriksakan kondisi paru-paru kamu, kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
American Lung Association. Diakses pada 2021. Exercise and Lung Health.
Paragon. Diakses pada 2021. 10 Best Exercises to Increase Lung Capacity.
Lung Health Institute. Diakses pada 2021. A Breath of Fresh Air: Walking Outdoors for Your Lung Health.
Fit and Me. Diakses pada 2021. Benefits of Jumping Rope.