• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Senam Irama Bermanfaat untuk Bentuk Tubuh

Senam Irama Bermanfaat untuk Bentuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Senam Irama Bermanfaat untuk Bentuk Tubuh

“Senam irama termasuk ke dalam cabang olahraga senam artistik yang dilakukan bersamaan dengan musik atau lagu. Beberapa unsur yang diperlukan, meliputi keseimbangan, kelenturan, fleksibilitas, dan ketepatan gerak. Lantas, benarkah manfaat senam irama bisa untuk membentuk tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Senam irama menjadi cabang olahraga yang cukup populer dan diminati banyak orang. Mulai dari pegawai kantor, sekolah, hingga rumah sakit pun kerap menjadikan senam irama sebagai aktivitas rutin yang biasanya dilakukan di hari Jumat pagi.

Asal Usul Senam Irama

Awal mulanya, senam irama ditemukan di abang ke-18 oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe. Seiring dengan waktu, senam irama mengalami perubahan. Senam irama yang dikenal hingga kini ternyata dikembangkan oleh Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Meda. 

Senam ini terdiri dari beberapa bagian, seperti pemanasan, inti, dan pendinginan. Kamu juga membutuhkan fleksibilitas gerak tubuh dan ketepatan irama untuk melakukannya. Senam ini bukan hanya mampu meningkatkan mood, tetapi juga membuat otot tubuh menjadi lebih fleksibel.

Selain menyenangkan, ada manfaat besar yang bisa diambil terhadap kesehatan tubuh, baik dari segi fisik maupun mental. Salah satu manfaat senam irama yang belum banyak diketahui adalah mampu membentuk tubuh. Bukan itu saja, senam irama juga mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

Benarkah Manfaat Senam Irama dapat Membentuk Tubuh?

Benar adanya jika senam irama dapat membentuk tubuh. Senam irama dapat mengencangkan otot tubuh, terutama di bagian lengan, perut pinggul, dan paha. Jika otot di sejumlah bagian tubuh tersebut sudah kencang, bentuk tubuh otomatis menjadi proporsional dan enak dipandang.

Senam irama dinilai mampu membakar banyak kalori dalam tubuh. Setiap gerakannya membutuhkan kelincahan, fleksibilitas gerak, dan keseimbangan yang baik. Bisa dibilang, senam irama membuat seluruh bagian tubuh bergerak aktif, sehingga kalori dan lemak berlebih di bagian tubuh tersebut akan terbakar.

Lantunan irama dalam senam irama membuat tubuh selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari satu gerakan ke gerakan lain. Jika dilakukan secara teratur, memiliki berat badan ideal bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Bukan hanya membentuk tubuh saja, ini manfaat senam irama lainnya:

Baca juga: Inilah Gerakan Senam yang Aman Dilakukan Lansia

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat senam irama yang adalah menjaga kesehatan tulang. Senam irama yang dilakukan bertumbuh pada sendi yang menopang bobot tubuh. Hal tersebut secara tidak langsung membantu tulang tetap bugar, sehingga dapat terhindar dari kerapuhan seiring dengan bertambahnya usia.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Senam irama membuat otot-otot tubuh menjadi lebih lentur dan kuat. Ketika fleksibilitas otot tubuh meningkat, otomatis jangkauan gerak tubuh pun akan meningkat. Hal tersebut dapat menurunkan risiko cedera dan kekakuan otot saat beraktivitas.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Tahukah kamu jika senam irama dapat meningkatkan fungsi otak? Gerakan yang diiringi dengan lantunan musik dinilai dapat menurunkan kadar hormon epinefrin dan kortisol. Jika dilakukan secara rutin, kamu akan terhindar dari gangguan kognitif yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia, seperti penyakit Alzheimer.

4. Menurunkan Tingkat Stres

Manfaat senam irama yang terakhir adalah menurunkan kadar stres dalam tubuh. Banyak sekali hal yang memicu munculnya stres, mulai dari kehidupan pribadi hingga urusan pekerjaan. Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan senam irama, serta bersosialisasi dengan teman baru,

Baca juga: 5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Itulah beberapa manfaat senam irama yang dapat kamu rasakan jika rutin melakukannya. Jika tidak terbiasa berolahraga, sebaiknya lakukan dari gerakan yang ringan, dalam durasi yang tidak terlalu lama. Kamu dapat meningkatkan intensitasnya seiring dengan berjalannya waktu.

Langkah menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dilakukan dengan senam saja. Kamu juga harus menunjang kesehatannya dengan penerapan pola hidup sehat dan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dibutuhkan. Untuk mendapatkannya, gunakan aplikasi Halodoc dan cek kebutuhan suplemen atau vitamin kamu di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
MVOrganizing. Diakses pada 2021. What are the benefits of rhythmic gymnastics?
International Rhythmic Gymnastic & Ballet. Diakses pada 2021. RHYTHMIC GYMNASTICS: THE BENEFITS OF STARTING EARLY.