• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Serba-Serbi Tes Kepribadian MBTI yang Perlu Diketahui

Serba-Serbi Tes Kepribadian MBTI yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Serba-Serbi Tes Kepribadian MBTI yang Perlu Diketahui

“Tes kepribadian MBTI dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katharine Briggs berdasarkan teori psikologi dari Carl Jung. Tes kepribadian ini memiliki 4 skala besar dalam penilaian seseorang, seperti extraversion – introversion, sensing – intuition, thinking – feeling, dan judging – perceiving.”

Halodoc, Jakarta – Tes kepribadian menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal diri sendiri. Dengan melakukan tes kepribadian, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan serta kelemahan diri kamu sendiri. Namun, tes kepribadian bukanlah sebuah pemeriksaan untuk mendiagnosis adanya gangguan kesehatan mental.

Ada berbagai jenis tes kepribadian yang bisa kamu lakukan, salah satunya tes kepribadian MBTI. Tes kepribadian Myers Briggs Type Indicator adalah tes kepribadian yang dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Yuk, ketahui serba-serbi tes kepribadian MBTI lebih banyak, di sini!

Baca juga: Akuratkah Tes Kepribadian dengan MBTI?

Perkembangan Tes Kepribadian MBTI

Pernahkah kamu mendengar seseorang menggambarkan dirinya sebagai INTJ atau ESTP? Nah, jika pernah, artinya mereka baru saja melakukan tes kepribadian MBTI. Tes kepribadian MBTI dirancang untuk mengetahui kepribadian serta kekuatan seseorang. 

Tes kepribadian MBTI dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katharine Briggs berdasarkan teori psikologi dari Carl Jung. Myers dan Briggs meneliti dan mengembangkan indikator tes kepribadian ini untuk membantu orang lain memahami dirinya sendiri, sehingga dapat menjalankan kehidupan dengan lebih berkualitas.

Saat ini tes kepribadian MBTI menjadi salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan.Tes kepribadian MBTI banyak dilakukan secara online melalui website tertentu yang bisa diakses tanpa berbayar. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan tes kepribadian MBTI untuk lebih memahami karakter diri sendiri.

Skala Tes Kepribadian MBTI

Tes kepribadian MBTI akan dilakukan dengan berbagai pertanyaan yang wajib dijawab oleh penggunanya. Dengan begitu, pengguna tes kepribadian MBTI diharapkan dapat mengenali dan memahami kepribadian diri mereka masing-masing. Hal ini termasuk kesukaan, kekuatan, kelemahan, referensi pekerjaan, hingga cara bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFJ

Hasil dari tes kepribadian ini tidak akan menunjukkan hasil yang salah atau benar, tetapi tujuan untuk memastikan kamu mengenali diri kamu sendiri. Kuesioner atau pertanyaan yang akan dijawab oleh pengguna tes ini terdiri dari 4 skala yang berbeda, yaitu:

  • Extraversion (E) – Introversion (I)

Skala ini digunakan untuk menggambarkan bagaimana kamu merespon dan berinteraksi dengan orang luar atau lingkungan. Dengan kata lain, skala ini bertujuan untuk mengenali cara bersosialisasi yang kamu lakukan.

Extraversion atau ekstrovert adalah kondisi yang berorientasi pada tindakan, menikmati interaksi dengan sosial, dan kembali berenergi setelah bertemu dengan orang lain. Sebaliknya, introversion atau introvert berorientasi pada pemikiran, menikmati interaksi sosial yang bermakna dan mendalam, serta merasa berenergi setelah menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri.

  • Sensing (S) – Intuition (N)

Skala ini melibatkan bagaimana seseorang mengumpulkan sebuah informasi dari lingkungan di sekitarnya (persepsi). Mereka yang berada pada tahap sensing akan lebih cenderung mempercayai informasi yang ada di masa sekarang sebagai sebuah informasi yang nyata dan konkret. 

Hal ini berkaitan dengan sensing atau informasi yang dapat dipahami oleh panca indera dengan adanya data dan fakta.

Sementara itu, mereka yang termasuk dalam intuition lebih percaya pada informasi yang abstrak atau teoritis dan dapat dikaitkan dengan informasi yang lainnya. Kelompok intuition lebih tertarik dengan kemungkinan yang terjadi di masa depan.

  • Thinking (T) – Feeling (F)

Thinking dan feeling adalah skala yang digunakan untuk menilai kemampuan kamu dalam mengambil keputusan (judging). Thinking dan feeling dibutuhkan untuk membuat keputusan yang rasional dan sesuai dengan data atau fakta yang diterima oleh intuisi.

Seseorang yang masuk ke dalam kelompok thinking biasanya membuat sebuah keputusan dengan melihat informasi yang dianggap masuk akal, logis, konsisten, dan cocok dengan berbagai informasi lainnya yang dikumpulkan. 

Sedangkan mereka yang menggunakan feeling, akan lebih sering mengambil keputusan berdasarkan empati, melihat situasi tertentu, dan mempertimbangkan kebutuhan orang-orang yang terlibat.

  • Judging (J) – Perceiving (P)

Myers dan Briggs menambahkan skala lain, judging dan perceiving untuk mengidentifikasi cara seseorang dalam menilai lingkungan di sekitar mereka menggunakan judging atau perceiving

Tipe judging akan lebih menyukai keputusan dan struktur yang tegas. Sedangkan perceiving lebih terbuka, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Kedua skala ini berkaitan langsung dengan tipe skala lainnya dalam tes MBTI.

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kemampuan Diri

Itulah serba-serbi tes kepribadian MBTI yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, maka akan terlihat salah satu tipe kepribadian dari 16 jenis kepribadian yang bisa diidentifikasi oleh tes MBTI.

Berikut ini 16 jenis kepribadian yang bisa diidentifikasi oleh tes MBTI, seperti ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, dan ENTJ.

Kamu bisa bertanya langsung pada psikolog untuk mengetahui lebih banyak mengenai tes kepribadian MBTI. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Mental Help. Diakses pada 2021. Psychological Testing: Myers-Briggs Type Indicator.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. An Overview of the Myers-Briggs Type Indicator.
The Myers & Briggs Foundation. Diakses pada 2021. MBTI Basics.
Live Science. Diakses pada 2021. How Accurate Is the Myers-Briggs Personality Test?