Sering Alami Stres, Coba Dengarkan Musik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
sering-alami-stres-coba-dengarkan-musik-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mendengarkan musik adalah kegiatan yang rasanya disukai oleh hampir semua orang. Selain menjadi hobi, mendengarkan musik juga sering dipilih banyak orang sebagai cara untuk memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stres. Ya, nyatanya manfaat musik untuk menghilangkan stres sudah tidak perlu diragukan lagi. Pada hari-hari yang terasa berat dan melelahkan, mendengarkan musik sangat ampuh untuk menyelamatkan kamu dari mood buruk. Mendengarkan musik juga bisa membantu merilekskan pikiran, sehingga kamu bisa terhindar dari stres

Namun, pernahkah kamu berpikir, mengapa musik bisa membawa efek menenangkan bagi pikiran yang sedang mumet? Yuk, ketahui  manfaat musik untuk menghilangkan stres di sini.

Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga

Dampak Negatif Stres Pada Tubuh

Stres biasanya disebabkan oleh rasa kewalahan akibat banyaknya tekanan dari luar dan dalam diri seseorang yang sudah berlangsung cukup lama. Ketika stres menyerang, tubuh akan membacanya sebagai sebuah serangan atau ancaman. Untuk melindungi diri, tubuh akan merespon dengan menghasilkan berbagai hormon stres, seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin. 

Meningkatnya hormon stres dalam tubuh ini akan memberi dampak pada tubuh berupa denyut jantung meningkat, napas menjadi lebih cepat, otot-otot menegang, tekanan darah naik, mudah cemas, sulit tidur, sampai sulit berpikiran jernih. Saat napas meningkat menjadi lebih cepat atau hiperventilasi, kamu berisiko mengalami serangan panik.

Nah, menurut ilmuwan dari University of Missouri, mendengarkan musik bisa memperbaiki mood orang-orang yang mendengarkannya. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology ini mengungkapkan bahwa mood yang membaik dan berkurangnya tingkat stres mulai terlihat setelah 2 minggu mendengarkan musik secara rutin. 

Baca juga: Stres Ternyata Bisa Memicu Stomatitis

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Menghilangkan Stres

Jadi, lantunan musik yang kamu dengar, awalnya merupakan getaran gelombang suara. Gelombang suara tersebut kemudian masuk menuju telinga bagian tengah yang merupakan tempat gendang telinga berada, kemudian diteruskan ke telinga bagian dalam. Di area telinga bagian dalam, gelombang suara ditangkap oleh sel-sel rambut yang terdapat di dalam koklea untuk diubah menjadi sinyal listrik. Barulah kemudian sinyal suara tersebut dikirim ke otak melalui serabut saraf telinga.

Di otak, sinyal listrik ini menyebar ke beberapa bagian otak secara bersamaan. Pertama, sinyal listrik mampir ke bagian otak temporal yang bekerja untuk mengubah sinyal tersebut menjadi lantunan lagu yang kamu dengar, memahami bahasa, dan mengatur emosi. Sinyal listrik juga mengalir ke hipotalamus otak, tempat hormon dihasilkan sekaligus pengendali tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh. Ketika merespon sinyal listrik tersebut, hipotalamus langsung bekerja meningkatkan mood bahagia dopamin sekaligus menurunkan hormon kortisol. Inilah mengapa segala macam gejala stres bisa lambat laun mereda selama kamu mendengarkan musik.

Perlu diketahui, dopamine dilepaskan oleh tubuh saat kamu mendengarkan musik karena adanya bagian otak temporal yang membantu kamu memahami bahasa dan menyimpulkan arti lirik lagu yang mengandung makna baik dalam musik tersebut. Ketika kamu memahami lirik dan pesan dalam lagu yang kamu dengarkan, hal ini turut meningkatkan perasaan bahagia.

Selanjutnya, sinyal listrik tersebut juga masuk ke area otak yang disebut dengan serebelum. Serebelum berperan untuk mengkoordinasikan anggota tubuh. Itulah sebabnya saat kamu mendengarkan musik favorit, tanpa sadar kamu akan menghentakkan kaki, mengetuk jari, atau bahkan berjoget mengikuti irama lagi yang kamu dengar. Bagian otak lainnya yang disebut amigdala bekerja untuk membantu mengatur emosi dan membantu membangkitkan ingatan bahagia akan lagu tersebut.

Di saat yang sama, bagian otak temporal masih terus bekerja untuk menyimpan ingatan baru. Tujuannya, agar ketika di kemudian hari kamu mendengarkan lagu yang sama, maka otomatis akan langsung mengaitkannya dengan ingatan yang menyenangkan.

Itulah cara kerja musik dalam menghilangkan stres yang ternyata melibatkan kerja sama begitu banyak bagian otak dalam satu waktu.

Baca juga: Sering Pergi ke Konser Musik Bisa Menyehatkan Jiwa

Bila kamu merasa stres, jangan disimpan di dalam hati saja. Kamu bisa membicarakan masalah yang kamu alami pada psikiater Halodoc untuk membantu meredakan stres kamu, lho. Hubungi dokter melalui fitur Talk to A Doctor dan berbicara melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:

Psych Central (Diakses pada 2019). The Power of Music To Reduce Stress
Verywell (Diakses pada 2019). Mind 7 Ways to Use Music for Stress Relief