Sering Alami Tremor, Apakah Bisa Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sering Alami Tremor, Apakah Bisa Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Banyak gangguan yang dapat terjadi ketika usia sudah tidak muda lagi. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk memegang suatu benda yang agak berat, akibat gangguan yang terjadi pada tangan. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh tremor. Selain tangan, gangguan ini juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Tremor yang terjadi umumnya tidak menimbulkan gangguan yang serius. Walau begitu, pada beberapa kasus yang terjadi, tremor dapat menjadi gejala dari sebuah gangguan serius. Maka dari itu, kamu harus tahu penyebab alami tremor agar dapat melakukan pencegahan dini.

Baca juga: Gugup Berlebihan Bisa Sebabkan Tremor

Penyebab Alami Tremor yang Harus Diketahui

Tremor adalah suatu gerakan ritmis yang tidak disengaja dan tidak terkendali pada satu bagian atau satu anggota tubuh. Gerakan tersebut dapat terjadi pada semua bagian tubuh. Hal ini disebabkan oleh terjadinya masalah pada bagian otak yang mengontrol gerakan otot tubuh.

Walau begitu, ternyata kejang otot dan tremor adalah suatu hal yang berbeda. Kejang otot adalah kontraksi otot yang terjadi dengan tidak disengaja. Gangguan yang menyebabkan kedutan pada otot adalah gerakan hasil yang tidak terkendali pada sebagian kecil otot yang lebih besar.

Ternyata, penyebab alami dari tremor masih belum dapat dipastikan. Namun, diperkirakan tremor terjadi karena aktivitas otak listrik yang abnormal dan diproses melalui talamus. Bagian tersebut adalah struktur jauh di dalam otak yang berfungsi mengkoordinasi dan mengendalikan aktivitas otak.

Faktor genetika juga dapat menjadi penyebab alami tremor pada sebagian orang yang terserang gangguan ini. Seorang anak yang lahir dari orangtua yang pernah mengidap tremor dapat berisiko 50 persen untuk menurunkan gen tersebut. Faktanya, tremor ternyata bukan bagian dari proses penuaan alami.

Penyebab alami tremor lainnya adalah terjadinya mutasi genetik yang menyerang tubuh. Gangguan ini disebut juga dengan tremor familial. Belum jelas hal apa yang menyebabkan tremor alami pada seseorang yang disebabkan oleh mutasi genetik. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan ini, dokter dari Halodoc siap membantu. Tanpa perlu repot, komunikasi dengan dokter dapat dilakukan kapan dan di mana saja.

Tremor juga dapat disebabkan oleh penyakit lain. Salah satunya adalah penyakit Parkinson. Beberapa kasus juga menunjukkan bahwa tremor berhubungan dengan sakit kepala migrain. Selain itu, pengidapnya yang berada dalam tahap parah akan mengalami demensia.

Baca juga: Tangan Terus-menerus Gemetar? Mungkin Tremor Penyebabnya

Pengobatan Alami untuk Atasi Tremor

Gerakan tidak terkendali ini jika masih dalam tahap ringan mungkin tidak membutuhkan perawatan. Namun, jika tremor yang terjadi telah memengaruhi kemampuan kamu untuk beraktivitas, perawatan mungkin harus dilakukan untuk mengatasi gejala yang timbul. Perawatan tersebut di antaranya adalah mengonsumsi obat atau operasi.

  1. Obat

Seseorang yang mengalami tremor dapat mengonsumsi obat oral untuk mengurangi gangguan yang disebabkan oleh tremor. Obat-obatan yang umum diberikan adalah Inderal, Mysoline, Neurontin, dan Topamax. Selain itu, suntikan botox juga dapat menjadi alternatif pengobatan. Cara tersebut efektif untuk mengatasi tremor vokal dan kepala.

Baca juga: Bahayakah Tremor untuk Kesehatan?

  1. Pembedahan

Pembedahan juga dapat mengatasi penyebab kamu alami tremor. Perawatan yang umum dilakukan adalah stimulasi otak dalam. Hal ini umumnya dilakukan pada seseorang yang mengalami tremor parah meski telah melakukan terapi medis. Hal ini dapat mengatasi masalah pada koordinasi kontrol otot.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tremor? Kamu bisa menanyakannya pada dokter di Halodoc. Tanpa perlu antre, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter kapan dan di mana saja. Sehat jadi lebih mudah dengan Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Health Line.Diakses pada 2019.Everything You Need to Know About Tremors
WebMd.Diakses pada 2019.The Brain and Essential Tremor