• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Diabaikan, 4 Gangguan Mulut ini Berakibat Fatal

Sering Diabaikan, 4 Gangguan Mulut ini Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Gangguan pada mulut tidak hanya sakit gigi, tapi ada kondisi lain yang juga harus diwaspadai. Nyatanya, tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi bisa memicu terjadinya berbagai gangguan. Jika dibiarkan begitu saja, gangguan yang muncul bisa berakibat fatal. Apa saja gangguan mulut yang harus diwaspadai? 

Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa menjaga kesehatan rongga mulut adalah hal yang penting. Karena tingkat kesadaran yang rendah, seringkali gangguan pada mulut diabaikan begitu saja. Kalau sudah begitu, risiko munculnya komplikasi yang fatal akibat gangguan ini bisa menjad lebih besar. 

Baca juga: Gigi Mudah Ngilu, Kenali 6 Gangguan Mulut Ini

Gangguan Mulut yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa jenis gangguan gigi yang bisa berakibat fatal jika diabaikan, di antaranya: 

1. Gigi Berlubang 

Salah satu jenis penyakit mulut yang sering terjadi adalah gigi berlubang. Nah, kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Jika tidak ditangani dengan tepat, gigi berlubang bisa memicu terjadinya abses gigi, yaitu kondisi ketika tumbuh kantong nanah di dalam gigi dan gusi. Dalam kondisi yang parah, gigi yang busuk bahkan bisa copot atau tanggal.

Selain itu, gigi berlubang juga bisa memicu endokarditis, yaitu infeksi yang terjadi pada lapisan dalam ruang jantung dan katup jantung. Gigi berlubang juga bisa memicu sinusitis. Sebab, kuman yang ada di gigi berlubang bisa menyebar ke dinding rongga sinus, kemudian menyebabkan infeksi pada bagian tersebut (sinusitis).

2.Bau Mulut 

Bau mulut alias halitosis juga tidak boleh dianggap sepele. Pada beberapa kasus, kondisi yang ditandai dengan aroma napas yang tidak sedap ini memang bisa muncul karena jenis makanan yang dikonsumsi. Namun, hati-hati karena bau mulut ternyata juga bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Artinya, kondisi ini sama sekali tidak boleh diabaikan. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Sialolithiasis

Bau mulut bisa menjadi tanda penyakit, seperti diabetes, penyakit asam lambung (GERD), hingga masalah pada organ jantung dan liver. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala bau mulut parah, terutama jika disertai dengan gejala tertentu. 

Jika ragu, kamu bisa mencoba bertanya seputar gangguan mulut atau kemungkinan penyakit yang muncul pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga rongga mulut dan gigi dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

3.Mulut Kering 

Selain bau mulut, waspadai juga mulut kering. Kondisi ini bisa muncul sebagai tanda penuaan. Mulut kering muncul karena berkurangnya produksi air liur. Padahal, air liur penting dalam membatasi pertumbuhan bakteri di mulut. Air liur juga bisa membantu mencegah kerusakan gigi, membersihkan mulut dari sisa makanan, memudahkan proses menelan makanan, dan membantu pencernaan makanan.

Jika diabaikan begitu saja, mulut kering bisa meningkatkan risiko terjadinya radang gusi, gigi berlubang, hingga infeksi jamur di mulut. Kondisi ini juga bisa memicu sariawan berulang hingga gangguan nutrisi, sebab kesulitan menelan makanan bisa membuat pengidapnya enggan untuk makan.

Baca juga: 5 Gejala Kanker Mulut yang Diabaikan

4.Tambalan Gigi Lepas

Tambalan gigi yang lepas, atau longgar bisa menyebabkan sakit tak tertahankan di sekitar mulut dan gigi. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya rasa sakit yang tajam, dan sering timbul tenggelam dalam waktu tertentu. Dalam beberapa kasus, lepasnya tambalan gigi berlubang bisa membuat gigi terasa lebih sensitif dan mudah terasa sakit. Kondisi ini harus segera ditangani ke dokter gigi agar tidak memicu komplikasi. 

Referensi 
WebMD. Diakses pada 2020. Halitosis: Bad Breath Causes and Treatment.
Verywell Health. Diakses pada 2020. Dry Mouth – What You Should Know.
Healthline. Diakses pada 2020. Tooth Cavities.