• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Diabaikan, Ini 7 Kebiasaan yang Memicu Darah Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Diabaikan, Ini 7 Kebiasaan yang Memicu Darah Tinggi

Sering Diabaikan, Ini 7 Kebiasaan yang Memicu Darah Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Desember 2021

Gaya hidup sehari-hari merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah. Beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari tanpa sadar bisa memicu darah tinggi. Tidak hanya konsumsi garam yang tinggi dan gaya hidup yang sedikit bergerak, merokok, konsumsi alkohol dan kafein, stres serta mengonsumsi obat bebas juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Sering Diabaikan, Ini 7 Kebiasaan yang Memicu Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta – Darah tinggi merupakan kondisi yang sering ditemukan pada masyarakat Indonesia. Meskipun umum terjadi, tetapi darah tinggi tidak boleh disepelekan. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang serius dan mengancam jiwa, seperti serangan jantung atau stroke.

Kabar baiknya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau mengatasi darah tinggi, salah satunya dengan melakukan perubahan gaya hidup. Tahukah kamu, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang seringkali tidak disadari yang bisa memicu darah tinggi lho. Dengan mengetahuinya, kamu bisa lebih mudah untuk mencegah darah tinggi. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini.

Kebiasan yang Memicu Darah Tinggi

Selama ini, banyak orang tahu bahwa pola makan yang tinggi lemak, garam dan gula, serta gaya hidup yang tidak banyak bergerak bisa memicu darah tinggi. Namun, ada beberapa kebiasaan lainnya yang juga bisa meningkatkan tekanan darah dan selanjutnya berkontribusi pada hipertensi.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang perlu kamu hindari untuk mengelola tekanan darah yang sehat:

  1. Kurangnya Aktivitas Fisik

Jarang bergerak dan berolahraga bukan hanya bisa menyebabkan berat badan kamu meningkat yang berujung pada obesitas, tetapi juga meningkatkan tekanan darah kamu. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Olahraga secara teratur bisa menjaga kesehatanmu sekaligus mencegah peningkatan berat badan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, berjalan santai atau melakukan beberapa latihan sederhana di rumah sudah cukup untuk membantu menjaga tekanan darah.

  1. Merokok

Penggunaan tembakau juga merupakan kebiasaan yang bisa memicu darah tinggi. Baik merokok maupun mengunyah tembakau, keduanya bisa meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan tidak sehat ini juga sudah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan berbahaya, seperti kanker. Oleh karena itu, untuk mencegah hipertensi dan penyakit mematikan lainnya, sebaiknya segera berhenti merokok.

  1. Sering Stres

Stres juga bisa memicu darah tinggi. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres, seperti tekanan di tempat kerja, masalah rumah tangga, masalah ekonomi, dan masih banyak lagi. Penyebab stres tiap orang bisa bervariasi. Namun, apapun penyebabnya, stres bisa meningkatkan tekanan darah kamu. Jadi, cobalah untuk mengendalikan stres dengan cara yang sehat, seperti berolahraga, melakukan hobi, dan lain-lain.

  1. Konsumsi Alkohol dan Kafein

Minum kopi mungkin sudah jadi kebiasaan sehari-hari kamu. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan tersebut bisa memicu darah tinggi? Bila ingin minum kopi, minumlah yang kadar kafeinnya tidak terlalu tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak kafein secara teratur berbahaya untuk kesehatan.

Begitu juga dengan alkohol. Mengonsumsi alkohol juga bisa memicu darah tinggi. Selain itu, kebiasaan tersebut juga sudah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, usahakanlah untuk minum alkohol dalam jumlah sedang.

  1. Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Sering mengonsumsi makanan yang asin atau tinggi garam juga sudah dikenal sebagai kebiasaan yang bisa memicu darah tinggi. Jadi, kurangilah konsumsi garam dan jangan menambahkan garam ekstra ke makanan kamu. Hal ini penting, terutama bagi kamu yang sudah mengidap hipertensi.

  1. Mengonsumsi Obat Bebas

Ada beberapa orang yang punya kebiasaan mengonsumsi obat bebas untuk mengatasi sakit ringan atau nyeri. Nah, kebiasaan ini bisa memicu darah tinggi. Perlu diketahui, obat bebas termasuk obat antiinflamasi, seperti naproxen dan ibuprofen bisa meningkatkan tekanan darah. Banyak obat dekongestan yang dijual bebas juga diketahui bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dari dokter.

  1. Suplemen dan Bahan Makanan Tertentu

Mengonsumsi kombinasi suplemen dan bahan makanan tertentu juga bisa memicu darah tinggi. Tahukah kamu, tidak semua suplemen yang berlabel “alami” sebenarnya aman dikonsumsi. Suplemen herbal dan pengobatan rumahan yang menggunakan bahan-bahan seperti licorice, bisa menyebabkan hipertensi.

Selain itu, makanan dengan keju yang kuat, daging yang diawetkan, dan produk kedelai bisa mengandung tiramin yang tinggi. Zat ini bila dikombinasikan dengan obat antidepresan bisa mengakibatkan episode hipertensi.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, kamu juga bisa mengontrol tekanan darah dengan rutin meminum obat darah tinggi yang diresepkan dokter. Cek kebutuhan obat kamu di Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar ke tempat kamu dalam waktu sejam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. High Blood Pressure: These Habits May Be Raising Your Blood Pressure Unintentionally.
Healthline. Diakses pada 2021. 4 Hidden Habits That May Affect Your Blood Pressure.