• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Dianggap Galak, Ini 4 Fakta Karakter Anjing Pitbull

Sering Dianggap Galak, Ini 4 Fakta Karakter Anjing Pitbull

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sering Dianggap Galak, Ini 4 Fakta Karakter Anjing Pitbull

Halodoc, Jakarta - Bertubuh besar, dengan kaki pendek dan wajah “gahar”, membuat anjing Pitbull sering dianggap galak. Selain itu, banyak juga yang menganggap anjing Pitbull suka menyerang, dan tidak akan melepaskan apa yang sudah digigitnya.

Namun, sebenarnya semua anggapan negatif tentang anjing Pitbull itu tidak benar, lho. Anjing Pitbull memang memiliki karakteristik aktif, berotot, dan terkesan garang, tapi ia sebenarnya adalah anjing yang sangat manis, setia, dan penyayang. Ingin tahu lebih lanjut tentang karakteristik anjing Pitbull yang sesungguhnya? Simak hingga tuntas, ya!

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Fakta Seputar Karakter Anjing Pitbull

Pitbull pernah memiliki reputasi yang baik, yaitu sebagai pahlawan di Perang Dunia Pertama. Namun, pada 1980an, ketika berita tentang serangan Pitbull tersebar di berbagai media, anjing ini mulai dikenal sebagai “penyerang” dan paling ditakuti di berbagai negara. 

Padahal, sebenarnya anjing Pitbull tidak seburuk itu, kok. Berikut ini beberapa fakta seputar karakter anjing Pitbull yang menarik untuk disimak:

1.Pitbull Bukanlah Ras Murni

Perlu diketahui bahwa Pitbull sebenarnya bukan suatu ras anjing murni. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut anjing dengan dengan karakter fisik yang sama seperti American Pitbull Terrier, American Staffordshire Terrier dan Pit campuran. 

Di Indonesia, istilah anjing Pitbull merujuk ke American Pit Bull Terrier (APBT). Beberapa jenis di antaranya ada yang merupakan hasil persilangan dengan jenis lain. Namun, pada umumnya anjing Pitbull merupakan hasil persilangan Bulldog dan Terrier.

2.Pitbull Mudah Dilatih Jadi Petarung

Karakteristik fisik dan mental anjing Pitbull sangat hebat. Mereka aktif, bertanggung jawab, mudah beradaptasi, dan setia, sehingga mudah dilatih menjadi anjing petarung. Namun, bukan berarti anjing Pitbull agresif tanpa bisa diprediksi dan suka menyerang anjing lain. 

Jika kamu memelihara anjing Pitbull dan mengajaknya untuk bersahabat, ia akan jadi anjing yang lembut, penyayang, dan setia. Sebab, tidak ada anjing yang pada dasarnya ganas. Pengalaman hidup seperti pelecehan dan kurangnya sosialisasi, adalah faktor yang dapat menyebabkan kekejaman dan keganasan anjing, bukan karena jenis anjingnya. 

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

3.Rahang dan Gigitan Pitbull Bukan yang Paling Kuat

Banyak yang meyakini bahwa sekali anjing Pitbull menggigit, ia akan susah melepaskan korbannya. Sebenarnya, hal itu terjadi bukan karena rahang dan gigitan Pitbull adalah yang paling kuat dibanding jenis lainnya. Melainkan karena anjing Pitbull memiliki ambisi untuk menyelesaikan apa yang ia mulai.

Lesa Staubus, dokter hewan dari American Humane Rescue, mengatakan bahwa menurut penelitian yang dilakukan oleh Association of Professional Dog Trainers, anjing Pitbull tidak memiliki gigitan paling kuat, jika dibandingkan dengan anjing besar lainnya. Soal gigitan, mereka jelas kalah telak dari Rottweiler, Siberian Husky, Doberman, German Shepherd, dan Great Danes.

4.Anjing Pitbull Penyayang dan Setia

Pepatah “Jangan menilai buku dari sampulnya,” sepertinya cocok untuk menggambarkan anjing Pitbull. Meski karakteristik fisiknya terlihat garang, anjing Pitbull adalah anjing yang sangat penyayang dan setia. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2001, Pitbull termasuk dalam 5 anjing dengan emosi paling stabil di Amerika Serikat. Jika dilatih dengan baik, Pitbull dapat menjadi anjing penjaga yang sangat setia. Selain itu, Pitbull juga merupakan anjing yang tak segan bermain dengan anak-anak.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Namun, karena sifat yang terlalu setia dan determinasi yang dimilikinya, anjing Pitbull jadi agak susah dikontrol orang lain, sehingga sempat dilarang di sejumlah negara. Anjing Pitbull juga tetap memiliki naluri petarung, sehingga pemiliknya tetap perlu berhati-hati dan melatihnya dengan baik. 

Itulah beberapa fakta seputar anjing Pitbull yang penting untuk diketahui. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan dan perawatan anjing Pitbull, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2021. 10 Pit Bull “Facts” That Are Totally Wrong.
The Dog People. Diakses pada 2021. 8 Pit Bull Facts Every Dog Lover Should Know.